Telkomsel Perkenalkan TAP-MNV, Solusi OTP untuk Pelanggan Korporasi

Jakarta, Gizmologi – Telkomsel memperkenalkan platform verifikasi mobile Telkomsel Authentication Protection (TAP-MNV) untuk meningkatkan keamanan informasi data pengguna. Layanan ini diklaim bisa memangkas proses input password, one time password (OTP), atau PIN bagi pelanggan korporasi maupun lembaga pemerintah.

Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo mengatakan, TAP ditujukan kepada pengguna ekosistem digital yang kerap kesulitan untuk memasukkan Kode OTP verifikasi pembayaran maupun akses masuk aplikasi. Layanan ini memungkinkan pengguna melakukan autentikasi menggunakan URL yang diverifikasi melalui nomor telepon (MSISDN) dengan memanfaatkan jaringan operator selular secara real-time.

“Melalui solusi keamanan digital TAP-MNV, Telkomsel berupaya untuk membangun metode pengamanan yang lebih baik dibandingkan metode One Time Password (OTP) yang saat ini banyak diterapkan oleh perusahaan di Indonesia,” jelas Hanang dalam acara peluncuran Telkomsel TAP-MNV, Selasa (28/6/2022).

Nantinya validasi URL dilakukan dengan mencocokan perangkat pengguna, sehingga TAP-MNV akan menghilangkan faktor interaksi oleh pengguna untuk keamanan yang lebih baik. Singkatnya, platform ini membuat pengguna ekosistem digital tak usah memasukkan PIN atau password otentifikasi yang biasanya dikirimkan via SMS, WhatsApp maupun panggilan seluler.

Proses Validasi Telkomsel TAP-MNV

Proses Validasi URL ini juga tidak terbatas hanya pada jaringan Telkomsel saja. Bahkan pengguna bisa melakukan autentifikasi dengan menggunakan Wi-Fi atau bahkan operator selain Telkomsel.

“Kami mengurangi proses yang harus dilakukan pengguna. Misal, OTP lewat SMS itu kan penuh celah. Pengguna harus menunggu OTP masuk dulu, lalu mengecek nomornya, baru dimasukkan ke aplikasi atau layanan yang dituju. Proses ini yang kami hilangkan, jadi semuanya lebih seamless namun lebih aman,” paparnya.

Adapun layanan TAP-MNV ini baru tersedia untuk pelanggan Telkomsel Enterprise, yang terdiri dari Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM), korporasi, lembaga pemerintah, dan bukan konsumer individu. Meski demikian, kata Hanun, TAP bisa menghapus sistem verifikasi dua langkah, yang selama ini masih berisiko diretas oleh penjahat siber.

Baca Juga :  Optik SATURDAYS Dapatkan Pendanaan Seri A, Siap Ekspansi ke Seluruh Indonesia

Baca Juga: Tsurvey.id, Platform Riset Buatan Telkomsel Bisa Bantu Pengusaha Ambil Keputusan Bisnis

“Yang membedakan dengan otentikasi biasa, kami ini passwordless. Prosesnya jadi lebih cepat dan nyaman,” pungkas Hanang.

Platform keamanan digital yang dihadirkan Telkomsel TAP-MNV akan diimplementasikan dengan PT Benefit Vantage Limited sebagai perusahaan konsultan IT. Nantinya, Benevit Vantage Limited akan memanfaatan solusi digital MNV untuk meningkatkan keamanan data informasi digital di operasional bisnisnya, sehingga perusahaan dapat lebih mengoptimalkan dan fokus pada pengembangan bisnis ke depannya.

“Melalui kolaborasi ini, kami bersama Telkomsel akan membuka peluang lebih luas bagi seluruh pelanggan, umumnya masyarakat Indonesia untuk mendapatkan solusi verifikasi pengguna dan akses otentikasi seluler yang lebih aman,” tandas Stefan Kostic, Chief Executive Officer PT Benefit Vantage Limited.