Windows 11 2022 Update Digulirkan, Percepat Multitasking & Tambah Aksesibilitas

Jakarta, Gizmologi – Setelah hadirkan perubahan tampilan yang cukup signifikan dari Windows 10, kini tiba saatnya bagi Microsoft untuk gulirkan major update pertamanya untuk Windows 11. Disebut dengan Windows 11 2022 Update, ada sejumlah fitur baru yang bakal mempermudah pengguna baik perangkat PC maupun laptop untuk selesaikan tugasnya sehari-hari.

Saat pertama kali diluncurkan, Windows 11 memang hadir sebagai sistem operasi yang dirancang lebih pas baik untuk komputer maupun perangkat layar sentuh seperti tablet. Sejumlah vendor pun hadirkan opsi tablet Windows lebih banyak, dengan harapan dapat berkompetisi bersama tablet paling populer, yakni iPad yang juga mulai tingkatkan kemampuan multitasking.

Baca juga: Microsoft Rilis Aplikasi Outlook Lite Khusus Android, Hanya Butuh Kuota 5MB

Windows 11 2022 Update mulai digulirkan ke seluruh pengguna sejak 20 September kemarin. Pihak Microsoft janjikan proses instalasi yang lebih cepat, sekaligus ukuran pembaruan lebih kecil agar lebih cepat proses unduhnya. Lantas apa saja yang baru dan bagaimana mendapatkan Windows 11 2022 Update?

Drag & Drop Antar Aplikasi di Taskbar Kembali Hadir

Windows 11 2022 Update

Melalui laman blog resminya, Panos Panay, EVP, Chief Product Officer, untuk Windows & Devices di Microsoft menyebutkan kalau pihaknya akan secara kontinyu mengembangkan sistem operasi Windows agar bisa terus beradaptasi lebih baik. Setidaknya ada empat fokus fitur yang ditingkatkan lewat Windows 11 2022 Update. Apa saja?

Yakni dengan meningkatkan kemudahan dan keamanan, membuat penggunanya lebih produktif, membuat sistem operasi Windows lebih pas untuk tersambung maupun sebagai media bagi kreator, serta keamanan yang lebih fleksibel untuk organisasi. Untuk dua poin pertama, ke depannya File Explorer bakal mendukung sistem tab, selayaknya peramban alias browser seperti Microsoft Edge. Memudahkan kamu berpindah folder tanpa harus menambahkan window baru.

Baca Juga :  Apple Yakin Penjualan iPhone 14 Bakal Laku Keras

Start menu pada Windows 11 2022 Update juga dibuat lebih fleksibel, di mana pengguna dapat membuat folder berisi sejumlah aplikasi yang lebih sering diakses. Lalu untuk dukungan produktivitas, Snap layout juga lebih mudah digunakan terutama pada perangkat dengan layar sentuh. Aplikasi bisa ditarik ke bagian atas layar, dan Windows langsung menawarkan sejumlah layout untuk jalankan lebih dari dua aplikasi sekaligus.

Windows 11 2022 Update

Dengan kebutuhan modern seperti panggilan jarak jauh lewat aplikasi seperti Zoom, Windows Studio hadir di Windows 11 2022 Update. Fitur baru ini terintegrasi langsung dengan menu Settings, berikan kendali terhadap mikrofon dan kamera yang tersambung ke PC. Seperti memburamkan latar, atau membuat mikrofon bisa meredam noise lebih baik—umumnya fitur-fitur seperti ini juga membutuhkan perangkat yang mumpuni, alias tak bisa di semua jenis PC.

Cara Mendapatkan Windows 11 2022 Update

Windows 11 2022 Update
Fitur Live Captions di Windows 11 2022 Update

Microsoft juga hadirkan sebuah aplikasi baru, yakni Clipchamp lewat Windows 11 2022 Update, sebagai aplikasi untuk edit konten seperti video. Dan bagi mereka yang bermain gim di PC, pembaruan perangkat lunak yang satu ini juga optimalkan performa visual, tingkatkan latensi, dan membuka dukungan seperti variable refresh rate maupun auto HDR. Pas untuk dipasangkan dengan judul gim dari aplikasi Xbox.

Microsoft juga akhirnya bakal ekspansi kerja samanya bersama Amazon, hadirkan lebih dari 20 ribu aplikasi Android yang ada di Amazon Appstore, langsung ke Microsoft Store. Setelah sebelumnya baru di Amerika Serikat, ketersediaan baru ini bakal digulirkan secara internasional. Dan untuk mereka yang berkebutuhan khusus, fitur Live Caption juga hadir bersama dengan voice access untuk pengendalian lewat suara, dan Natural Voices untuk narator dengan suara natural.

Baca Juga :  Peningkatan OPPO Reno8 5G dari Generasi Sebelumnya, Makin Jago Foto Portrait
Windows 11 2022 Update

Cara mendapatkan Windows 11 2022 Update cukup mudah, bisa langsung melalui menu Windows Update di Settings. Bila masih belum muncul, bisa dicek secara berkala, karena digulirkan secara bertahap ke semua pengguna di lebih dari 190 negara. Kamu juga bisa mengakses halaman berikut ini untuk mengetahui bila PC yang digunakan kompatibel dengan Windows 11 terbaru ini.