YouTube Ajak UMKM Berkresi #SambilCuan Bikin Short Video

Jakarta, Gizmologi – Di tengah tren bisnis skala usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang didirikan oleh anak muda dengan memanfaatkan platform digital. YouTube hadir dengan mengajak mereka memanfaatkan fitur YouTube Shorts lewat kampanye tagar #SambilanCuan.

Kampanye ini diluncurkan pada 27 Juni bertepatan dengan Hari UMKM Internasional. Di sesi media interview YouTube Indonesia mengajak kreator konten ternama Jerome Polin, Christie Basil dan Sonia Basil, berbagi cerita mereka mengembangkan bisnis lewat YouTube Shorts.

“Jadi ketika ada kampanye ini aku bisa bantu. Aku sebagai seseorang yang punya followers lumayan, jadi aku sangat tertarik untuk bisa bantu orang untuk mempromosikan usaha mereka. Dan juga aku harap nggak cuma bisa bikin orang itu sukses tapi banyak orang juga yang punya kesempatan itu dan jadi semangat,” ucap konten kreator Jerome Polin, Senin (27/6/2022).

Jerome Polin sendiri terkenal lewat konten edukasinya saat dia berkuliah di Jepang, saat ini dia juga banyak membagikan konten mengenai materi pelajaran tertentu. Jerome juga sukses dengan mendirikan bisnis bernama Menantea.

Berkreasi lewat YouTube Short

Di sisi lain, Christie Basil dan Sonia Basil yang juga merupakan content creator mengungkapkan bahwa dengan YouTube Shorts, mereka dapat mengedukasi penonton untuk dapat mengetahui proses dari suatu usaha.

“YouTube Shorts jadi sarana kita belajar konten-konten apa yang disukai oleh audience yang mana merupakan bagian dari build brand awareness produk kita masing-masing. Kita jadi tau konten viral yang banyak disukai audience kita tuh gimana, cara storytelling yang menarik gimana, update trend produk dan banyak hal lagi, semua tersedia di YouTube Shorts,” ungkap Christie yang merupakan desainer dan Sonia pendiri Cakeology.

Baca Juga :  Xiaomi Redmi Note 11T Pro Unggulkan Performa, Pakai MediaTek Dimensity 8100

Baca Juga: Mengenal YouTube Shorts, Platform Video Pendek Pesaing TikTok

Tak hanya mengedukasi dan menginspirasi, lewat konsistensinya mengunggah konten menarik di YouTube Shorts, mereka pun dapat terhubung dengan lebih banyak calon klien dari berbagai daerah hingga mancanegara yang tertarik dengan produk mereka.

Terakhir, Christie dan Sonia menyarankan kepada para pelaku bisnis muda yang masih berproses menjalankan bisnisnya untuk terus mengeksplorasi dan belajar untuk terus menjadi lebih baik lagi.

“Be a good listener, karena dari situ kita bisa terus belajar dari orang lain. Dari situ kita bisa tahu what next, what our passion, dari menjadi pendengar yang baik, kita bisa belajar banyak hal, dan memperjelas arah bisnis serta tujuan kita mau kemana,” ujar Sonia.