Google Pixel 3 Masih Dapat Pembaruan Software, Apa yang Baru?

Jakarta, Gizmologi – Setidaknya sejak tahun 2021, vendor smartphone Android mulai mengejar “ketertinggalan” dari Apple, dengan berikan jaminan pembaruan software lebih lama dari sebelumnya. Kemewahan tersebut dulunya hanya bisa didapat dari smartphone rilisan Google saja, salah satunya termasuk Google Pixel 3 yang rilis 2018 lalu.

Samsung, misalnya, kini berani berikan jaminan setidaknya empat tahun pembaruan versi OS plus lima tahun pembaruan keamanan rutin—membuat HMD Global kehilangan sebuah diferensiasi yang dibawa lewat smartphone Nokianya. Kembali ke Google Pixel, pengguna seri Google Pixel 3 baru saja mendapat kejutan. Karena ternyata masih diberikan software update pada bulan lalu.

Hadir pada Oktober 2018, Google Pixel 3 meluncur sebagai smartphone yang unggulkan kualitas kamera. Tersedia dalam dua versi ukuran layar, baik Google Pixel 3 maupun versi XL sama-sama memiliki dua sensor kamera depan yang punya sudut pandang berbeda. Plus, benefit unggah foto unlimited ke Google Photos, tanpa menghabiskan kapasitas Drive.

Baca juga: Menepis Rumor, Google Bocorkan Sendiri Pixel 7 dan Pixel Watch Sebelum Rilis

Beri Dukungan VoLTE Roaming

google pixel 3

Informasi terkait kehadiran pembaruan software untuk Google Pixel 3 dikabarkan oleh situs Droid Life, yang kemudian dikonfirmasi oleh 9to5Google. Sebelumnya, Google janjikan pembaruan terakhir hadir di akhir tahun 2021, mengingat umurnya yang sudah mencapai tiga tahun. Kemudian pada Februari 2022, nyatanya masih mendapatkan update untuk menyelesaikan sejumlah bug.

Lalu apa yang baru lewat pembaruan versi bulan Juni 2022? Hanya satu saja, di mana pemilik Google Pixel 3 Series diberikan dukungan untuk panggilan suara VoLTE roaming. Fitur ini belum ada di software versi sebelumnya, dan mengantisipasi pengguna di beberapa negara tertentu yang operatornya mulai menghapus jaringan 3G.

Baca Juga :  Indonesia Baru Mulai 5G, Samsung Sudah Mau Geber Teknologi 6G

Dengan begitu, mereka yang masih pakai Google Pixel 3 bisa tetap menggunakannya tanpa khawatir harus merasa upgrade. Di Amerika Serikat, AT&T jadi yang paling dulu menghapus 3G awal tahun. Menyusul T-Mobile yang siap hapus di bulan ini, dan Verizon setidaknya sepanjang tahun 2022.

Ada dua versi software update berbeda untuk pengguna regional berbeda, dibedakan dari dua kode belakang; “B2” untuk Google Pixel 3 yang berjalan pada jaringan milik Telstra, Optus dan Vodafone AU, serta “C2” untuk global. Kamu bisa mendapatkan pembaruan ini secara langsung, maupun lakukan proses flash factory images dengan mengunduhnya di situs resmi Google berikut ini.

Harga Google Pixel 3 2022

Google Pixel 3

Di beberapa situs e-commerce Indonesia, harga unit bekas dari Google Pixel 3 sudah bisa banyak ditemukan mulai dari Rp2 jutaan saja. Dengan budget tersebut, kamu bisa mendapatkan sebuah smartphone kompak berlayar 5,5 inci. Punya sertifikasi IP68 dan gunakan material premium seperti Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang.

Google Pixel 3 juga sudah menjalankan Android 12, setidaknya lebih relevan dibandingkan smartphone jadul lainnya. Jalankan chipset Snapdragon 845 octa-core 10nm, kapasitas RAM-nya memang hanya 4GB. Namun dengan sistem operasi murni tanpa bloatware, performanya bisa jauh lebih terjaga.

Hanya saja, kapasitas baterainya tergolong kecil di 2,915 mAh, sudah mendukung fast charging 18W maupun wireless charging. Bila inginkan baterai lebih besar, bisa memilih Google Pixel 3 XL yang dibanderol sedikit lebih mahal. Membawa setup kamera yang sama-sama superior.