Ujicoba Twitter Notes Dimulai, Bisa Jadi Pesaing Medium

Jakarta, Gizmologi – Sebagai salah satu platform media sosial yang masih memiliki cukup banyak pengguna aktif global, Twitter baru saja luncurkan sebuah aplikasi yang pas untuk menulis lebih dari batasan karakter yang ada saat ini. Dinamakan Twitter Notes, pengguna nantinya bisa membuat tulisan sekompleks atau sepanjang postingan dalam sebuah blog.

Rumor akan kehadiran fitur seperti Twitter Notes ini sudah muncul sejak beberapa bulan lalu. Salah satu pembocor informasi ternama, Jane Manchun Wong sempat membicarakannya lewat akun Twitter resminya. Kemudian seorang periset aplikasi juga mengunggah sebuah tangkapan layar yang menunjukkan pengembangan dari Twitter Notes, awal April lalu.

Setidaknya dalam satu tahun terakhir, Twitter memang sedang mencoba hadirkan sejumlah fitur baru. Mulai dari penggunaan foto profil dengan NFT, layanan Twitter Blue, hingga subscription kepada akun kreator favorit kita. Sayangnya, dua fitur terakhir masih belum tersedia untuk pengguna di Indonesia.

Baca juga: Twitter Didenda Rp2,1 triliun Akibat Pelanggaran Privasi Pengguna

Tulisan di Twitter Notes Bisa Diakses dari Luar Aplikasi

Twitter Notes

Sedikit flashback ke masa-masa awal Twitter populer, penggunanya hanya bisa mengunggah pendapat atau apa saja sebatas 140 karakter saja. Baru di tahun 2017, batas tersebut ditingkatkan dua kali lipat mencapai 280 karakter, tidak termasuk username maupun alamat link yang disertakan. Alternatif paling populer untuk penulisan Panjang saat ini adalah dengan membuat utas alias thread, yakni tweet yang saling bersambung atau berseri.

Kehadiran Twitter Notes seolah integrasikan cara menulis selayaknya di platform seperti WordPress maupun Medium. Tanpa batasan huruf, tulisan yang dibuat dari Twitter Notes bisa diberikan link, gambar, video dan lainnya. Menariknya, warganet bisa mengakses tulisan yang dibuat dengan Twitter Notes baik dari aplikasi maupun luar aplikasi.

Baca Juga :  Minat Pemodal Danai Startup Kripto dan Proyek Blockchain Diklaim Masih Tinggi

Untuk saat ini, Twitter Notes baru digulirkan ke sejumlah penggunanya di Amerika Serikat, Kanada, Ghana dan Inggris. Contoh artikel yang sudah dibuat menggunakan Twitter Notes bisa kamu akses berikut ini. Bila sudah mendapatkan fitur satu ini, bakal ada opsi tab “Write” baru. Sementara tab Notes tampilkan semua tulisan yang sudah kita buat.

Kembangkan Tim Khusus Untuk Fasilitasi Penulis

Twitter Notes

Ada cukup banyak potensi yang bisa dibawa lewat fitur Twitter Notes. Bagi mereka yang ingin bercerita atau lainnya, namun tak ingin memiliki blog sendiri, tentu bakal jadi dipermudah, mengingat artikel tetap bisa dibagikan ke luar Twitter, dan otomatis tampilkan username dan nama pengguna di Twitter.

Juga solusi untuk kamu yang mungkin kebingungan dalam membuat utas, merasa cukup melelahkan karena harus memecah cerita atau apa yang ingin disampaikan dalam potongan 280 karakter. Bersamaan dengan uji coba fitur Twitter Notes, perusahaan asal San Francisco tersebut juga membentuk tim baru Bernama Twitter Write, didedikasikan khusus untuk pengembangan metode menulis baru kali ini.

Ke depannya, Twitter Write bakal berusaha untuk tingkatkan pengalaman penggunaan para penulis di platform media sosialnya. Dikutip dari TechCrunch, selain jurnalis, yang dianggap penulis oleh pihak resmi juga termasuk komedian, kreator konten, penyair, pelukis skenario dan lainnya.