START Summit 2022, Langkah Tokopedia Atasi Defisit Talenta Digital

Jakarta, Gizmologi – Perusahaan e-commerce Tokopedia kembali menggelar START Summit 2022. Konferensi tahunan ini kembali dibuka untuk mengatasi defisit talenta digital di Indonesia yang masih jauh dari cukup.

Konferensi teknologi Tokopedia START Summit akan digelar pada Sabtu 16 Juli 2022 dan terbuka untuk umum. Konferensi bertemakan “Driving Innovation at Scale” ini dapat diakses daring melalui kanal video streaming Tokopedia Play, Official YouTube Tokopedia dan Inside Tokopedia, serta laman Tokopedia Academy.

“Lewat konferensi ini, Tokopedia akan berbagi cerita dan pengalaman mendorong inovasi dalam skala besar untuk menjawab berbagai tantangan, khususnya pandemi,” kata Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison dalam jumpa pers daring, Jumat (15/7/2022).

START Summit 2022 akan membahas berbagai topik terkait teknologi, seperti monitoring antarmuka pemrograman aplikasi atau API, machine learning, deteksi fraud hingga anatomi sistem search engine. Di mana puluhan pembicara ahli termasuk Leontinus, CTO Tokopedia Herman Widjaja, COO Tokopedia Melissa Siska Juminto, SVP of Data Protection and Privacy Office Tokopedia Leny Suwardi, akan memaparkan cerita di balik inovasi Tokopedia.

“Kami percaya, dibutuhkan talenta terbaik untuk menciptakan produk dan layanan terbaik, yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat, maka Tokopedia fokus mengembangkan talenta digital melalui berbagai upaya, salah satunya START Summit,” kata Leontinus.

START Summit 2022 Wadah untuk Talenta Digital di Indonesia

Menurut data riset McKinsey dan Bank Dunia memperkirakan bahwa Indonesia kekurangan sembilan juta pekerja digital hingga 2030. Ini artinya, ada kebutuhan 600 ribu pegiat digital per tahun, padahal komitmen pemerintah memiliki target untuk bisa memiliki lebih dari 113 juta talenta digital pada tahun 2030.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan inovasi teknologi yang dinamis dan tiada henti harus dibarengi dengan ketersediaan talenta digital kompeten. Oleh karena itu, ia mengajak, masyarakat yang ingin bergabung bisa mendaftar secara gratis.

Baca Juga :  Meta Indonesia Gelar Kompetisi Bagi Konten Kreator Spark AR

“Sebenarnya, aset yang paling penting adalah sumber daya manusianya, talenta digital di balik itu. Mereka lah yang mendorong inovasi untuk digulirkan dan dikembangkan,” ujarnya.

Perlu diketahui, START Summit merupakan bagian dari Tokopedia Academy. Program yang dirilis pada 2019 ini adalah wadah untuk mengedukasi calon talenta digital lokal dengan berbagai acara, seperti bootcamp hingga workshop.

“Itu sebabnya, berbagai program pengembangan termasuk START Summit esok bisa menjadi wadah baik untuk tingkatkan kapabilitas dan mendorong talenta kita untuk ikut menyelesaikan practical problem yang ada,” imbuhnya.

Tokopedia Academy telah menyelenggarakan sederet program lainnya, seperti START Women in Tech; START CX First Summit; hingga Tokopedia Goes to Campus dan masih banyak lagi. Selain itu, Tokopedia Academy juga bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui SIBERKREASI, mengadakan Tokopedia NextGen.

Ada pula program Magang Bersertifikat dan Hackathon DevCamp berkolaborasi dengan Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek. START Summit bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas talenta digital Indonesia serta memajukan industri teknologi nasional agar semakin mampu bersaing di kancah global.