Telkomsel Matikan Jaringan 3G di 143 Kota dan Kabupaten

Jakarta, Gizmologi – Operator Telkomsel secara bertahap mulai mengalihkan jaringan 3G ke 4G/LTE di sejumlah kota mulai Juli ini. Adapun wilayah yang terkena pemadaman jaringan 3G Telkomsel pada jadwal itu, meliputi beberapa kota/kabupaten di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali – Nusa Tenggara, serta Maluku – Papua.

Per 20 Juli 2022, setidaknya terdapat 143 kota/kabupaten yang tidak lagi bisa bisa mengakses jaringan 3G Telkomsel. Setelah dimatikan, pelanggan yang berada di wilayah tersebut tak bakal bisa lagi untuk mengakses jaringan 3G Telkomsel.

“Program upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE dilakukan secara berkala dengan tetap mengedepankan kenyamanan pelanggan,” kata Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, dalam siaran persnya, Jumat (22/7/2022).

Ragam bentuk sosialisasi terkait program suntik mati 3G secara intensif disampaikan kepada pelanggan yang berada di target wilayah. Dalam rangka migrasi 4G, pelanggan diimbau untuk segera upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G.

“Kami berharap proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE dan percepatan migrasi pelanggan dapat membuka peluang lebih luas bagi masyarakat sampai pelosok negeri dalam mengoptimalkan berbagai potensi diri untuk berkembang dan maju, melalui pemanfaatan teknologi akses broadband berteknologi digital terdepan dari Telkomsel,” jelasnya.

Migrasi Jaringan 3G

Adapun migrasi ke 4G tahap pertama telah berlangsung selama periode Maret-Mei di 86 kota dan kabupaten, sementara tahap kedua selesai pada Juni di 91 kota dan kabupaten. Hingga migrasi kedua, operator seluler tersebut menemukan peningkatan jumlah pelanggan yang migrasi ke uSIM 4G yaitu 500.000 pelanggan per bulan.

Selama migrasi, mereka memberikan layanan beralih ke 4G secara dalam jaringan dan luar jaringan dan promosi paket kuota data. Secara online, Telkomsel menyediakan toko resmi di sejumlah lokapasar untuk konsumen mengganti atau menukarkan kartu non-4G ke uSIM 4G, antara lain melalui Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan JD.ID.

Baca Juga :  Kebocoran Data SIM Card, Kominfo Keluhkan Hacker yang Dianggap Pahlawan

Penggantian atau penukaran kartu juga bisa dilakukan di situs resmi GraPARI. Kartu uSIM 4G akan dikirim ke alamat tujuan. Ada pun syarat-syarat penggantian kartu bisa ditanyakan melalui aplikasi MyTelkomsel atau akun media sosial resmi Telkomsel.

Sementara untuk layanan offline, konsumen bisa mengunjungi gerai GraPARI dan pastikan data registrasi uSIM sudah sesuai. Telkomsel menyarankan konsumen mengecek ketersediaan jaringan 4G di wilayah mereka sebelum menukar kartu ke uSIM 4G, yaitu dengan menghubungi 88847#.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News