Sempat Hentikan Penarikan Dana, Zipmex Ungkap Kaitan dengan Babel dan Celcius

Jakarta, Gizmologi – Kemarin malam (20/7), kabar mengejutkan datang dari Zipmex. Bursa aset kripto tersebut tiba-tiba mengumumkan penghentian sementera penarikan dana untuk fiat dan aset kripto.

Di akun media sosialnya, Zipmex menyebut bahwa ada sejumlah alasan mereka melakukan penangguhan penarikan dana. Di antaranya adalah kombinasi beberapa kondisi di luar kontrol kami termasuk gejolak pasar, rangkaian peristiwa Black Swan di industri, dan masalah keuangan dari rekan bisnis.

“Kami telah menimbang bahwa untuk mempertahankan integritas dari platform kami, kami akan menangguhkan sementara fitur penarikan dana hingga pemberitahuan selanjutnya. Kami memohon maaf atas situasi ini dan berharap Anda berkenan untuk dapat memahami dan bersabar dalam waktu ini,” demikian bunyi pernyataan resmi Zipmex.

Penghentian penarikan dana tersebut masih dibarengi pula dengan pemeliharaan sistem yang membuat pengguna tidak bisa mengakses layanan Zipmex. Awalnya tidak diberitahu sampai kapan, kemudian ada diperpanjang hingga Kamis, 21 Juli 2022 pukul 12.00 WIB. Ternyata masih belum usai juga, diperpanjang sampai pukul 18.00 WIB.

Kembali aktifkan penarikan dana, tetapi belum bisa transfer

Jumlah Investor Kripto di Indonesia
ilustrasi trading aset kripto (Foto: kanchanara/ unsplash)

Malam ini, Zipmex mengumumkan telah mengaktifkan fitur penarikan dana (withdrawal) dari Trade Wallet setelah proses pemeliharaan sistem selesai.

Meski demikian, fitur di aplikasi Zipmex belum sepenuhnya pulih. Entah apa penyebabnya, namun fitur transfer dari Z Wallet ke Trade Wallet belum dapat diaktifkan pada saat ini.

Perusahaan menegaskan bahwa pelanggan adalah prioritas utama. Mereka saat ini sedang menempuh seluruh langkah yang bisa dijalankan untuk memulihkan kembali seluruh fitur di platform sembari menjaga transparansi komunikasi.

Perusahaan menegaskan bahwa untuk sementara waktu, Zipmex Indonesia hanya akan mengaktifkan fitur penarikan dana dan aset digital pada Trade Wallet.

Baca Juga :  Intel Berkomitmen untuk Mencapai Emisi Gas Rumah Kaca Net-Zero?

“Sayangnya, saat ini fitur ZipUp+ harus ditangguhkan sementara kami menyelesaikan situasi ini, dan kami akan tetap bekerja secara aktif untuk mengaktifkan kembali transfer ZWallet sesegera mungkin. Kami akan terus melakukan dialog terbuka dengan komunitas, regulator, dan semua pihak terkait,” bunyi pernyataan Zipmex.

Berusaha pulihkan dana dari Babel dan Celcius

ilustrasi bursa kripto tips trading crypto
Ilustrasi aset crypto (Foto: 123rf / dimarik16)

Semenjak terjadinya situasi black swan di industri kripto, Zipmex telah berhasil memperoleh kembali sebagian besar dana dan aset yang sebelumnya dikelola oleh rekan kami. Perusahaan dikabarkan secara aktif terus bekerja dan berusaha menyelesaikan situasi ini untuk memulihkan sisa dana yang masih menggantung. Meski demikian, tidak ada dampak material yang mempengaruhi operasional.

Dalam kesempatan ini, kami ingin meluruskan beberapa misinformasi yang saat ini beredar terkait besarnya eksposur kami. Per saat ini, 21 Juli 2022, besarnya eksposur kami adalah sebagai berikut:
● $48 juta dengan Babel.
● $5 juta dengan Celsius.

Zipmex dikabarkan menyalurkan dana ke perusahaan fintech Hong Kong Babel Finance demi mendapatkan imbal hasil atau yield. Akan tetapi, Babel menghentikan penarikan pada Juni karena tekanan likuiditas yang tak biasa. Saat ini, Zipmex mengaku tengah berdiskusi dengan Babel untuk menyelesaikan situasi yang terjadi. Mereka telah berdialog dengan penasihat resmi Babel dan sedang mengevaluasi opsi yang dimiliki berdasarkan hasil diskusi.

Sementara itu perusahaan kripto Celsius mengajukan bangkrut dengan menggunakan Undang-undang Kepailitan AS Bab 11. Artinya, perusahaan ingin meminta perlindungan untuk tetap beroperasi meski berstatus pailit.

Zipmex mengklaim eksposur ke Celsius sangat minimum, bahkan sebelumnya berencana untuk menghapuskan nilai ini pada neraca perusahaan. Namun Zipmex tetap secara aktif berkomunikasi dengan Celcius untuk menyelesaikan situasi ini.

Baca Juga :  Cara Personalisasi Tampilan OPPO Reno7, Bisa Pajang Foto Sendiri Lewat Always-on Display

Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Untuk saat ini, Zipmex sedang menjajaki semua opsi yang tersedia, termasuk fundraising, aksi legal, dan restrukturisasi. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari krisis yang dihadapi Zipmex ini.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News