WIR Group Boyong Cakap Hadirkan Sistem Edukasi Interaktif di Metaverse

Jakarta, Gizmologi – WIR Group memboyong platform edutech Cakap ke dalam dunia virtual metaverse. Lewat kerja sama ini memungkinkan untuk menggabungkan sistem edukasi dengan teknologi metaverse yang akan menghadirkan cara belajar baru bagi para murid-murid.

Direktur Utama grup WIR, Michel Budi menuturkan, kolaborasi ini akan memberikan pengalaman belajar baru bagi para murid-murid di Indonesia. Terlebih perusahaan yang fokus pada teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality, dan Artificial Intelligence, sedang mengembangkan Metaverse.

“Dengan teknologi metaverse bisa memberikan pengalaman belajar baru, misalkan mempelajari organ tubuh, para murid bisa lebih mengimajinasikan visual lebih immersive dibandingkan dengan menonton sebuah video,” ujar Michel usai menandatangani nota kesepahaman antara WIR Group dengan Cakap, Kamis (19/5).

Usai menjalin kerjasama, WIR Group akan menampilkan hasil kinerjanya, berupa platform metaverse di sektor Pendidikan di World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss. Melalui kerja sama dengan CAKAP, WIR Group akan memperlihatkan bagaimana sistem pembelajaran daring interaktif akan semakin menarik dan memberikan pengalaman baru dengan memanfaatkan teknologi metaverse.

Bagi WIR Group, kesempatan bergabung pada World Economic Forum merupakan kali ketiga, setelah sebelumnya, WIR Group juga ikut berpartisipasi di forum tahunan tersebut pada WEF 2019 dan 2020. Pada kesempatan ini, WIR Group berkolaborasi dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Hadirkan Sistem Edukasi Interaktif

Sistem edukasi di Metaverse

“Kami optimistis, teknologi metaverse bisa membantu pengembangan Pendidikan Indonesia bukan saja dalam hal efisiensi dan memberikan pengalaman baru, tetapi juga dalam menciptakan talenta-talenta berdaya saing global,” tutur Michel.

Di sisi lain, menurut CTO Cakap, Yohan Limerta dengan teknologi Metaverse membuat sistem pembelajaran menjadi lebih efisien. Terlebih kerja sama dengan WIR Group sejalan dengan visi CAKAP untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mudah diakses, dapat diterima dan terjangkau.

Baca Juga :  Surface Laptop Go 2 Bawa Perubahan Minor, Harga Tetap yang Termurah

“Sebagai aplikasi pembelajaran dua arah yang pertama di Indonesia dan memiliki lebih dari 1 juta pengguna, CAKAP sejauh ini telah memberikan pembelajaran bahasa asing maupun vokasi dengan menghubungkan siswa dan tutor melalui teks maupun video call,” ungkapnya.

Berbagai perusahaan yang sudah jalin Kerjasama dengan WIR untuk merambah dunia digital, diantaranya ada Alfamart, Hydra X dan yang terakhir Jak Lingko. Masing-masing membawa inovasi menarik, untuk di aplikasikan di Metaverse buatan WIR Group.