Review Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite: Desain Minimalis, Fungsi Maksimalis

Perkembangan Internet of Things (IoT) begitu dramatis beberapa tahun belakangan. Hampir setiap perabot elektronik di rumah telah menjadi bagian dari IoT, mulai dari televisi, kulkas, mesin cuci, sampai air purifier seperti Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite. Jenis terakhir semakin menemukan momentumnya ketika pandemi covid-19 menjalar di berbagai belahan dunia.

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite merupakan salah satu model perangkat air purifier yang dimiliki pabrikan Tiongkok. Seri lain terdiri dari model Air Purifier 4 Pro dan Air Purifier 3C. Fitur dan jangkauan area menjadi pembeda utama dari seri-seri tersebut. Bukan bermaksud membandingkan ketika model tersebut, sebab Gizmologi kali ini berkesempatan untuk menjajal seri Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite.

Sebagian orang menyebutkan bahwa penggunaan air purifier hanya sekadar sugesti untuk memiliki kualitas udara yang baik. Sebagian lain, yakin bahwa kinerja perangkat semacam ini memang memberi dampak penting bagi kualitas udara di rumah. Meski tentu ada faktor-faktor yang membuat kualitas udara di setiap rumah itu berbeda, ya?

Well, tanpa perlu memulai perdebatan, inilah dia review Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite ala Gizmologi.

Desain

xiaomi smart air purifier 4 lite
Desain minimalis dan aman di sekitar anak-anak.

Tampilan minimalis Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite mirip dengan ‘saudaranya’ yang lain. Dibalut pilihan warna putih, perangkat ini memiliki spesifikasi dimensi total 240 x240 x 533,5 milimeter dan bobot 4,8 kiogram. Tidak terlalu besar, juga tidak tampak kecil ketika mengisi kolom ruangan di rumah. Model minimalis perangkat ini membuatnya pantas diletakkan agak ke tengah ruangan, tanpa merusak pemandangan.

Kita akan menemukan lubang-lubang kecil di sekeliling air purifier ini. Fungsinya untuk menyaring udara di sekitar hingga 360 derajat. Maka menempatkannya di bagian tengah ruang, justru menambah maksimal saat proses penyaringan udara terjadi. Pun tidak jadi masalah saat disandarkan pada dinding atau objek tertentu, tiga sisi filter udara lainnya masih dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga :  Jajaran Laptop Gaming Asus Ditenagai Ryzen 6000, Harga Mulai dari Rp 17 Jutaan

Pada penampang atas terdapat sebuah kipas yang juga dilengkapi kisi-kisi untuk menyemburkan udara yang telah disaring sebelumnya. Kekuatan semburan udara ini mencapai kapasitas 6000 liter per menit. Dengan cakupan area efektif mencapai 25-43 m². Cukup untuk menjadikan suhu dan kelembapan ruangan jadi lebih ideal. 

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite memang terdiri dari dua modul, yakni kipas dan filter udara. Keduanya dapat dipisahkan, sehingga kita dapat melihat kebersihan filter setelah dipakai selama beberapa hari. Juga untuk memudahkan penggantian filter pada periode penggunaan tertentu.

Sementara itu, penampang display LED untuk informasi suhu, kelembapan, mode perangkat, dan tingkat polusi udara ditampilkan, berada di salah satu sisi perangkat. Dengan latar hitam, setia petunjuk angka di dalamnya dapat terlihat jelas. Termasuk ketika kita melihatnya dari posisi agak jauh.

Fitur Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite

xiaomi smart air purifier 4 lite
Konsep modular memudahkan pengguna untuk membersihkan perangkat dan mengganti filter.

Fungsi utama dari perangkat air purifier tentu untuk menyaring udara yang ada di dalam ruangan. Efektivitasnya memang tidak terasa secara kasat mata, karena dalam penyaringan yang dilakukan lebih kepada partikel-partikel kecil.

Asap, putik bunga, bulu hewan, dan debu merupakan unsur yang dapat disaring melalui Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite ini. Pada penggunaan singkat, unsur partikel tersebut tidak dapat terlihat jelas. Namun dalam waktu lama, terutama jika kita juga memelihara binatang, maka ada kemungkinan filter penyaring udara akan segera cepat kotor.

Pengalaman saya pribadi, memang tidak terlalu terasa perbedaan signifikan saat sebelum dan sesudah menggunakan air purifier. Hanya saja, terasa sirkulasi udara jadi lebih baik ketika air purifier bekerja. Terutama dalam putaran kipas yang tinggi. Bahkan suatu malam ketika tidur, saya sengaja hanya menggunakan air purifier tanpa kipas angin maupun AC. Hasilnya, malam itu suhu kamar terasa nyaman tidak terlalu panas.

Soal besaran udara yang disaring serta luas area efektif ketika menggunakan Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite sudah disebutkan di atas. Dalam penggunaan, kita dapat memilih tiga mode kerja perangkat, yakni automatic, sleep, dan manual. Kerja mode auto lebih mengandalkan sensor, sehingga sedotan filter udara dan putaran kipas bergantung pada sensor perangkat.

