Aplikasi WhatsApp Desktop Gunakan Sistem Baru, Lebih Responsif

Jakarta, Gizmologi – Bagi mereka yang lebih banyak menggunakan perangkat seperti komputer PC, tentu bakal lebih sering mengakses aplikasi berkirim pesan dari perangkat tersebut ketimbang smartphone. Untuk itu, pengalaman antar dua perangkat harus sama-sama dibuat optimal. WhatsApp Desktop termasuk salah satunya yang cukup rutin diperbarui.

Platform berkirim pesan milik Meta tersebut memang terus diberikan fitur baru, dan di saat yang sama juga ditingkatkan perihal keamanannya. Kali ini, WhatsApp Desktop diberikan pembaruan yang, tidak terlihat secara visual, tetapi bakal terasa lebih nyaman ketika digunakan. Karena dirancang dengan sistem yang sepenuhnya baru.

Dibandingkan Telegram, WhatsApp sudah mulai bisa mengejar ketertinggalan dalam hal kelengkapan fitur. Mulai dari berikan reaksi dalam chat, panggilan video grup, sampai baru-baru ini kemampuan untuk keluar dari grup secara diam-diam. Tanpa harus terlihat oleh anggota grup lainnya, kecuali admin saja. Lalu apa saja yang baru untuk aplikasi WhatsApp Desktop?

Baca juga: Update Keamanan WhatsApp Terbaru, Bisa Keluar Grup Diam-diam

WhatsApp Desktop Terbaru Sudah Bisa Diunduh

WhatsApp Desktop

Mudahnya, aplikasi WhatsApp Desktop terbaru bakal memiliki kecepatan yang lebih responsif serta minim gangguan. Tak hanya itu, bisa digunakan untuk menerima notifikasi dan membalas pesan meski smartphone sedang tidak aktif alias offline. Sehingga pengguna tak lagi mengalami aplikasi dengan status tidak terhubung, atau pesan yang terlambat masuk.

Hal ini karena aplikasi tersebut dirancang kembali mulai dari awal. Lewat penjelasan pada halaman resmi WhatsApp Help Center, selama ini aplikasi WhatsApp Desktop menggunakan basis web-based (electron), alias sama seperti versi web yang bisa diakses langsung dari peramban atau browser. Nah, yang baru dan sudah dirilis saat ini dirancang sebagai aplikasi native Windows.

Baca Juga :  Sony Perkenalkan Lensa FE 24-70mm F2.8 GM II Diklaim Teringan

WhatsApp Desktop terbaru ini sudah bisa diunduh langsung dari Microsoft Store. Cara penggunaannya pun masih sama, yakni dengan menggunakan kode QR yang di-scan dari smartphone. Bagaimana dengan pengguna komputer Mac? Dikutip dari 9to5Mac, aplikasi WhatsApp for Mac public beta baru saja dirilis menggunakan Catalyst—metode yang dihadirkan untuk berikan aplikasi versi iOS untuk macOS.

Teknologi Catalyst juga tidak menutup kemungkinan akan kehadiran WhatsApp khusus iPad. Meta memang telah berencana untuk yang satu ini, namun tidak ada penjelasan lebih lanjut terkait kapan baru dirilis.

Bakal Bisa “Undo” Kirim Pesan

WhatsApp Undo

Selain WhatsApp Desktop baru, apa yang tengah dipersiapkan oleh Meta untuk WhatsApp? Seperti biasa, info terkait fitur baru muncul dari WABetaInfo. Kali ini terlihat sebuah unggahan tangkapan layar yang perlihatkan cara baru terkait kirim sebuah pesan, yakni “undo”.

Fitur baru WhatsApp yang satu ini bakal berguna ketika Gizmo friends tidak sengaja menghapus pesan. Daripada harus mengetiknya kembali, sesaat setelah pesan terhapus, bakal muncul tombol undo di bagian bawah kanan layar. Ketika tombol tersebut disentuh, maka pesan yang tadinya terhapus bisa muncul kembali.

Fitur ini masih dalam uji coba, sehingga bisa jadi WhatsApp tak jadi implementasikan fitur tersebut, atau malah cepat-cepat hadirkan fitur ini ke WhatsApp versi non-beta dalam waktu dekat. Kita nantikan saja ya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News