Capai 700 Juta Pengguna, Telegram Premium Diresmikan dengan Biaya Rp79 Ribuan

Jakarta, Gizmologi – Setelah rencananya diumumkan beberapa waktu lalu, akhirnya Telegram secara resmi hadirkan opsi berlangganan Telegram Premium bulanan. Resminya fitur tersebut juga menandai tercapainya jumlah pengguna aktif bulanan, yang kini sudah mencapai lebih dari 700 juta orang pada akhir semester pertama 2022.

Selain itu, Telegram kini juga telah menjadi satu dari lima aplikasi yang paling banyak diunduh tahun ini—meski tak disebutkan apakah ini diakumulasi dari kedua toko aplikasi Google dan Apple, kategori tertentu maupun lainnya. Namun yang cukup bisa dibanggakan, perkembangan jumlah pengguna ini terjadi tanpa usaha memasang iklan berbayar sama sekali.

Dikutip dari laman blog resminya, hadirnya Telegram Premium merupakan perwujudan dari keinginan para penggunanya, serta agar perusahaan tetap bisa berkembang maupun bertahan tanpa harus dari pengiklan. Dengan begitu, pendapatannya diraih langsung oleh pengguna, terutama mereka yang ingin mendapatkan fitur ekstra atau menjajal fitur baru lebih dulu dari pengguna biasa.

Baca juga: ChatFoto Besutan Fujifilm dan DMMX Permudah Edit dan Cetak Foto Via WhatsApp

Benefit Berlangganan Telegram Premium Cukup Banyak

Telegram Premium

Bila Gizmo friends ingin berlangganan Telegram Premium, pastikan sudah memperbarui versi aplikasi lebih dulu. Dalam pemantauan kami, baru versi iOS saja yang muncul opsinya, bisa ditemukan di dalam menu Settings. Sementara untuk harga Telegram Premium, dibanderol Rp79 ribu per bulan. Tidak ada opsi untuk membayar dalam setahun penuh maupun promo lainnya, setidaknya saat ini.

Beberapa benefit dari berlangganan Telegram Premium sudah disampaikan beberapa waktu lalu. Pengguna bisa mengunggah file berjenis apa pun hingga kapasitas 4GB, kecepatan download lebih kencang, stiker dan opsi reaction lebih banyak serta chat management tambahan untuk opsi sortir yang lebih baik. Limit yang ada bagi pengguna gratisan, juga dilipatgandakan.

Baca Juga :  Amazfit Bip 3 Punya Sensor SpO2 dan GPS, Smartwatch Harga Terjangkau

Dengan kata lain, pelanggan Telegram Premium bisa bergabung ke 1000 channel, membuat 20 folder chat, login empat akun sekaligus dalam satu aplikasi, punya 10 stiker favorit, sampai bio hingga 140 karakter dengan link. Foto profil pun juga bisa dibuat bergerak layaknya animasi video singkat, plus ada tanda bintang khusus seperti logo verifikasi Twitter.

Dalam tampilan obrolan, juga ada opsi voice-to-text alias mendengarkan pesan teks dalam bentuk suara otomatis—masih dalam percobaan, jadi pengguna bakal bisa berikan rating pembacaan sebagai input untuk pihak Telegram. Pengguna Telegram Premium juga terbebas dari iklan di channel umum, serta diberikan opsi mengubah logo aplikasi khusus.

Juga Terus Gulirkan Fitur Baru Untuk Semua Pengguna

Fitur Telegram Android

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagi kamu yang tidak berlangganan Telegram Premium, tidak ada perubahan sama sekali alias pengguna gratisan terus diutamakan. Plus, digulirkan beragam fitur baru seperti opsi join request pada grup publik, lencana verifikasi untuk akun resmi, serta cara baru untuk mengintip obrolan tanpa membuat chat jadi terbaca untuk pengguna Android.

Masih untuk pengguna Android, tersedia opsi untuk otomatis menyimpan media dan bisa diatur apakah hanya dari obrolan pribadi, atau termasuk lainnya seperti media grup dan channel. Kualitas perekaman video dan audio juga ditingkatkan. Dan untuk pengguna iPhone dan iPad, Telegram kini mendukung animasi 120fps untuk transisi lebih halus.

Pembaruan ini digulirkan secara berkala, dan tidak untuk pengguna Telegram Premium saja. Dengan seluruh benefit yang diberikan, apakah Gizmo friends berminat untuk berlangganan Telegram Premium?