vivo Y02s Diperkenalkan, Bawa Desain Stylish Harga Rp1 Jutaan

Filipina, Gizmologi – Setelah realme dan OPPO tawarkan smartphone sejutaan terbarunya, kini giliran kompetitor yang sejatinya masih berada dalam satu induk perusahaan, yakni vivo. Meluncur pertama kali di negara tetangga, vivo Y02s tampil membawa desain yang lebih stylish. Membawa spesifikasi vivo Y01 dengan sejumlah peningkatan.

Bisa dibilang, vivo Y Series kini mendekati bagaimana Samsung hadirkan banyak penawaran lewat Galaxy A Series. Pasalnya, opsi perangkat yang ditawarkan cukup “lebar”, mulai dari Rp1 jutaan sampai opsi mid-range dengan dukungan jaringan 5G. Baru di atasnya ada vivo V Series yang lebih jago selfie, atau vivo T Series yang mengunggulkan performa.

Secara tampilan, vivo Y02s mirip seperti opsi 5G yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu. Desain bodinya diperbarui dengan modul kamera belakang yang dibuat besar—meski agak sedikit membuat terkecoh. Permukaan bodi belakang juga sudah gunakan lapisan khusus agar tahan goresan dan bekas sidik jari, sekaligus bisa pancarkan cahaya.

Baca juga: Harga vivo Y35 Resmi Indonesia, Rp3 Jutaan dengan 8GB + 8GB Extended RAM

Punya Dua Kamera Berbasis AI

vivo Y02s

Masih terkait desain, vivo Y02s punya bingkai flat dengan lengkungan 2.5D pada setiap sudutnya, membuat smartphone vivo terbaru ini tetap nyaman dalam genggaman. Juga sudah teruji daya tahannya, seperti tombol-tombol yang tahan dari beban hingga 7 kilogram sampai port USB yang diuji 10 ribu kali. Punya bobot 182 gram & ketebalan 8,19mm.

Beralih ke bagian depan, layar vivo Y02s masih mengusung spesifikasi sama persis dengan vivo Y01. Masih gunakan waterdrop notch, pun dengan dimensi 6,51 inci beresolusi HD+. Punya refresh rate standar, dan tanpa perlindungan ekstra seperti Gorilla Glass. Hanya ada fitur pengurangan emisi cahaya biru saja.

Baca Juga :  GoPro Hero 11 Bawa Sensor Kamera 27MP, Kini Tersedia dalam Versi Mini
vivo Y02s

Di dalam waterdrop notch tersebut, disematkan sebuah kamera 5MP f/2.2 yang didukung dengan lampu selfie untuk foto di malam hari—bukan melalui LED khusus, tetapi dengan menyalakan layar dengan cahaya putih. Sementara di belakang, hanya ada satu sensor 8MP f/2.0 saja. Sementara lingkaran yang berada di bawah bukanlah depth sensor, hanya LED flash saja.

Meski begitu, vivo sematkan sejumlah teknologi AI termasuk kemampuan ambil foto portrait pada kamera vivo Y02s, sehingga tetap bisa hasilkan efek bokeh pada latar subyek. Plus AI untuk tingkatkan tampilan wajah, mirip seperti kompetitornya.

Harga vivo Y02s di Filipina

vivo Y02s

Untuk urusan dapur pacu, chipset vivo Y02s masih gunakan MediaTek Helio P35 octa-core yang sejatinya kini sudah mulai berumur. Cip tersebut dipadukan dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Tak gunakan Android versi ringan, disematkan FuntouchOS 12 berbasis Android 12 terbaru. Sehingga lebih kaya fitur.

Untuk optimalkan performa, ada sejumlah fitur berbasis software yang diberikan ke vivo Y02s seperti MultiTurbo 5.5, sampai Ultra Game Mode untuk menghilangkan notifikasi dan maksimalkan performa hardware. Baterai vivo Y02s sendiri berkapasitas 5,000 mAh. Belum mendukung fast charging, namun setidaknya sudah pakai port USB-C.

Hadir dalam warna Vibrant Blue serta Fluorite Black, harga vivo Y02s di Filipina dibanderol PHP6,499, atau sekitar Rp1,7 jutaan. vivo Y01 sendiri kini dijual seharga Rp1,499 juta di Indonesia. Dengan desain baru dan sistem operasi lebih “lengkap”, kira-kira berapa harga vivo Y02s kalau sudah resmi hadir di Tanah Air? Kita nantikan saja ya.