Xiaomi Civi 1S, Si Jagoan Selfie dengan Chipset Snapdragon 778G+

Jakarta, Gizmologi – Dari sejumlah lini smartphone Xiaomi yang sudah diresmikan secara global, yang satu ini bisa dikatakan cukup spesial. Baru tersedia di negara asalnya saja, Xiaomi memutuskan untuk perbarui smartphone yang hadir khusus pengguna wanita. Yakni Xiaomi Civi 1S dengan prosesor yang lebih bertenaga.

Hadirnya Xiaomi Civi 1S bisa dianggap sebagai versi penyegaran saja, alih-alih menjadi suksesor. Pasalnya, perbedaan smartphone ini dibandingkan Xiaomi Civi pertama yang rilis September lalu tak banyak. Selain gunakan prosesor lebih bertenaga, software alias perangkat lunaknya diperbarui agar sejajar dengan sang flagship seperti Xiaomi 12 Series. Sisanya kurang lebih masih sama.

Bila Gizmo friends melewatkan generasi pertamanya (karena memang tak rilis global), Xiaomi Civi 1S bisa dianggap sebagai smartphone Xiaomi paling ramping. Mengusung kombinasi material kaca depan belakang dengan metal pada bagian samping, bobot Xiaomi Civi 1S mencapai 166 gram, dengan ketebalan 6,98mm saja.

Baik sisi samping belakang maupun depan sama-sama mempunyai lengkungan 3D. Sementara bodi belakangnya diberikan lapisan khusus yang membuat Xiaomi Civi 1S nampak berkilau. Walaupun khusus selfie, spesifikasi secara keseluruhan cukup bersaing dengan smartphone Android kelas menengah lainnya.

Kamera Depan Xiaomi Civi 1S Mendukung CyberFocus

Xiaomi Civi 1S

Layar Xiaomi Civi 1S berukuran 6,55 inci dengan panel AMOLED. Resolusinya mencapai full HD+, sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz, serta memiliki kedalaman warna 10-bit seperti generasi flagship. Layar tersebut juga mendukung standar konten HDR10+ maupun Dolby Vision, serta berlapis Gorilla Glass 5 untuk perlindungan ekstra. Kamera depannya sendiri berjenis punch-hole, menggunakan sensor yang bisa dibilang superior.

Mengingat Xiaomi Civi 1S hadir untuk mereka yang inginkan hasil selfie terbaik, Xiaomi sematkan sensor Sony IMX616 32MP pada bagian depan, mendukung autofokus sekaligus dual soft light. Sistem fokusnya pun spesial, disebut “CyberFocus” dan diklaim punya tingkat akurasi tinggi seperti pada Xiaomi 12 Pro, alias mendukung eye-tracking pada obyek manusia.

Baca Juga :  Hadirkan Aloproteksi, Alodokter Gandeng Sequis dan Cermati Protect

Xiaomi Civi 1S

Sementara untuk tingkatkan penampilan obyek, digunakan algoritma khusus seperti Native Beauty Portrait 2.0, 4G Light Chasing Beauty Technology serta algoritma yang bekerja pada tingkatan piksel dengan Generative Adversarial Network (GAN).

Lalu pada bagian belakang, terdapat setup tiga sensor kamera belakang dengan sensor utama 64MP yang didukung oleh OIS. Sensor kedua adalah 8MP Sony IMX355, lalu sensor ketiga adalah makro 2MP.

Chipset Lebih Kencang, MIUI Versi Baru

Xiaomi Civi 1S

Peningkatan yang dibawa lewat Xiaomi Civi 1S ada pada bagian chipset-nya. Menggunakan Snapdragon 778G+, seri ini punya clock speed yang sedikit lebih tinggi pada inti utamanya, mencapai 2,5GHz (vs 2,4GHz pada seri 778G biasa). Sisanya seperti GPU, ISP dan modem internet masih sama.

Yang kedua adalah versi Android yang diusung, di mana Xiaomi Civi 1S sudah menggunakan Android 12 dengan tampilan antarmuka MIUI 13. Karena keterbatasan dimensi, smartphone ini tak dibekali dengan jack audio 3,5, begitu pula slot kartu microSD. Namun kapasitas baterai 4,500 mAh didukung oleh 55W fast charging.

Dalam paket penjualannya, Xiaomi Civi 1S tak dilengkapi oleh adapter charger. Meski begitu, Xiaomi bakal memberikannya bila konsumen meminta, tanpa tambahan biaya. Harga Xiaomi Civi 1S sendiri masih sama, dibanderol mulai CNY2,299 atau kisaran Rp5,1 jutaan.