XL Axiata Gandeng Microsoft Buat Upskill Keahlian Digital Karyawan Perempuan

Jakarta, Gizmologi – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama Microsoft Indonesia wujudkan komitmen pemberdayaan perempuan dengan meningkatkan keahlian karyawan perempuan dalam penguasaan teknologi digital.

Untuk itu, XL Axiata bersama Microsoft Indonesia menggelar penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) guna menerapkan Code; Without Barriers (CWB).

“Penandatanganan diharapkan menghadirkan ekosistem yang sehat dan membuka kesempatan lebih besar terhadap talenta perempuan untuk menjadi penggerak inovasi di bidang teknologi dan digital,” kata Direktur & Chief Strategic Transformation Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam keterangannya, Jumat (19/8/2022).

Yessie mengatakan perusahaan berkomitmen meningkatkan keahlian karyawan perempuan dalam perusahaan, termasuk penguasaan teknologi digital. Melalui implementasi program CWB, seperti hackathon, bimbingan, hingga dukungan dari para pemimpin bisnis, pihaknya berharap mampu meningkatkan keahlian digital karyawan perempuan dan juga karyawan magang di perusahaan.

“Para karyawan tersebut akan kami dorong untuk menunjukkan kemampuan teknis mereka dengan menciptakan kesadaran, menantang asumsi, serta mengambil manfaat dari dunia coding, teknologi, dan data sains,” katanya.

Baca Juga: XL Axiata Perluas Jangkauan VoLTE 4G

Upskill Keahlian Digital Karyawan Perempuan

XL Axiata Microsoft Indonesia
Kesepakatan XL Axiata dengan Microsoft Indonesia

Yessie D Yosetya yang sekaligus Chair G20 EMPOWER Indonesia mengatakan program CWB ini merupakan program kolaborasi antara G20 EMPOWER dengan Microsoft, di mana XL Axiata sebagai salah satu advocate dari G20 EMPOWER berkomitmen untuk meningkatkan keahlian karyawan perempuannya melalui program ini.

XL Axiata dan Microsoft Indonesia meyakini bahwa keragaman yang bertujuan untuk melatih perempuan dari perusahaan. Selain itu, kolaborasi ini juga diharapkan dapat semakin membuka akses kerja dan pengembangan karier bagi talenta perempuan di Indonesia secara lebih luas, serta mendorong keterlibatan pemimpin teknologi perempuan dalam melakukan pelatihan dan mentoring untuk menginspirasi dan memberdayakan lebih banyak lagi talenta perempuan.

Baca Juga :  realme C30 Diresmikan di India, Android Kelas Entri Harga Rp1,4 Jutaan

Lebih jauh, kedua pihak berharap, kolaborasi ini juga akan dapat mengatasi kesenjangan gender di sektor cloud, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan teknologi digital yang berkembang begitu pesat. Program ini menyediakan platform yang memungkinkan developer, coder, dan talenta teknis perempuan lainnya untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi inklusif, serta mendorong inovasi.