Twitter Ujicoba CoTweets, Ajak Dua Pengguna Kirim Tweet Bersama

Jakarta, Gizmologi – Supaya penggunanya tetap tertarik untuk menggunakan sebuah platform media sosial, perlu dihadirkan pengembangan yang rutin termasuk kemudahan menggunakannya. Salah satu yang cukup rajin adalah Twitter. Setelah kemarin resmikan Twitter Circle, kini giliran CoTweets, mungkinkan dua pengguna tergabung dalam sebuah tweet.

Twitter memang cukup sering untuk hadirkan pengetesan alias uji coba fitur baru. Alih-alih dijajal secara internal, sejumlah pengguna di sejumlah negara diberikan kesempatan untuk mencobanya. Dengan harapan, bisa mendapatkan feedback atau usulan langsung dari pengguna—baik yang mencoba dan mereka yang melihat fitur tersebut digunakan. Bila menarik, lanjut sampai diresmikan seperti Twitter Circle.

Baca juga: Fitur Twitter Circle Mulai Digulirkan, Mirip Close Friends di Instagram

Begitu pula dengan fitur Twitter CoTweets. Dari halaman resmi Twitter Help Center, memang disebutkan kalau fitur ini masih dalam tahap pengujian. Bahkan di bagian atas halaman, tertulis kalau Twitter mungkin akan mematikan fitur ini dan menghapus semua cuitan yang dikirim dengan CoTweets di akhir eksperimen. Lantas apa fungsinya fitur ini?

Twitter CoTweets Mirip Fitur di Instagram

Twitter CoTweets

Bila Gizmo friends cukup sering akses Instagram akhir-akhir ini, pasti familiar dengan metode unggah Twitter CoTweets. Di Instagram, kini sudah ada opsi kolaborasi di mana sebuah postingan konten bisa memiliki dua username di atasnya, alih-alih hanya sekadar lewat mention atau tag. Dengan begitu, satu konten tersebut bakal muncul di feed dua akun tersebut.

Sama dengan CoTweets, satu cuitan yang berhasil diunggah akan munculkan dua nama username di bagian atasnya. Sejumlah akun terpilih di Amerika Serikat, Kanada dan Korea telah mendapatkan akses fitur ini lebih dulu. Dan cara menggunakannya pun relatif mudah.

Baca Juga :  Lebaran dengan Gadget realme, Tetap Asik Meski Nggak Mudik

Ketika hendak mengunggah sebuah tweet, kamu bisa kirimkan sebuah undangan CoTweets ke akun lain (satu tweet hanya bisa membawa dua username saja). Bila undangan diterima, otomatis kolaborasi akan muncul. Sang penerima undangan pun dapat menolaknya. Bahkan menghapus status kolaborasi setelah tweet sudah terkirim, sehingga tweet tersebut akan berbentuk seperti semua dengan satu username saja.

Dukung Kolaborasi Antar Pengguna

Twitter CoTweets

“Kami terus mencari cara baru bagi orang-orang untuk berkolaborasi di Twitter,” kata perwakilan resmi pihak Twitter, dikutip dari situs TechCrunch. Proses uji coba ini hadir untuk mempelajari bagaimana para pengguna memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan. Seperti menjangkau pengikut baru, atau kolaborasi antar akun. Baik akun personal sampai yang lebih formal seperti akun brand tertentu.

Sama seperti Twitter Circle, fitur CoTweets pun sejatinya pertama kali berhasil ditemukan sejak akhir 2021. Yakni oleh seorang pengembang aplikasi mobile, Alessandro Paluzzi, yang lewat sebuah tweet mengatakan kalau ia menemukan metode untuk melakukan kolaborasi dua akun ke dalam sebuah tweet.

Tentunya, fitur CoTweets bisa dimanfaatkan dalam beragam cara. Seperti kerja sama antara influencer dengan sebuah brand, atau media dan lainnya. Bisa juga lembaga organisasi non-profit yang ingin menyuarakan opini atau informasi tertentu agar tweet tersebut bisa ditemukan oleh lebih banyak orang.