Mendiang Steve Jobs dapat Presidential Medal of Freedom dari Joe Biden

Jakarta, Gizmologi – Mendiang Steve Jobs founder sekaligus mantan CEO Apple, dianugeragi penghargaan Presidential Medal of Freedom dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Ini merupakan penghargaan tertinggi AS yang dapat diberikan kepada warga sipil.

“Penghargaan ini diberikan kepada individu yang telah memberikan kontribusi teladan bagi kemakmuran, nilai, atau keamanan Amerika Serikat, perdamaian dunia, atau masyarakat penting lainnya, upaya publik atau swasta,” tulis Gedung Putih dalam pernyataan resminya, Sabtu (2/7).

Dalam pernyataannya, Gedung Putih memuji pendekatan kreatif Jobs terhadap berbagai upayanya. Di mana pemerintah AS mendeskripsikan Steve Jobs sebagai co-founder, chief executive, chair dari Apple, serta CEO Pixar dan punya peran pemimpin di Walt Disney Company.

“Visi, imajinasi, dan kreativitasnya menghasilkan penemuan yang telah, dan terus berlanjut, mengubah cara dunia berkomunikasi, serta mengubah industri komputer, musik, film, dan teknologi nirkabel.”

Selain Jobs, dua tokoh lainnya yang menerima penghargaan anumerta (setelah meninggal) dari Joe Biden adalah mendiang John McCain dan mendiang Richard Trumka. Sementara itu, beberapa tokoh lain yang juga menerima Presidential Medal of Freedom termasuk Simone Biles, Gabrielle Giffords, Fred Gray, Khizr Khan, Diane Nash, Alan Simpson, dan aktor Denzel Washington.

Baca Juga: Flashback: 10 Tahun yang Lalu iPhone Diperkenalkan Steve Jobs

Perjalanan Hidup Steve Jobs

Jobs mendirikan Apple pada April 1976, dan sejak itu menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Dia membantu meluncurkan banyak produk teknologi yang telah menjadi bagian dari budaya dan gaya hidup termasuk Mac, iPod, dan iPhone. Dia meninggal pada 5 Oktober 2011.

Kini, Apple bersama dengan produk iPhone mereka masih menjadi salah satu pemimpin pasar smartphone dunia, khususnya integrasi mendalam dari perangkat keras dan lunak, atau desain chip-nya.

Baca Juga :  #BetterWithXiaomi Selama Bulan Suci Ramadhan

Bahkan, Apple di bulan Januari 2021 menyebutkan, ada lebih dari 1 miliar iPhone aktif di seluruh dunia. Selain itu, mereka juga sempat menjadi perusahaan pertama di dunia yang memiliki valuasi hingga US$ 3 triliun.