Tengah Dipatenkan, Apple Watch Akan Memiliki Touch ID

Apple dikabarkan telah mendaftarkan paten untuk teknologi Touch ID pada perangkat smartwatch-nya, Apple Watch. Kira-kira teknologi ini akan bekerja seperti apa sih?

Ya, berdasarkan informasi yang diterbitkan Badan Paten di Amerika Serikat, ternyata Apple telah mendaftarkan paten tersebut sejak 5 Juli 2022 dengan judul “Electronic device having sealed button biometric sensing system”. Adapun pengajuan patennya tersebut mengenai metode pemasangan sensor sidik jari di dalam jam tangan pintar.

Selain menjelaskan aspek teknis dan berbagai cara untuk mewujudkannya, Apple juga menjelaskan beberapa skenario untuk penggunaan teknologi yang dipatenkan tersebut. Misalnya, pada skema terlampir di bawah ini, menunjukkan bahwa tombol samping identik dengan tombol Touch ID yang ada di iPad Air.

Touch ID Apple Watch

Apple Watch memang memiliki ruang yang cukup di samping untuk membuat tombol sebesar itu, jadi ide yang diajukan Apple terkesan tidak aneh. Selain berfungsi sebagai tombol power, dengan mengetuknya akan menjadi cara otentifikasi biometrik berbagai fungsi.

Yang menarik, pendaftaran paten tersebut memberikan gambaran penempatan sensor sidik jari di dalam tombol crown yang bisa diputar. Sedangkan pada bagian statis di tengah memiliki sensor Touch ID yang tersembuyi di balik permukannya yang datar.

Paten tersebut juga mengungkapkan sensor sidik jari di dalam layar, sebuah solusi umum yang ada pada ponsel Android.

“Layar juga bisa menyediakan permukaan input untuk satu atau lebih pada perangkat. Misalnya, perangkat penginderaan sentuh dan/atau sensor sidik jari,” demikian bunyi pengajuan paten tersebut.

Manfaat Touch ID di Apple Watch

Pernyatannya: untuk apa sih teknologi Touch ID pada Apple Watch? Sensor sidik jari pada perangkat tersebut bukan ahnya untuk membuka kunci perangkat saja, tetapi juga mengotorisasi transaksi, mengirimkan perangkatan, hingga mengaktifkan aplikasi yang sedang berjalan di perangkat lain.

Baca Juga :  Spesifikasi & Harga Vivo X Fold: dengan Snapdragon 8 Gen 1
Apple Watch Series 6

Seperti diketahui, Apple Watch mampu melakukan banyak fungsi yang mengesankan, seperti elektrokardiogram, mengukur tingkat saturasi oksigen darah, hingga melakukan pembayaran. Dengan banyaknya infomasi sensitif yang tersimpan di dalamnya, tentu perlu keamanan tingkat tinggi.

Baca juga: Tips Memperpanjang Masa Pakai Baterai Apple Watch

Nah, melihat fungsi-fungsi tersebut, tampaknya Apple merasa perlu bertanggung jawab untuk keamanan penggunana. Pada situasi ini, tentu saja keamanan biometrik menjadi salah satu cara yang tepat.