Surface Laptop Go 2 Bawa Perubahan Minor, Harga Tetap yang Termurah

Jakarta, Gizmologi – Meski sudah tidak memproduksi smartphone lagi, vendor yang umumnya lebih kuat dalam produksi software yakni Microsoft tetap secara rutin rilis perangkat PC baru. Kali ini, giliran Surface Laptop Go 2 yang hadir sebagai penyempurnaan, sebagai laptop Windows 11 terjangkau yang stylish.

Generasi pertama dari Surface Laptop Go sendiri dihadirkan di awal-awal masa pandemi. Saat itu, Microsoft tak ingin melewatkan momen di mana semua masyarakat membutuhkan PC terjangkau untuk sekolah maupun bekerja secara daring dari rumah. Maka dibuatlah laptop Windows satu ini sebagai versi sederhana dari Surface Laptop yang kini sudah masuk ke generasi ke-empat, selain dari versi laptop khusus pelajar.

Menurut Pete Kyriacou, CVP, Microsoft Devices, hadirnya Surface Laptop Go 2 bakal pas untuk konsumen yang inginkan pengalaman menggunakan premium PC yang dibawa semua lini Surface ke segmen harga lebih terjangkau. “Ini selalu menjadi tujuan dari hadirnya seri Surface Laptop Go, dan produk ini menjadi semakin baik,” tambahnya.

Baca juga: Microsoft Surface Laptop SE, Laptop Khusus Pelajar dengan Baterai Hingga 16 Jam!

Webcam Lebih Baik, Pas Untuk Meeting Virtual

Surface Laptop Go 2

Secara tampilan, desain Surface Laptop Go 2 masih sama seperti yang sudah dirilis dua tahun lalu. Tetap menjadi yang paling tipis dan ringan, memiliki bobot kisaran 1,1 kilogram saja. Sebagai pembeda, konsumen bisa memilih opsi warna baru yakni Sage yang terlihat sedikit kehijauan. Menambah opsi warna dari tiga pilihan yang sudah ada sebelumnya.

Laptop stylish terjangkau sati ini memiliki layar 12,4 inci yang bisa dibuka dengan satu tangan. Menggunakan rasio 3:2, resolusinya dibuat cukup tinggi dengan teknologi PixelSense, alias juga mendukung input sentuh. Ada beberapa hal yang ditingkatkan pada bagian ini, termasuk kamera webcam HD yang kualitasnya lebih baik.

Baca Juga :  ASUS ExpertBook B3000 Detachable Siap Hadir Resmi, Pertama dengan Snapdragon 7c Gen 2

Surface Laptop Go 2

Dipasangkan dengan dua mikrofon Studio Mics, Surface Laptop Go 2 bakal cocok digunakan untuk rapat virtual. Keyboard-nya diklaim punya travel key 30% lebih banyak dari MacBook Air. Di antara tombol yang ada, tombol power juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Sehingga dengan sekali sentuh, bisa langsung login otomatis lewat protokol Windows Hello.

Meski dimensinya kompak, bagian konektivitas terbilang cukup versatile. Mulai dari USB-A full-size, sebuah port USB-C, jack audio 3,5mm, serta port Surface Connect untuk aksesori khusus maupun charger bikinan sendiri. Jeroannya juga ditingkatkan supaya lebih ngebut dan hemat daya.

Prosesor Surface Laptop Go 2 Lebih Bertenaga

Surface Laptop Go 2

Microsoft Surface Laptop Go 2 kini pakai prosesor yang lebih baru dari Intel, sayangnya masih belum generasi ke-12. Lebih tepatnya, menggunakan Intel Core 15-1135G7 alias generasi ke-11, dipadukan dengan RAM 4/8GB serta penyimpanan internal berbasis SSD berukuran 128/256GB. Tidak bisa di-upgrade, namun Microsoft sebutkan kalau part di dalamnya bakal lebih mudah diservis atau dilakukan perbaikan.

Suara kipas pada Surface Laptop Go 2 juga diklaim lebih senyap. Dan berkat penggunaan prosesor lebih baru, klaim daya tahan baterainya meningkat 30 menit menjadi 13,5 jam. Juga sudah menjalankan Windows 11 versi standar, bukan SE yang tidak bisa memasang aplikasi dari luar Microsoft Store.

Harganya? Dikutip langsung dari situs Microsoft Store AS, mulai dari USD599 (Rp8,6 jutaan) untuk versi 4+128GB. Sementara RAM 8GB dengan memori 128/256GB dibanderol USD699 & USD799 (Rp10 jutaan & Rp11,5 jutaan). Hanya dua varian terakhir yang dilengkapi dengan sensor sidik jari. Dan tentunya, kemungkinan besar tidak akan rilis resmi di Indonesia.