Susul PayPal, Kominfo Buka Blokir Situs Game Origin

Jakarta, Gizmologi – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi mengumumkan akses situs game Origin telah dibuka per 3 Agustus pukul 14.00. Kabar tersebut diumumkan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam sebuah keterangan tertulis di laman resmi Kominfo.

“Menyampaikan bahwa penyelenggara sistem Electronic Ars telah mendaftarkan Sistem Elektronik Origin.com,” kata pria yang akrab disapa sammy.

Origin masuk ke daftar PSE yang aksesnya dibuka kembali setelah mereka mendaftar sebagai PSE di Indonesia. Kominfo sudah lebih dulu membuka blokir Yahoo, Steam, Dota dan Counter-Strike GO setelah perusahaan mendaftar.

Layanan PayPal juga sudah kembali normal setelah mereka mendaftar, semula Kominfo berencana membuka sementara PayPal sampai 5 Agustus supaya masyarakat bisa memindahkan dananya. Nama Origin dan PayPal sudah masuk ke laman PSE Kominfo, tercatat per 3 Agustus.

Dengan demikian, para gamer bisa kembali mengunduh, membeli, dan memainkan semua game yang ada di Origin EA, seperti The Sims 4, FIFA 22, It Take Two, dan Star Wars Jedi: Fallen Order. Hingga saat ini, salah satu platform penyedia gim yakni Epic Games terpantau belum terdaftar di PSE Kominfo. Belum ada informasi terkait hal ini.

Baca Juga: Kominfo Bisa Tetap Blokir PSE Terdaftar Jika Terbukti Melanggar Aturan

Kominfo akan Buka Blokir Jika Sudah Terdaftar PSE

Buka Blokir

Kementerian Kominfo mewajibkan penyelenggara sistem elektronik domestik dan asing untuk mendaftar, sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat. Kepada PSE yang sudah beroperasi di Indonesia, pemerintah memberikan tenggat waktu sampai 20 Juli supaya layanan mereka tetap bisa digunakan.

Bagi yang tidak mendaftar, Kominfo memberikan sanksi berupa pemutusan akses atau blokir seperti yang terjadi pada Origin, Yahoo, PayPal, Steam, Dota dan Counter-Strike GO beberapa hari lalu. Blokir akan dibuka jika perusahaan sudah mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di Indonesia.

Baca Juga :  Lolos TKDN, OPPO A77s Segera Hadir di Indonesia

Sementara bagi PSE yang akan beroperasi di Indonesia, Kementerian Kominfo meminta mereka untuk mendaftar sebagai PSE sebelum membuka layanan mereka. Berkaitan dengan pendaftaran PSE, Kominfo memblokir 15 situs yang tergolong perjudian online setelah melalui evaluasi, mereka sebelumnya sempat terdaftar sebagai PSE.

Platform atau sistem elektronik yang diblokir adalah Domino Qiu Qiu, Topfun, Pop Domino, MVP Domino, Pop Poker, Let’s Domino Gaple QiuQiu Poker Game Online, Steve Domino QiuQiu Poker Slots Game Online, Higgs Slot Domino Gaple QiuQiu, Ludo Dream, Domino QiuQiu 99 Boyaa QQ KIU, Domino Gaple Boya QiuQiu Capsa, Poker Texas Boyaa, Poker Pro.id, Pop Big2, dan Pop Gaple.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News