Konami Siapkan Suikoden I & II HD Remaster untuk Tahun 2023

Jakarta, Gizmologi – Dalam ajang Tokyo Game Show 2022, Konami akhirnya mengumumkan kehadiran Suikoden I & II Remaster yang akan rilis pada tahun 2023 mendatang. Suikoden I & II HD Remaster Gate Rune and Dunan Unification Wars diputuskan menjadi judul lengkap dari game yang pertama kali hadir pada 1995 ini. Yap, dua seri awal game ini akan dirilis dalam satu bundle sehingga dapat langsung dimainkan.

Suikoden dianggap game bergenre Role Playing Game terbaik yang pernah ada, dan jadi ikon utama RPG milik Konami. Meski telah lama tidak mendapatkan update untuk game barunya, namun pecinta setia game ini masih terus ada bahkan bertumbuh di seluruh dunia.

Seri remaster nanti akan memperbaiki kualitas visual lewat pencahayaan, efek atmosfer, animasi cahaya, dan penggambaran ulang foto karakter oleh artis orisinil Junko Kawano. Meski alur cerita masih tetap sama seperti seri aslinya, namun pihak developer berencana memperkaya fitur dalam interaksi permainan, seperti mode auto-battle dan percepatan alur cerita.

Developer memastikan bahwa seri remaster nantinya juga akan tersedia dalam bahasa Inggris. Selain itu, Konami juga telah menentukan akan merilis game ini untuk PlayStation 4, Xbox One, Windows PC dan Switch yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia.

Baca juga: Sampurasun Sadayana! FIFA Mobile CEW-Series 5 Sambangi Kota Bandung

Produser Tidak Ingin Hanya Ada Suikoden I & II Remaster

suikoden I & II
Peningkatan efek atmosfer dan pencahayaan jadi bagian yang di-remaster nanti.

Melihat daftar konsol yang menjadi tujuan rilis Suikoden I & II mungkin membuat kita bertanya-tanya, kenapa developer tidak membawa game ini ke konsol current-gen seperti Playstation 5 dan Xbox X|S. Dikutip dari IGN.com, produser game Yasuo Daikai dan Takahiro Sakiyama menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil karena developer lebih mementingkan basis pengguna dibandingkan keunggulan teknis semata. Apalagi untuk game remaster seperti ini tentu tidak terlalu membutuhkan kekuatan grafis yang kaya seperti pada konsol current-gen.

Di sisi lain, Daikai tidak ingin proyek Suikoden hanya berhenti di remaster saja. “Aku tidak dapat bicara lebih spesifik saat ini tapi kami tidak ingin hanya berakhir di remaster saja. Jadi ya, saya ingin tetap membuat game Suikoden lain di masa depan. Jadi kami berharap para fans tetap mendukung kami, dan kami berharap dapat mewujudkan janji sehingga kalian dapat menikmatinya nanti,” ujar Daikai.

Baca Juga :  Tips Mengurangi Ukuran Foto dan PDF Untuk Persyaratan Pendaftaran

Hadirnya seri remaster sendiri sudah menjadi kebahagiaan bagi para fans loyal game ikonik ini. Apalagi jika nantinya benar-benar ada game terbaru di masa depan. Kita nantikan saja.