Xiaomi 12S & 12S Pro Bawa Pembaruan Minor, Ikutan Pakai Lensa Leica

China, Gizmologi – Dalam peluncuran produk Xiaomi yang diadakan awal pekan ini, seri 12S Ultra tentu menjadi daya tarik utama para penggiat teknologi terutama teknologi kamera smartphone. Namun itu hanyalah satu dari total tiga varian Xiaomi 12S yang diluncurkan secara bersamaan.

Ya, selain seri Ultra, juga hadir Xiaomi 12S & 12S Pro. Keduanya memiliki tongkrongan alias desain yang sama persis seperti dua seri sebelumnya, Xiaomi 12 & 12 Pro. Yah seperti namanya, dua produk ini hadir untuk bawa pembaruan minor saja. Dengan kata lain, cukup banyak spesifikasi yang masih sama persis dari yang sudah tersedia resmi.

Kalau 12S Ultra membawa peningkatan menyeluruh dibandingkan seri Mi11 Ultra, dua seri ini bawa perbedaan utama di sektor kamera serta chipset. Bahkan untuk 12S Pro, perbedaannya justru lebih sedikit. Sehingga Gizmo friends yang sudah menggunakan seri 12 Pro saat ini tak perlu merasa tertinggal.

Baca juga: Xiaomi 12S Ultra Diresmikan dengan Sensor 1 Inci & Lensa Leica, Harga Mulai Rp13 Jutaan

Lebih Kencang, Kamera Mendapat Filter Leica

Xiaomi 12S Pro

Lantas apa saja perubahan yang dibawa pada sektor kamera? Secara desain, modul kamera belakang Xiaomi 12S & 12S Pro masih sama. Perbedaan hanya ada pada teks di bawah dua sensor sekunder, di mana kali ini tercetak teks Leica dengan lensa Summicron di bawahnya—alih-alih berikan resolusi maksimum 50MP seperti pendahulunya.

Ya, smartphone Xiaomi terbaru ini juga didukung oleh lensa hardware rancangan Leica. Sementara untuk sensornya sendiri, Xiaomi 12S akhirnya mengusung setup yang lebih superior, yakni Sony IMX707 dengan AI Image Solution dan ProFocus. Jadi sudah bisa menyamai kualitas varian Pro, baik 12 Pro maupun 12S Pro.

Baca Juga :  Punya OIS, vivo V25e Diresmikan di Malaysia Harga Rp4 Jutaan
Xiaomi 12S

Bagian baru lainnya lebih kepada software, di mana Xiaomi 12S memiliki opsi warna Leica Authentic Look & Vibrant Look seperti seri Ultra. Begitu pula dengan format pengambilannya, mendukung 10-bit RAW yang terkalibrasi profil Adobe. Sisanya sama persis, termasuk setup kamera ultra-wide dan makro di 12S serta telephoto di 12S Pro.

Perbedaan lainnya ada pada pemilihan chipset. Karena diluncurkan belakangan, jadi ada cukup waktu untuk Xiaomi gunakan cip Snapdragon 8+ Gen 1 kepada Xiaomi 12S Series. Selain lebih kencang, chipset ini diklaim 30% lebih efisien daya, dan bakal lebih dingin saat digunakan.

Xiaomi 12S Dibanderol Mulai Rp9 Jutaan

Xiaomi 12S Pro

Itu saja perbedaan yang dibawa ke Xiaomi 12S selain varian Ultra. Sisanya sama persis, mulai dari dua dimensi layar berbeda dan kapasitas baterai yang saling mendekati di kisaran 4,500 mAh. Khusus varian Pro, layar sedikit lebih besar dengan panel AMOLED LTPO, dukungan 120W HyperCharge, serta setup empat speaker yang lebih menggelegar.

Lalu berapa harga dari Xiaomi 12S Series yang pakai chipset terkencang ini? Untuk versi non-Pro, dibanderol mulai CNY3,999 atau Rp8,9 jutaan. Sementara Xiaomi 12S Pro mulai CNY4,699 atau Rp10,5 jutaan. Perlu diketahui, Xiaomi memastikan bila tiga smartphone yang diluncurkan kemarin bakal hanya eksklusif di China saja.