Update Keamanan WhatsApp Terbaru, Bisa Keluar Grup Diam-diam

Jakarta, Gizmologi – Selain rutin gulirkan fitur tambahan supaya para penggunanya bisa semakin ekspresif, platform kirim pesan digital milik Meta, WhatsApp juga memikirkan keamanan penggunanya. Untuk itu, hadir sejumlah pembaruan keamanan WhatsApp yang tergolong cukup rutin, agar semakin nyaman gunakan platform tersebut Ketika kompetitor seperti Telegram juga semakin populer.

Ada tiga poin utama dari pembaruan keamanan WhatsApp kali ini. Sebelumnya, Meta telah membuat seluruh pengguna platform tersebut untuk lebih aman dari orang baru saat baru berkirim pesan. Yakni dengan menyembunyikan status last seen secara otomatis terhadap kontak yang belum tersimpan—meski pengguna bisa mengubahnya untuk mengizinkan mereka melihat status lewat menu pengaturan.

Lewat pembaruan keamanan WhatsApp terbaru, pengguna diberikan kendali lebih jauh terkait status online tersebut. Serta beberapa metode tambahan yang bakal berguna bagi kamu yang ingin keluar dari grup karena satu dan lain hal. Serta keamanan saat sedang mengirim sebuah gambar berisi informasi rahasia.

Baca juga: Ingat Ya! Jeda Waktu WhatsApp Hapus Pesan Salah Kirim Jadi 2 Hari

Status Online di WhatsApp Bisa Disembunyikan

update keamanan whatsapp

Lewat rilis resmi yang ditayangkan 9 Agustus lalu, WhatsApp sebutkan bila privasi merupakan bagian dari DNA perusahaan. Pihaknya bakal selalu membangun cara baru untuk melindungi obrolan pribadi antar penggunanya. Menurut mereka, privasi obrolan dalam bentuk teks harus sama dengan seperti ngobrol secara tatap muka.

Ya, seperti yang sudah kami sebutkan dalam judul, pengguna bakal bisa menikmati benefit dari update keamanan WhatsApp terbaru yakni keluar dari grup secara diam-diam. WhatsApp memahami bila ada pengguna yang ingin keluar dari grup tanpa ingin menjadi topik bahasan saat anggota lainnya melihat bila ada pengguna grup yang baru saja keluar.

Baca Juga :  Capai Pendanaan US$2,2 Juta, SkorLife Siap Hadirkan Sistem Pemantauan Skor Kredit di Indonesia

Ke depannya, hanya admin dalam sebuah grup yang mendapatkan notifikasi bila ada anggota yang keluar. Sayangnya, Gizmo friends masih harus bersabar, karena fitur ini baru akan tersedia secara bertahap ke seluruh pengguna sepanjang bulan Agustus ini. Begitu juga pembaruan keamanan WhatsApp kedua, yakni opsi untuk menentukan siapa saja yang bisa melihat status sedang online.

Meski membantu, ada kalanya pengguna ingin melakukan cek pesan tanpa diketahui orang lain. Untuk itu, status online tersebut kini bisa diubah, baik untuk semua orang atau sejumlah orang tertentu—mengikuti aturan status last seen yang sudah ditentukan pengguna.

Edukasi Terkait Keamanan WhatsApp Bakal Terus Dijalankan

voice note WhatsApp

Yang terakhir adalah pemblokiran metode ambil tangkapan layar saat sebuah foto dikirim lewat metode “View Once”. Bila pengguna mendapat kiriman foto dalam metode tersebut, foto memang hanya bisa dilihat satu kali alias tidak bisa disimpan. Tujuannya, tentu saja untuk mengamankan informasi pada foto, sekaligus menghemat memori.

Namun kali ini, WhatsApp ingin beri keamanan ekstra sehingga foto yang dilihat tak bisa diambil tangkapan layar atau screenshot—bakal dimunculkan notifikasi bila cara tersebut telah diblokir untuk alasan notifikasi. Tak seperti dua fitur baru sebelumnya, yang satu ini tidak disebutkan bakal hadir kapan ke seluruh pengguna, selain “segera”.

Selain itu, WhatsApp juga bakal teruskan sebuah kampanye untuk edukasi para penggunanya terkait fitur-fitur keamanan WhatsApp terbaru ini. Sekaligus komitmen mereka untuk terus melindungi privasi obrolan yang terjadi di dalam aplikasi tersebut.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News