Fitur Split Pay & Cicilan Jenius Pay Mudahkan Digital Savvy Atur Cash Flow

Jakarta, Gizmologi – Salah satu pelopor bank digital di Tanah Air, Jenius dari Bank BTPN secara rutin menghadirkan fitur-fitur baru. Kali ini ada dua fitur utama yang diperkenalkan, yakni fitur Split Pay dan cicilan Jenius Pay. Keduanya dihadirkan untuk bantu kelola cash flow atau arus keuangan masing-masing pengguna atau nasabahnya.

Sesuai dengan nama masing-masing fitur di atas, Split Play dan cicilan Jenius Pay bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam jenis transaksi, baik yang akan dilakukan bahkan transaksi yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Selain itu, ke depannya Jenius juga akan terus menambahkan fitur agar bisa dimanfaatkan oleh para pengguna.

Jenius sendiri telah melakukan sebuah survei pada Maret 2022 lalu, melibatkan 116 responden usia 21-40 tahun terkait perilaku transaksi digital. Ditemukan tiga alasan utama untuk melakukan pembayaran secara cicilan; untuk mengelola cash flow (38%), mengurangi beban pembayaran (18%), serta kemudahan metode (16%). Dari hasil survei yang sama, 86% dari mereka lakukan transaksi lewat situs e-commerce.

Dalam sebuah kesempatan luring di Jakarta (31/5), Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN turut membocorkan kalau fitur Paylater direncanakan akan hadir pada awal semester kedua tahun 2022 ini. Sebelum itu, ia menyampaikan berbagai benefit yang bisa dimanfaatkan dari dua fitur yang baru saja diluncurkan pada akhir bulan Mei 2022 ini.

Durasi Fleksibel, Bunga Bulanan Ringan

Jenius Split Pay

Berbeda dengan ketika Gizmo friends hendak melakukan cicilan, fitur Split Pay Jenius bisa membantu untuk perbaiki arus keuangan secara berbeda. Fitur ini cocok bagi kamu yang ingin melakukan revisi, dari hal-hal seperti pembelian impulsif dengan nilai cukup besar. “Fitur Split Pay ini hadir sebagai solusi dari pain points ini, sehingga pengguna dapat mengubah transaksi yang telah terjadi menjadi cicilan dan cash flow dapat tetap terjaga,” tambah Waasi.

Baca Juga :  #BetterWithXiaomi Selama Bulan Suci Ramadhan

Ya, lewat fitur Split Pay, nasabah Jenius bisa mengubah transaksi yang sudah terjadi dalam waktu enam bulan terakhir, dengan nominal minimum Rp500 ribu, menjadi cicilan. Jenis transaksi yang dapat diubah pun beragam, termasuk kirim uang ke sesama nasabah Jenius, tarik tunai dengan m-Card, transaksi lewat Jenius QR dan lainnya. Juga termasuk pembayaran tagihan kecuali zakat dan sejenisnya.

Untuk menemukan transaksi mana saja yang bisa diubah menjadi cicilan lewat Split Pay, kamu bisa akses akun Jenius dan mengecek menu histori transaksi. Transaksi yang kompatibel dengan nominal yang melebihi nilai minimum, secara otomatis akan muncul keterangan untuk bisa dicicil pada bagian bawah informasi transaksi tersebut. Nilai bunganya sendiri bergantung dari credit scoring masing-masing nasabah, di kisaran 1,75% – 2,25% per bulannya.

Cicilan Jenius Pay Tersedia di Lebih dari 60 Platform Daring

Cicilan Jenius Pay

Selain Split Pay, juga dihadirkan fitur cicilan Jenius Pay yang memanfaatkan fitur Flexi Cash dari Jenius. Cicilan Jenius Pay bisa dimanfaatkan bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi saat sedang berbelanja daring (online)—saat ini, sudah ada lebih dari 60 platform berbelanja daring termasuk e-commerce besar seperti Tokopedia. Caranya pun mudah, bisa dibilang lebih simpel dari menggunakan kartu kredit.

Ketika sedang dalam proses check-out dalam pembelian barang di e-commerce, cukup pilih opsi pembayaran Jenius Pay. Setelah itu, inputkan cashtag akun Jenius pribadi, tanpa perlu memasukkan nomor kartu kredit maupun debit. Nantinya, bakal ada notifikasi dari aplikasi Jenius untuk menyelesaikan transaksi. Kamu bisa pilih sumber dana seperti dari m-Card maupun x-Card, dilanjutkan dengan opsi metode pembayaran via cicilan. Tentunya ketersediaan opsi ini bergantung dari kredibilitas fitur Flexi Cash.

Baca Juga :  5 Fitur Smartphone Modern - electronicsnow.org

Waasi menambahkan, limit cicilannya sendiri bisa hingga Rp200 juta, dengan durasi paling lama sampai 36 bulan. Namun ini bergantung dari credit scoring masing-masing pengguna, begitu pula nilai bunga tiap bulannya. Nasabah disarankan untuk tingkatkan jumlah transaksi, supaya limit bisa naik secara otomatis dan pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk membantu atur arus keuangan agar lebih terjaga. Juga ada opsi untuk lakukan pelunasan secara parsial atau penuh, yang bisa diakses lewat menu “Pay Early” di Flexi Cash Jenius.