Spotify Video Podcast Hadir di Indonesia, Bisa Nonton Langsung Podcaster Favorit

Jakarta, Gizmologi – Sejak pertama kali dirilis hingga sekarang, sudah cukup banyak perkembangan fitur yang terus bertambah ke salah satu platform streaming musik paling populer satu ini. Ya, apalagi kalau bukan Spotify. Kini pengguna di Indonesia bisa menikmati Video Podcast, sebuah metode baru menikmati konten favorit.

Setelah musik, Spotify memang langsung ingin perluas jumlah konten dan para pendengarnya dengan memberikan ruang khusus podcast. Konten podcast ditampilkan dengan cukup mendominasi baik pada tampilan awal aplikasi, sampai rekomendasi dari pencarian penggunanya. Podcaster pun bisa mengunggah konten mereka secara mudah, lewat platform Anchor yang telah diakuisisi Spotify sejak 2019 lalu.

Satu tahun setelah akuisisi Anchor untuk permudah podcaster terbitkan konten, Spotify mulai menguji coba konten podcast visual dengan visual, diikuti dengan sejumlah podcaster yang diberi “kemampuan” khusus untuk terbitkan jenis konten tersebut. Semakin banyak kreator yang diberikan akses di 2021, dan kini akhirnya sejumlah kreator Tanah Air sudah mulai menjajalnya.

Baca juga: Capai 4 Juta Podcast, Spotify Siap Merambah Konten Audiobook

Beri Kesempatan Kreator Untuk Eksplorasi Media Baru

Spotify Video Podcast

Fitur video podcast di Spotify dirancang agar mudah digunakan, memungkinkan semua penggunanya untuk menikmati konten favorit baik dalam video atau audio saja, sesuai selera maupun situasi. Carl Zuzarte, Head of Studios Spotify, Southeast Asia mengatakan, video podcast juga bisa menambah pengalaman para podcaster, sekaligus mendekatkan mereka kepada para penggunanya.

“Sebagai sebuah format, pada dasarnya podcast audio sudah menawarkan kedekatan personal yang mendalam dibandingkan dengan format lainnya. Dengan diperkenalkannya video podcast, Spotify ingin memberikan pengalaman yang lebih menyeluruh kepada penikmat podcast,” jelas Carl lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (18/7).

Baca Juga :  Dell Pro Webcam, Aksesori Bersertifikat Teams & Zoom Harga Rp2 Jutaan

Setelah Amerika Serikat dan negara lain dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, fitur video podcast sendiri telah merambah ke enam negara lain, termasuk Itali, Spanyol, Jerman, dan Brazil sejak 12 Juli lalu. Kemudian kini menyusul Indonesia yang kebagian fitur video podcast, dengan sejumlah kreator konten podcast sudah mulai memanfaatkan media interaksi baru satu ini.

Video podcast sudah bisa ditemui atau dinikmati dari sejumlah acara populer maupun Spotify Exclusive Podcast. Mulai dari RAPOT, BKR Brothers, Teman Tidur, Rintik Sedu dan banyak lainnya.

Video Podcast Bisa Diakses Secara Mudah

Spotify Video Podcast

Cara menikmati konten video podcast pun sangat mudah. Bila konten podcast memang disertai dengan video, kamu bakal langsung bisa menyaksikan video tersebut selayaknya akses sebuah lagu di Spotify. Video bisa dibuat layar penuh, atau hanya tampil dalam jendela kecil saja. Tak ingin lihat videonya? Mudah saja.

Kamu cukup biarkan aplikasi Spotify jalan di belakang atau sesimpel kembali ke menu, maka video akan hilang dan suara konten podcast bakal tetap berlanjut. Untuk para kreator, video podcast bisa langsung diunggah lewat Anchor. Dan mereka bakal bisa mendapatkan informasi berupa insight cukup lengkap.

Seperti ada berapa orang yang sudah melihat konten video podcast, waktu yang dihabiskan rata-rata untuk menyaksikan video, persentase waktu putar total dan perbandingan berapa banyak yang mendengarkan saja lewat audio atau menonton dengan video. Untuk kreator audio, bisa jadi media baru dalam eksplorasi. Sementara video podcaster bisa ikut masuk ke Spotify untuk mendapatkan banyak sekali audiens baru.