WhatsApp Perbarui Fitur Privasi & Opsi Mute Saat Group Call

Jakarta, Gizmologi – Jadi salah satu aplikasi kirim pesan paling populer lintas platform saat ini, WhatsApp terus diperbarui dengan sejumlah fitur yang membuat penggunanya semakin nyaman. Setelah sebelumnya berikan kemampuan pindah data lintas platform, kali ini giliran fitur keamanan terkait profil pribadi yang diperbarui.

WhatsApp kini juga bisa digunakan untuk lakukan panggilan suara maupun video dengan lebih banyak orang, alias tidak hanya personal (1 on 1) saja. Fitur ini hadir menyusul ketertinggalannya dari Telegram, yang jumlah partisipannya sudah bisa mendekati platform lain seperti Zoom. Dibuat agar lebih relevan ketika lebih banyak orang lakukan panggilan virtual semasa pandemi.

Lewat sebuah pernyataan dari akun media sosial resminya, WhatsApp mengatakan bila fitur baru ini dirancang untuk lebih melindungi privasi para penggunanya saat sedang online. Yakni diberikan opsi lebih banyak pada bagian pengaturan kontrol privasi. Seperti apa?

Baca juga: Cara Bikin Avatar Instagram Langsung dari Smartphone

Opsi Baru Sembunyikan Data Profil

WhatsApp on Twitter: “🔒 To further protect your privacy online, we’re rolling out new options to your privacy control settings 🔒 Now you can select who from your contact list can see your Profile Photo, About, and Last Seen status. For more information follow this link: https://t.co/UGMCx2n70h” / Twitter

Lewat WhatsApp, pengguna sejak dulu diberikan opsi untuk memilih siapa saja yang bisa melihat informasi seperti foto profil, last seen alias status kapan terakhir kali sedang online, maupun informasi “about” setiap profil. Nah, opsi baru kali ini memungkinkan kamu untuk secara lebih spesifik memilih siapa saja yang bisa melihat tiga informasi pribadi di atas.

Sebelumnya, hanya ada tiga opsi yakni “everyone”, “my contacts” dan “nobody”, namun sekarang ada opsi baru yakni “my contacts except”, sehingga Gizmo friends dapat memilih siapa saja di dalam kontak yang tak perlu mengetahui informasi pribadi tersebut. Opsi serupa sudah tersedia di Telegram sejak lama.

Baca Juga :  PUBG Mobile Gandeng UMKM Lokal, Winner-Winner Sei'Tan Dinner

Sehingga dengan begitu, kamu bisa tetap menyimpan kontak seseorang sekaligus membuat mereka tak bisa melihat profil foto, misalnya. Opsi baru ini bisa kamu akses lewat menu Settings – Account – Privacy, dan sudah mulai digulirkan baik untuk Android maupun iOS. Opsi ini berlaku dua arah, ya, jadi kalau ada kontak yang tak bisa lihat informasi pribadimu, berlaku sebaliknya.

Ini bukanlah perubahan pertama yang ditingkatkan WhatsApp terkait privasi data profil. Sebelumnya, platform kirim pesan milik Meta satu ini telah mengubah opsi default “last seen” dari “everyone” menjadi “my contacts”. Demi mencegah implikasi penyalahgunaan data privasi setiap penggunanya, seperti dari aplikasi pihak ketiga lainnya.

Bisa Mute Anggota WhatsApp Group Call

WhatsApp Mute Group Call

Peningkatan berikutnya yang dibawa oleh WhatsApp adalah dalam situasi panggilan suara dalam grup. Hingga saat ini, kamu bisa berbicara dengan maksimum 32 orang secara bersamaan—khusus panggilan suara, karena untuk panggilan video, maksimum baru sebatas 8 orang saja. Ada tiga perubahan yang dibawa dalam group call WhatsApp.

Yang pertama, ketika ada seseorang yang baru bergabung dalam panggilan grup tersebut, setiap individu akan mendapatkan notifikasi dalam bentuk pop-up sebagai pemberitahuan. Yang kedua dan ketiga adalah pintasan untuk kirim pesan (japri) serta mute partisipan dalam panggilan tersebut, hanya dengan menyentuh profilnya.

Opsi mute tentunya bakal membantu ketika ada partisipan yang sedang join dalam panggilan, tak sedang berbicara namun lupa mematikan mikrofon dan berada di keramaian, misalnya. Lebih spesifik dari Zoom yang memiliki opsi untuk mute semua partisipan sekaligus.