Tren Wisata Alam dan Cara Bikin Konten Awesome dengan Samsung Galaxy A73

Bogor, Gizmologi –  Berbagai riset menunjukkan bahwa wisata alam masih menjadi salah satu tren liburan yang paling diminati masyarakat setelah popularitasnya meningkat selama pandemi. Menurut founder Whatravel M. Arif Rahman, selama pandemi wisatawan mulai beralih dari mass tourism, menjadi special interest tourism.

Saat ini terdapat lima tren wisata yang cukup diminati yaitu, staycation, voluntourism, virtual tourism, road trip, dan wisata alam. Dilansir dari Jawapos, tren wisata alam menjadi tren populer yang digemari masyarakat dalam kondisi new normal.

“Khususnya wisata alam yang berbasis petualangan seperti trekking, snorkeling, diving, hiking, dan sebagainya. Wisata alam bersifat outdoor dan memberikan wisatawan keleluasaan lebih untuk menerapkan physical distancing,” ujarnya.

Ia menyebut bahwa saat ini wisata curug atau trekking menuju air terjun menjadi daya tarik tersendiri. Selain lokasi yang tidak begitu jauh dari Jakarta, masyarakat tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Biayanya sangat terjangkau. Selain itu kini sudah banyak pilihan agen travel dengan pendampingan guide yang handal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para traveler.

Selain menawarkan kenyamanan dan bisa lebih leluasa menghirup udara bebas, wisata alam juga mudah ditemukan di berbagai tempat, salah satunya kawasan air terjun yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jawa, Bali, hingga Sumatera.

Smartphone yang cocok bagi pencinta wisata alam

Desain Galaxy A73 5GBuat kamu yang mau berwisata menikmati suasana air terjun atau curug, sekaligus mengabadikan momen dengan ngonten selama di sana, punya smartphone yang menghadirkan peace of mind berkat berbagai fitur yang sesuai dengan karakteristik alam bebas pastinya bisa bikin lebih worry-free. Di antaranya seperti Galaxy A73 5G yang telah dibekali Quad Camera 108MP, Optical Image Stabilization (OIS) serta sertifikasi IP67 yang tahan air dan debu.

Hal ini ditegaskan oleh Taufiq Furqan, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia yang mengatakan untuk penyuka aktivitas di luar ruangan maupun wisata alam, dan ingin mendapatkan konten berkualitas terbaik di tiap momennya, bisa sepenuhnya mengandalkan Galaxy A73 5G.

Baca Juga :  SoC MediaTek Pentonic 700 Siap Tenagai Smart TV 4K Premium

Smartphone ini dibekali dengan teknologi sekelas flagship dengan sistem kamera 108MP + 12MP + 5MP + 5MP dan OIS, tiap foto dan video jadi begitu jernih. Kamera didukung dengan teknologi Detail Enhancer untuk menampilkan lebih banyak detail berkat pemrosesan machine learning terdepan.

Selain itu, Big Pixel Sensor yang mampu mengurangi noise secara drastis untuk hasil foto yang lebih bening. Sehingga pengguna bisa menangkap warna yang paling vivid dari dedaunan dan pohon di kawasan air terjun hingga detail yang paling jelas dari air terjun dan aliran di bawahnya.

Memori 256GB yang besar juga bisa simpan semua hasil tangkapan kamera, dan baterai 5.000mAh-nya juga tahan seharian.  “Apalagi, dengan IP67 kamu nggak perlu khawatir kalau Galaxy A73 5G tersiram air saat kamu ngonten di spot penuh air seperti air terjun, bikin momen traveling kamu jadi makin Awesome,” ujar Taufiq saat menjajal smartphone ini untuk treking di Curug Leuwi Hejo, Bogor.

Smartphone ini sekarang sudah tersedia di toko daring dan gerai fisik dengan harga Rp7.799.000 (8GB/256GB). Samsung Galaxy A73 5G tersedia dalam warna Awesome Gray, Awesome White, serta Awesome Mint yang kekinian.

Memaksimalkan fitur smartphone saat wisata alam

ilustrasi kamera treking hunting smartphone samsung a73Rio Garlio, seorang kreator konten TikTok membagikan tips untuk membuat konten yang awesome saat wisata alam. Menurutnya, ada banyak pilihan konten yang bisa kita bikin selama menjalani outdoor activity. Mulai dari foto untuk Instagram Story yang bisa diambil dengan cepat atau video untuk TikTok yang mungkin bisa lebih sedikit niat dengan penambahan transisi dan voice over.

