Xiaomi Mix Fold 2 Jadi Smartphone Layar Lipat Tertipis, Bawa Kamera Leica

China, Gizmologi – Lain Samsung, lain Motorola, lain lagi Xiaomi. Nampaknya masing-masing benar-benar ingin memenangkan hati masyarakat, dengan meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya masing-masing. Xiaomi Mix Fold 2 jadi smartphone generasi kedua, yang kali ini diperkuat dengan setup kamera Leica.

Generasi pertamanya memang hanya tersedia di negara asal, dan masih belum ada informasi apakah Xiaomi Mix Fold 2 bakal meluncur secara global. Namun kehadiran flagship terbaru ini cukup mampu memperlihatkan bila vendor asal China tersebut sanggup untuk melawan Samsung, yang notabene sudah jauh lebih lama hadirkan smartphone layar lipat.

Desain Xiaomi Mix Fold 2 terlihat baru, terutama modul kamera belakangnya yang dirancang besar serta melebar dari bagian bodi belakang ketika terlipat. Namun baik terbuka maupun terlipat, Xiaomi Mix Fold 2 diklaim jadi yang tertipis saat ini, dengan ketebalan masing-masing 5,4mm dan 11,2mm saat tertutup. Juga bisa diraih berkat desain hinge atau lipatan layar yang diperbarui.

Baca juga: Xiaomi 12 Turun Harga, Tiga Seri Redmi Lainnya Menyusul

Xiaomi kembangkan Micro Waterdrop Hinge, gabungkan material aluminium alloy serta serat karbon di dalamnya. Ketika tertutup, tidak ada gap besar di bagian tengah perangkat. Bobot Xiaomi Mix Fold 2 mencapai 262 gram, namun sayangnya tidak memiliki sertifikasi tahan air seperti sejumlah kompetitornya.

Kedua Layar Xiaomi Mix Fold 2 Mendukung Refresh Rate 120Hz

Xiaomi Mix Fold 2

Salah satu keunggulan yang bisa ditawarkan oleh Xiaomi Mix Fold 2 adalah layar bodi luarnya yang lebih terasa normal. Gunakan rasio 21:9 dengan dimensi 6,56 inci, mengetik dari layar luar bakal terasa lebih normal. Panelnya sendiri sudah AMOLED 120Hz, memiliki kamera punch-hole 20MP, serta terlindungi dari Gorilla Glass Victus. Dan tentunya, layar bagian dalam bakal lebih superior.

Baca Juga :  Intel Mulai Produksi Chipset MediaTek Buat Android
Xiaomi Mix Fold 2

Ketika lipatan terbuka, kamu akan disambut dengan layar 8,2 inci yang cukup ekspansif dari Xiaomi Mix Fold 2. Panel Eco OLED yang digunakan menghapus lapisan polarizer dan menggantikannya dengan filter warna tipis, untuk hapus refleksi layar. Lebih canggih, panelnya sudah gunakan LTPO 2.0, alias bisa berubah refresh rate dari 1 – 120Hz.

Kedua layar Xiaomi Mix Fold 2 sama-sama bisa menyala cerah hingga 1,000 nits, sekaligus mendukung standar konten Dolby Vision. Dan serupa dengan Xiaomi 12 Pro, speaker bawaan sudah ditingkatkan bersama Harman Kardon. Mendukung Hi-Res Audio baik melalui kabel maupun nirkabel.

Harga Xiaomi Mix Fold 2 Tak Sampai Rp20 Juta

Xiaomi Mix Fold 2

Lanjut ke sektor kamera, Xiaomi Mix Fold 2 adalah smartphone layar lipat Xiaomi ternama yang hadir berkolaborasi dengan Leica. Sensor utamanya menggunakan Sony IMX766 50MP dengan OIS. Sementara dua lainnya adalah 13MP ultra wide-angle, serta 8MP telefoto 2x optical zoom. Secara hardware, penawaran dari Galaxy Z Fold 4 terasa lebih menggoda.

Selain dari lensa (alias hardware), Leica juga berikan opsi photographic styles khusus, termasuk filter eksklusif Leica yang ada pada Xiaomi 12S Ultra. Sensor utamanya bisa merekam video hingga resolusi 8K. Dan teknologi ProFocus membuat akses kamera lebih instan, jepret foto cepat, dan ambil foto dalam mode burst hingga 30 foto per detik.

Jalankan Android 12, Xiaomi berikan MIUI Fold 13 dengan fitur khusus untuk layar besar di dalamnya. Kapasitas baterai Mix Fold 2 masih setara dengan kompetitornya, yakni 4,500 mAh. Namun begitu, dukungan fast charging-nya lebih superior hingga 67W. Harga Xiaomi Mix Fold 2 dibanderol mulai CNY8,999, alias Rp19,6 jutaan.