Dengar Usulan Pengguna, WhatsApp Siapkan Fitur Sembunyikan Status Online

Jakarta, Gizmologi – Kehadiran status online di WhatsApp ditujukan agar bisa mengetahui apakah si pengguna sedang menggunakan platform tersebut atau tidak. Namun ada kalanya, kita ingin menyembunyikan status tersebut ketika tidak ingin membalas pesan seseorang.

Menariknya, aplikasi perpesanan milik Meta itu dikabarkan sedang menguji fitur baru yang dapat menyembunyikan status ‘Online’ dari pengguna lain. Hal ini pertama kali diketahui oleh situs WABetaInfo.

“WhatsApp akhirnya mendengarkan masukan pengguna dengan mengembangkan fitur yang memungkinkan kita memilih siapa yang dapat melihat saat kita online di WhatsApp!),” tulis WABetaInfo dalam twitnya.

Dalam screenshot yang dibagikan, opsi ‘Online’ ini jadi yang terbaru setelah sebelumnya hanya berlaku untuk Last Seen atau Terakhir Dilihat. Misalnya jika pengguna mematikan fitur Last Seen ke semua kontak, maka fitur Online juga bisa disesuaikan seperti Last Seen.

Uji coba ini direncanakan berlaku pada WhatsApp beta yang terpasang di Android, iOS, dan dekstop (PC). Nama fitur yang tengah digarap yakni “Siapa yang dapat melihat saya online atau Who can see when I’m online” ini masih dalam tahap pengembangan.

Baca Juga: WhatsApp Perbarui Fitur Privasi & Opsi Mute Saat Group Call

Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

WA LAST SEEN ONLINE 5B6D IOS
Status online di WhatsApp

Masih belum diketahui kapan fitur ini resmi dirilis WhatsApp. Kendati demikian, fitur ini dinilai berguna bagi mereka yang ingin menggunakan WhatsApp tanpa mau diganggu orang lain ataupun merasa ada yang menguntit mereka.

Dengan adanya pembaharuan ini, pengguna memungkinkan untuk mengonfigurasi siapa saja yang dapat melihat saat kita online. Caranya mudah. Tepat di dalam pengaturan terakhir terlihat dua opsi baru: “Semua Orang” dan “Sama seperti Terlihat Terakhir”.

Misalnya memilih My Contacts, jadi mereka yang tidak masuk dalam kontak pengguna WhatsApp tak akan melihat status online tersebut. Jika memilih Nobody, status online pengguna tidak akan pernah terlihat.

Baca Juga :  Black Shark 5 Pro Juarai HP Terkencang Versi Antutu Bulan Juni 2022

Tahun lalu, WhatsApp juga dilaporkan mulai menyiapkan fitur lain yakni edit pesan. Lewat fitur itu memberikan kemampuan pengguna untuk dapat mengubah teks yang telah dikirimkan sebelumnya.

Cara menggunakannya mirip seperti fitur reaksi emoji WhatsApp yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Pengguna harus menekan lama pada pesan yang ingin diubah tersebut lebih dulu.