TikTok Follow Me, Program Singkat untuk Bantu Bisnis UMKM

Jakarta, Gizmologi – Platform berbagi video, TikTok memperkenalkan program “Follow Me”. Sebuah program yang bertujuan untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) di Asia memanfaatkan platform digital demi mendorong kesuksesan bisnis.

Program yang berdurasi selama enam minggu ini akan dimulai pada akhir Juni hingga awal Agustus. Adapun program Follow Me akan membekali UKM dengan informasi, tips, dan wawasan dari sesama pengguna di dalam platform mengenai perjalanan bisnis mereka di TikTok.

“Program Follow Me akan membekali UKM dengan pengetahuan dan pemahaman yang mereka butuhkan untuk digunakan secara efektif sebagai daya ungkit maksimal pertumbuhan bisnisnya,” kata Kepala UKM di TikTok Asia Pasifik, Esme Lean dalam keterangannya, Minggu (3/7/2022).

Nantinya, pelaku usaha dipandu agar bisa menuangkan cerita ke dalam video dan membangun komunitas di platform tersebut. Termasuk membangun ekosistem kreator dan komunitas yang berlapis dan masif di dalam platform, program ini akan membantu UKM untuk bertemu dengan konsumennya.

Seperti pengguna atau komunitas di TikTok yang menemukan brand baru dan menginformasikan brand tersebut kepada orang lain. Informasi yang akan diberikan melalui program ini antara lain panduan atau tutorial dari UKM yang berada di wilayah Asia yang bergerak di bidang kesehatan, kecantikan, fesyen, kuliner dan kebugaran.

Baca Juga: Platform Streaming Musik & TikTok Bantu Populerkan Lagu Musisi

TikTok Follow Me Bantu UMKM Berkembang

TikTok Follow Me

Selama program ini, TikTok membuat laman pembuka (splash page) supaya pelaku UKM bisa menemukan kategori pembelajaran yang mereka ingin ikuti. UKM juga akan diperkenalkan kepada akun bisns di TikTok dan bagaimana cara membuatnya, cara menggunakan fitur manajer iklan (ads manager) dan promosi.

Baca Juga :  Galaxy Racer Ekspansi ke Pasar Indonesia, Siap Gelar Turnamen Esports!

“Media sosial diyakini bisa membantu UKM menemukan pelanggan baru. Sementara bagi konsumen, media sosial menjadi sarana menemukan merk baru dan menginformasikannya kepada orang lain.”

Selain itu, TikTok juga akan mengirimkan serangkaian materi pembelajaran selama 6 minggu yang berisi panduan praktik terbaik untuk memulai kampanye pertama mereka di TikTok sekaligus mengintegrasikan kisah brand mereka ke dalam konten video.

Para pemilik UKM juga disuguhkan dengan manfaat lainnya seperti informasi untuk menyiapkan Akun Bisnis gratis, akses menuju Creative Centre untuk menemukan inspirasi konten, serta wawasan mengenai bagaimana fitur Ads Manager dan Promotion di TikTok dapat dimanfaatkan untuk memperkuat hasil kampanye.