WhatsApp Perbarui Fitur Reactions, Kini Bisa Kirim Semua Emoji

Jakarta, Gizmologi – Walaupun fungsi utamanya adalah sebagai aplikasi berkirim pesan dalam bentuk teks, platform messenger WhatsApp kini telah dilengkapi dengan sejumlah fitur pendukung. Mulai dari panggilan suara, panggilan video hingga lebih dari dua orang, sampai pemberian reaksi untuk setiap chat yang ada menggunakan emoji.

Fitur ini bakal sangat bermanfaat ketika kamu hanya ingin berikan reaksi singkat sebagai bentuk lain dari tanggapan. Baik setuju maupun tidak, WhatsApp Reactions jauh lebih praktis daripada harus sekadar mengetikkan kata-kata khusus. Fitur tersebut juga banyak sekali diminta oleh para penggunanya, mengingat sudah tersedia di platform lain seperti Facebook Messenger atau Telegram.

Selain perbarui cara pemberian reaksi dalam chat, baru-baru ini WhatsApp juga resmikan metode pemindahan riwayat chat lintas platform. Kalau sebelumnya hanya eksklusif dari perangkat iPhone ke smartphone Android khususnya Samsung Galaxy, kali ini sudah bisa sebaliknya. Ya, pengguna Android sudah bisa pindahkan chat WhatsApp ke iPhone, tentunya dengan cara khusus.

Baca juga: Begini Cara Transfer Riwayat Chat WhatsApp Android ke iOS

Bisa Tambahkan Emoji Lain, Tak Sebatas 6 Jenis

Melalui sebuah cuitan langsung dari akun Twitter resminya, WhatsApp umumkan pembaruan dari fitur pemberian reaksi. Dalam sebuah video singkat seperti yang dapat Gizmo friends lihat di atas, pengguna nantinya bisa berikan semua jenis emoji sebagai reaksi. Tak lagi sebatas enam emoji yang dipilihkan oleh WhatsApp saja.

Artinya, kamu bisa berikan beragam jenis emoji lain seperti Pelangi, angkat tangan, kendaraan dan lainnya. Fitur ini bakal tersedia untuk WhatsApp di Android dan iOS, menyusul platform lain. Dan tentunya, digulirkan secara bertahap. Jadi kalau opsinya belum muncul, harap bersabar lebih dulu sampai nanti dapat ya.

Baca Juga :  Podcast Trio Kurnia Besutan Vincent, Desta & Andre Kocak!
WHatsApp Reactions
Sumber: Twitter/@amzereus

Ketika opsinya sudah muncul, kamu bakal bisa menambahkan jenis emoji lain dengan menekan tombol “+” di sebelah enam emoji yang tertampil saat chat box disentuh dan tahan. Baru kemudian kamu bisa gulirkan tampilan emoji, selayaknya memilih emoji pada papan ketik virtual saat sedang mengetik.

WhatsApp Siapkan Fitur Login di Smartphone Kedua?

WhatsApp Multi Device

Setelah emoji yang lebih lengkap, apa lagi yang tengah disiapkan oleh platform milik perusahaan induk Facebook satu ini? Rumor terbaru mengatakan bila WhatsApp tengah persiapkan sebuah mode khusus, yakni “companion mode”. Bertujuan agar satu akun alias satu nomor bisa digunakan di setidaknya dua smartphone sekaligus. Melewati batasan yang ada saat ini.

Kehadiran companion mode sendiri ditemukan oleh WABetaInfo, lebih tepatnya dari versi beta WhatsApp terbaru untuk smartphone Android. Dalam sebuah unggahan tangkapan layar, terlihat bila dalam sebuah chat, terdapat notifikasi kalau histori chat sedang dalam proses sinkron—proses yang sama ketika Gizmo friends baru saja login lewat WhatsApp Web dari perangkat komputer.

Artinya, smartphone yang digunakan untuk unggah tangkapan layar di atas merupakan perangkat sekunder, mengindikasikan kalau nantinya satu nomor WhatsApp bisa digunakan di smartphone lain sekaligus. Belum ada informasi kapan metode ini bakal final—versi beta yang ada saat ini pun masih belum dilengkapi oleh companion mode secara resmi.