Apa pun pilihan konten yang ingin dibuaa, pengguna bisa menangkap foto dan video yang jernih secara instan berkat Quad Camera kelas flagship yang ada di Galaxy A73 5G. “Ada banyak lensa di Galaxy A73 5G yang bisa dimaksimalin untuk capture berbagai momen di air terjun yang Awesome. Misalnya main camera 108MP tuh bisa banget buat bikin foto jernih secara instan, cocok banget buat langsung di post di story tapi hasilnya tetap bening pas kita lagi hiking atau pas seru-seruan main air terjun,” ujarnya.

Baca Juga :  Dilengkapi MariSilicon X, OPPO Reno8 Pro Tingkatkan Kemampuan Potret Malam Hari

Kemudian Ultrawide kamera juga bisa banget buat foto air terjun sekaligus capture tebing dan pepohonan di sekitarnya tanpa takut kepotong, bikin hasil foto lebih dramatis. Sementara macro camera Galaxy A73 5G ini bagus banget untuk foto tanaman atau bunga sepanjang hiking. “Nah, kamu yang mau foto portrait, ada depth camera yang efek bokehnya ini rapi banget, jadi kalian bisa dapetin hasil foto portrait yang smooth dengan background air terjun, aliran air diantara bebatuan, atau view pohon-pohon yang seger banget,” imbuhnya.

Selain itu, ada kamera depan 32MP agar pengguna bisa bebas mengekspresikan diri dengan selfie terbaik ataupun merekam momen keseruan kamu bersama sahabat atau keluarga saat mengunjungi air terjun atau melakukan wisata alam lainnya.

Kamera Galaxy A73 5G juga ditunjang Optical Image Stabilization (OIS) untuk memastikan setiap detail dari scene yang kamu rekam akan tampil lebih standout berkat teknologi Video Digital Image Stabilization (VDIS) terdepan. Jadi, kamu akan mendapatkan hasil video yang lebih smooth, lebih tajam, dan lebih stabil, sekaligus membuat hasil rekaman yang lebih cerah.

“Dengan OIS, kamu juga ngga perlu worry untuk bikin video pake angle POV (point of view) sampai frog eye saat hiking di antara kawasan air terjun. Caranya, kamu bisa sambil merekam dengan sudut pandang yang pas menurut kamu sambil hiking, tanpa perlu bawa alat-alat pendukung kayak gimbal karena OIS akan langsung otomatis bikin video jadi lebih smooth dan anti shaky, cocok banget buat kamu yang mau bikin konten TikTok yang lebih ngetren,” lanjut Rio.

Ia menambahkan, adanya Enhanced HDR juga membuat OIS mampu memberikan detail yang lebih hidup, lengkap dengan warna yang lebih kaya, termasuk di kawasan air terjun yang banyak terekspos matahari langsung, jadi akan mengurangi noise secara drastis.

Baca Juga :  XL Axiata-Vidio Hadirkan Bonus Video Premium untuk Keluarga Indonesia

Selain fitur-fitur di atas, pengguna juga bisa memanfaatkan Pro Mode agar konten makin keren. Misalnya, kita bisa pakai Pro Mode pada kamera dan bermain dengan shutter speed yang lambat untuk menghasilkan foto air terjun dengan aliran air yang lebih smooth. Kemudian mengatur aperture yang lebih kecil untuk foto pemandangan yang lebih tajam, hingga ISO yang lebih rendah untuk tone warna yang lebih dalam dan menghindari noise yang terlalu besar dari sinar Matahari. Kita juga bisa bermain dengan fungsi Object Eraser untuk menghapus objek-objek yang dirasa mengganggu, misalnya perlengkapan yang kita bawa atau orang-orang yang masuk ke dalam frame.

Saat mau melakukan outdoor activity seperti liburan ke curug, smartphone yang punya fitur tahan air menjadi kelebihan tersendiri. Karena bisa nyaman bikin konten tanpa khawatir smartphone terkena air. Dalam hal ini, Galaxy A73 5G sudah dibekali dengan sertifikasi IP67 yang membuat perangkat ini tahan terhadap air dan debu.

“Kamu pun bisa bebas foto air terjun dari low angle dekat aliran air, having fun sambil merekam momen main-main air di kolam air terjun, sampe ngerekam momen menantang pas kamu lagi seru-seruan body rafting,” ujar Rio Garlio.