Platform OTT NETVerse Milik NETV Bakal Adopsi Metaverse WIRG

Jakarta, Gizmologi – Industri televisi harus berinovasi dengan berbagai cara agar bisa terus bersaing di tengah hiburan yang serba digital. Upaya yang dilakukan perusahaan televisi Net Visi Media (NETV) dengan meluncurkan platform streaming terbarunya NETVerse.

Hal ini ditegaskan oleh Deddy Sudarijanto, CEO NETV yang mengatakan kehadiran Netverse merupakan salah satu upaya perusahaan yang juga baru melantai di bursa efek Indonesia dengan kode NETV ini dalam mengembangkan platform digitalnya melalui  anak usaha PT Net Media Digital (NMD).

NETVerse merupakan platform Over The Top (OTT) berisi konten-konten serial drama, program musik, talkshow yang berkualitas, edgy. Platform digital NETVerse menghadirkan sejumlah konten hiburan khas milenial yang dapat diunduh secara gratis lewat Google Play atapun App Store.

NETVerse Adopsi Metaverse

Kolaborasi teknologi AR dan VR WIR Group untuk NETVAgar terlihat lebih kekinian, NETVerse pun berupaya mengadopsi tren teknologi yang tengah happening yaitu metaverse. Oleh karena itu, NETV menggandeng WIR Asia, perusahaan pengembanga metaverse yang juga baru melantai di bursa efek Indonesia dengan kode WIRG.

Meski demikian, pengguna belum bisa mencoba teknologi metaverse tersebut saat ini di aplikasi NETVerse. Karena ini masih sebatas penjajakan kerja sama. Paling tidak, keduanya sebagai perusahan yang telah melantai di bursa efek perlu lebih banyak publikasi yang bersifat positif, walau masih sebatas gimmick.

Penjajakan tersebut  dilakukan dalam menghadirkan hiburan berkonsep multi-platform. Suguhan hiburan ini memiliki nilai yang inovatif dan unik sehingga memperkaya pengalaman menonton televisi. Kolaborasi yang memanfaatkan platform metaverse dan teknologi milik WIR Group yang telah dipatenkan ini diperkenalkan dalam launching NETVerse 20 Mei 2022 lalu.

Rencana kolaborasi teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)  WIR Group untuk NETV diharapkan  dapat  memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi lebih jauh dengan berbagai konten kreatif dan Intellectual Property (IP) yang dihadirkan oleh NET di layar kaca. Mereka rencananya akan mengadopsi metaverse dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman menonton yang inovatif dan interaktif.

Baca Juga :  Review OPPO A96: Memori Lega, Baterai Tahan Lama

Michel Budi, Chief Executive Officer WIR Group, mengatakan pihaknya melihat NET sebagai stasiun televisi yang telah lama bergelut dalam dunia digital serta memiliki visi yang kuat dan selalu berusaha meningkatkan kualitas tayangan dan kepuasan pemirsanya.

“kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem metaverse yang tengah dibangun dan bisa disejajarkan dengan penyedia konten berteknologi tinggi lainnya di dunia sehingga dapat menjadi awal mula bentuk hiburan dan media masa depan yang lebih inovatif dan imersif sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen di era modern,” ujar Michel Budi.

Sementara Deddy Hariyanto (CEO NETV), mengatakan penjajakan  kolaborasi dengan teknologi WIR Group diharapkan akan membantu pengembangan strategi usaha dalam menyajikan konten hiburan secara  lebih interaktif bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

“Melalui platform metaverse, konten kreatif kami dapat diakses kapanpun, dan di manapun. Bagi kami inovasi merupakan kata kunci yang menuntut untuk terus berinovasi di era digital tanpa batas,” ujar Deddy Hariyanto.