Spotify Friends Mix, Fitur Gabungan Playlist Bersama Teman

Jakarta, Gizmologi – Peran platform streaming musik bisa dibilang semakin mendominasi ke dalam kegiatan harian. Baik saat bekerja maupun berpindah tempat, musik bisa menemani harian agar tidak membosankan. Salah satu platform populer, Spotify hadirkan Spotify Friends Mix agar para penggunanya bisa mendengarkan lagu lain, digabungkan dengan selera musik teman terdekat.

Dalam sebuah rilis yang diterbitkan oleh Spotify, disebutkan bila saat ini sudah ada lebih dari 11 juta playlist atau daftar putar lagu yang membawa judul “friends”. Serta ada peningkatan 35% dalam waktu streaming ke nama playlist tersebut di 2022—setidaknya di Amerika Serikat.

Hal tersebut mengindikasikan bila para penggunanya ingin mendengarkan lagu bersama teman, maupun lagu yang banyak didengarkan oleh para sahabatnya. Spotify Friends Mix sendiri tersedia untuk seluruh pengguna secara global, baik pemilik akun Premium maupun gratisan. Namun di awal peluncuran ini, baru tersedia untuk pengguna desktop dan iPhone alias iOS saja.

Baca juga: Spotify Video Podcast Hadir di Indonesia, Bisa Nonton Langsung Podcaster Favorit

Bantu Temukan Lagu Sesuai Selera Pribadi & Teman

Spotify Friends Mix

Cara kerja Spotify Friends Mix sendiri bisa dibilang serupa dengan fitur Blend yang sudah hadir sebelumnya—juga bisa dianggap kalau fitur ini merupakan bagian dari Blend. Sebelumnya, ada fitur yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah playlist otomatis bersama satu orang teman dengan daftar lagu otomatis. Menampilkan nilai kecocokan di antara dua profil tersebut.

Playlist tersebut kemudian diperbarui setiap harinya secara otomatis. Nah, dengan Spotify Friends Mix, kamu bisa gabungkan tiga playlist Blend (dengan tiga orang berbeda), untuk sebuah playlist yang seolah menggabungkan selera musik tiga teman sekaligus. Dengan begitu, kamu bisa menemukan lagu baru maupun yang dirasa familiar, sesuai dengan yang banyak diputar oleh orang terdekatnya.

Baca Juga :  OPPO Sponsori Liga Champions UEFA untuk Dua Musim

Fitur Blend sendiri juga sudah diperlengkap dengan kemampuan untuk gabungkan selera musik pengguna dengan artis favoritnya. Dan wajar saja bila Spotify fokus kembangkan fitur terkait playlist seperti Spotify Friends Mix ini. Mengingat salah satu keunggulan utamanya adalah bisa berikan playlist yang benar-benar personal, dibandingkan kompetitor seperti Apple Music sampai YouTube Music.

Namun bukan berarti tidak ada—YouTube Music juga sediakan fitur serupa seperti My Supermix, berikan lagu-lagu rekomendasi dari musik yang pernah diputar di YouTube. Apple Music sendiri hadirkan sejumlah playlist yang dibuat berbeda tiap pengguna, seperti Favourites Mix dan Friends Mix.

Cara Gunakan Spotify Friends Mix

Spotify Friends Mix

Ingin menjajal fitur Spotify Friends Mix? Caranya mudah, kok. Pastikan kamu mengakses Spotify dari iPhone atau aplikasi desktop, karena fitur ini masih belum tersedia di Android atau versi Web Player, setidaknya tidak dari sejak awal diluncurkan. Dan sudah pernah membuat tiga playlist dari Spotify Blend.

Kalau belum sama sekali, kamu cukup ketik “Blend” lewat bar pencarian yang ada di Spotify. Kemudian pilih tombol “invite” dan pilih teman yang ingin diajak bergabung hasilkan sebuah playlist. Tunggu pihak teman menerima ajakan tersebut, dan buat setidaknya dua lagi sampai ada minimal tiga playlist Blend berbeda. Bila sudah, Spotify Friends Mix bakal muncul secara otomatis di bagian “Made For Us”.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News