Vapor Chamber di OPPO Find X5 Pro 5G Bikin Smartphone Gak Kepanasan

Jakarta, Gizmologi – Penggunaan smartphone yang cukup intensif seperti bermain game dengan grafis tinggi bisa membuat perangkat terasa panas saat digunakan. Kemudian kinerja smartphone menjadi tidak maksimal. Produsen smartphone mengakalinya dengan menerapkan teknologi pendingin Vapor Chamber.

Seperti dilakukan pada OPPO Find X5 Pro 5G dan sejumlah smartphone flagship lainnya. Dengan teknologi vapor chamber, pengguna dapat melakukan beragam aktivitas dengan nyaman tanpa perlu khawatir smartphone mengalami overheat.

Menurut Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia, tujuan utama sistem pendingin adalah melindungi ponsel dari panas berlebih tanpa harus menjadi perhatian utama. OPPO Find X5 Pro 5G tentu tidak mungkin dipasangkan kipas pendingin seperti personal computer pada umumnya.

Pemasangan sistem pendingin dalam OPPO Find X5 Pro 5G tak hanya sekadar bongkar pasang untuk menyematkan benda kecil ke dalam ponsel. Saat pemasangan sistem pendingin, setiap prosesnya didasari oleh persepsi suhu tubuh manusia.

“Kami memastikan bahwa tak ada titik panas pada bagian belakang ponsel yang dapat dirasakan oleh jari pengguna sehingga tak akan mengganggu saat menggunakan ponsel untuk kegiatan apapun,” ujarnya.

Baca juga: Review OPPO Find X5 Pro: Penyempurnaan Sebuah Flagship Premium

Teknologi Vapor Chamber di OPPO Find X5 Pro

Vapor Chamber OPPO Find X5 Pro

OPPO Find X5 Pro 5G memiliki vapor chamber atau ruang uap. Ini merupakan bagian utama dari sistem pendingin ponsel. Dari luar, bagian ini mungkin terlihat seperti lembaran logam tipis tetapi memiliki rancangan yang kompleks.

“OPPO mengembangkan full passive cooling solution untuk meredam panas tanpa menghasilkan kebisingan. Bagian pendingin ini harus ditempatkan berdekatan dengan komponen utama dan disematkan dalam sebuat slot yang dirancang secara khusus dengan ketebalan kurang dari 9mm,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tren Baru Konsumen Tokopedia, Transaksi di Indonesia Timur Meningkat Drastis

\Vapor chamber merupakan bagian yang berbentuk lubang ultra-tipis yang terbuat dari tembaga dan memiliki cairan kimia khusus. Saat panas dari komponen di bawahnya bergerak melalui bagian bawah ruang, cairan kimia ini menguap dan menyebar ke seluruh ruang. Ia akan mengembun di dinding luar dan menyebarkan panas ke permukaan yang jauh lebih besar sehingga dapat menghilangkan panas sepenuhnya.

Semakin besar vapor chamber-nya, proses pengurangan panas akan semakin baik dan efektif, terutama panas yang dihasilkan oleh prosesor utama dalam ponsel. OPPO juga telah meningkatkan ukuran vapor chamber ini 75% lebih besar dibandingkan dengan ponsel generasi sebelumnya. Selain itu, sistem pendingin dari OPPO Find X5 Pro 5G ini mampu menurunkan tingkat panas sehingga tidak mengganggu pengguna dan tetap memberikan kenyamanan bahkan saat bermain video game dengan tingkat refresh 90/120 Hz serta menjaga ponsel tetap dingin saat melakukan pengisian daya baterai.

Namun, vapor chamber ini hanyalah satu bagian dari keseluruhan sistem pendingin yang disematkan dalam ponsel ini. Pada smartphone ini juga diterapkan advanced materials engineering untuk benar-benar menghilangkan panas dari semua komponen utama.

Sistem pendingin dalam ponsel ini memiliki tugas yang sangat penting sehingga pengguna dapat bermain game, merekam video, dan menikmati tampilan layar AMOLED yang cerah tanpa perlu mengkhawatirkan panas perangkat.