Baca Juga :  Sukses Gaet Jutaan Pemain, Apex Legends Mobile Tebar Banyak Rewards

Berbeda dengan mode sleep yang memang menghindari kebisingan. Sehingga sedotan udara dan putaran kipas pun lebih senyap. Sementara untuk mode manual, potensi kerja terbaik justru dapat diperoleh. Dengan kerja penyaringan maksimal dapat mengeluarkan suara hingga 61dB(A), dan cakupan area hingga 43 m². 

PM CADR (Particulate Matter Clean Air Delivery Rate) atau efektivitas pembersihan udara perangkat ini sendiri mencapai tingkat 360m³/jam. Menjadikan Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite memiliki efisiensi purifikasi partikel di level tinggi. 

Baca juga: Xiaomi Smart Air Purifier 4 Pro Punya Sensor PM10, Bisa Deteksi Partikel Besar

Mi Home untuk Air Purifier

 

Setiap perangkat IoT milik Xiaomi sudah terhubung dengan aplikasi Mi Home. Aplikasi ini berisi puluhan perangkat resmi yang dapat digunakan lewat sinkronisasi jaringan internet. Begitu juga dengan Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite yang setiap aktivitas dan datanya sudah terlihat di Mi Home.

Penggunaan Mi Home dapat memaksimal potensi penggunaan dari perangkat air purifier. Namun sebelumnya, kita perlu terlebih dulu menghubungkan smartphone dan air purifier dalam satu jaringan intranet/ WiFi. Prosesnya cukup mudah, hanya perlu mengahubungkan lewat pilihan jaringan aktif dan password yang dapat diakses lewat smartphone. Kemudian kita dapat mengontrol kerja air purifier dari manapun selama terhubung jaringan intranet.

Menu Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite dalam Mi Home akan menyajikan data yang kurang lebih sama seperti pada display LED perangkat. Namun dalam menu Mi Home juga disajikan informasi mengenai estimasi penggunaan filter, pengaturan on/off, tingkat kecerahan display, notifikasi bunyi, serta ‘child lock’ untuk menghindarkan anak dari memainkan tombol perangkat ini.

Kita pun dapat memanfaatkan fitur smart scenes yang menyerupai mode pengaturan on/off namun dengan detail lebih banyak, terutama pada kondisi udara di tingkat tertentu. Ketika Particulate Matter di bawah atau di atas 2.5, suhu atau kelembpakan tidak sesuai kebutuhan kita, maka Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite akan akif dan mulai bekerja.

Baca Juga :  Fitbit Sense 2, Versa 4 & Inspire 3 Rilis Bersamaan, Fitur Lebih Lengkap dengan Integrasi Google

Fungsi paling terasa dari penggunaan Mi Home adalah pemanfaatan fitur manualnya. Kita dapat mengatur kecepatan penyaringan dan kipas udara agar bekerja sesuai keinginan. Tentu saja akan berdampak pada cakupan area efektif nantinya. Dengan semakin tinggi proses penyaringan, maka semakin luas pula area efektif yang di-cover air purifier.

Kesimpulan

Meningkatnya kesadaran di rumah tangga untuk selalu memiliki hunian yang nyaman dan sehat, mendorong hadirnya perangkat IoT seperti Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite. Kehadirannya pun bukan sekadar mementingkan fungsi tapi juga dengan tampilan dan desain minimalis menawan, layaknya pajangan dalam rumah. Sehingga tidak perlu rikuh untuk menempatkannya di ruang-ruang rumah yang memang sering dipakai beraktivitas.

Fungsinya pun dapat dikatakan mampu menghasilkan asupan udara bermutu di dalam rumah. Terutama rumah yang juga dihuni binatang peliharaan dan tanaman hidup. Tentu akan ada banyak partikel tak diinginkan sering hadir. Maka membiasakan untuk menghidupkan air purifier untuk menyaring udara jadi hal tak terelakkan lagi.

Dijual dengan harga jual Rp1.799.000,- membuat Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite masih affordable dan mudah untuk diwujudkan. Harga tersebut terasa masuk akal, melihat fitur yang dibawanya. Apalagi untuk kebaikan bersama para penghuni rumah.

Spesifikasi Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite

Nama produk: Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite

Dimensi produk: 240 x 240 x 533,5 mm

Berat bersih produk: Sekitar 4,8 kg

Area jangkauan efektif: 25-43 m²

Efisiensi Purifikasi Partikel: Tinggi

Harga Resmi: Rp1.799.000,-

Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite

Dijual dengan harga jual Rp1.799.000,- membuat Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite masih affordable dan mudah untuk diwujudkan. Harga tersebut terasa masuk akal, melihat fitur yang dibawanya. Apalagi untuk kebaikan bersama para penghuni rumah.