Twitter Spaces Kehadiran Konten Podcast, Otomatis Ikuti Selera Pengguna

Jakarta, Gizmologi – Platform media sosial Twitter memang sudah sangat jauh berkembang, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Selain bisa berkicau lewat 280 karakter, kini sudah ada opsi untuk membuat thread, sampai mengadakan obrolan suara lewat Twitter Spaces. Kabar terbaru, konten podcast juga bakal hadir di Twitter.

Kehadiran jenis konten tersebut ke Twitter memang tak bisa dibilang mengagetkan. Di masa sekarang ini, semakin banyak kreator konten podcast baik yang hanya memunculkan suara saja, atau dengan audio seperti Deddy Corbuzier, misalnya. Dibandingkan konten seperti vlog, podcast lebih digemari karena dapat “diikuti” sembari melakukan aktivitas lainnya, tidak harus dengan fokus pandangan dan pendengaran sekaligus.

Baca juga: Twitter Amankan Bug Keamanan Penting, Bocorkan Data 5,4 Juta Pengguna

Apakah konten podcast bakal muncul di timeline Twitter? Tidak begitu. Pada tahap utama, pengguna bisa mengakses sejumlah podcast favorit yang relevan di dalam tab Twitter Spaces. Di mana nantinya bakal menjadi sumber untuk berbagai jenis konten audio, menjadi rumah obrolan atau diskusi lebih jauh/panjang.

Twitter Spaces Kembangkan Peluang Kreator Audio

Twitter Spaces - Podcast

Hadirnya konten podcast pada Twitter Spaces bukanlah tanpa alasan. Menurut hasil riset internal Twitter, setidaknya ada 45% pengguna Twitter di Amerika Serikat yang secara rutin mendengarkan podcast tiap bulannya. Membuat platform asal San Francisco tersebut mencoba mencari peluang lebih jauh untuk mengintegrasikan jenis konten tersebut.

Sehingga mulai Kamis (25/8) kemarin, Twitter mengintegrasikan podcast ke dalam twitter Spaces—lebih tepatnya pada tab khusus yang bisa pengguna akses dari smartphone mereka. Dalam menu Twitter Spaces alias Space Tab, tampilannya bakal diubah menjadi sebuah penghubung pengguna ke dua jenis konten audio tersebut. Serta dalam grup konten berbeda berdasarkan tema, seperti berita, musik, olahraga dan lainnya.

Baca Juga :  Open Doors, Platform Ngobrol Besutan Truecaller yang Diklaim Aman

Nantinya bakal diberikan saran obrolan Twitter Spaces yang relevan, baik yang sedang berlangsung maupun yang sudah terekam sebelumnya. Bagaimana dengan podcast? Ketika seorang pengguna condong berinteraksi dengan konten milik Vox, maka nanti podcast dari media tersebut bakal muncul di menu Spaces Tab pengguna tersebut.

Kuncinya adalah semakin sering mengakses podcast di Twitter (serta memberikan thumbs up/down), konten podcast yang tampil bakal semakin relevan. Belum dijelaskan lebih lanjut ada berapa penyedia konten podcast yang sudah dibawa ke Twitter saat ini.

Baru Hadir di Amerika Serikat

Twitter Spaces

Ingin mencoba mendengarkan podcast dari Twitter Spaces? Sayangnya, kita harus sabar lebih dulu. Karena fitur ini baru muncul ke sejumlah pengguna dengan aplikasi Android maupun iOS, dan menggunakan bahasa utama yakni bahasa Inggris. Twitter masih ingin mendapatkan masukan dari sejumlah kelompok lebih dulu, sebelum menggulirkan konten ini ke lebih banyak pengguna.

Konten podcast bukanlah konten jenis berbeda pertama yang diintegrasikan oleh Twitter. Sebelumnya, bocoran terkait munculnya metode baru untuk menulis, sudah sempat ramai diperbincangkan. Di mana sedang ada uji coba internal terkait membuat artikel panjang selayaknya menulis di platform digital Medium.

Kemunculan podcast di Twitter Spaces juga sempat ditemukan lebih dulu oleh Alessandro Paluzzi. Saat itu, ia mengunggah gambar terkait halaman awal Twitter Spaces yang memberitahukan bila ada jenis konten baru. Bakal ada “stations” yang hadir sebagai koleksi konten audio relevan untuk para penggunanya.