Xiaomi Book S 12.4, 2-in-1 Pertama dengan Windows 11

Eropa, Gizmologi – Xiaomi baru saja meluncurkan serangkaian perangkat terbarunya secara global, meski lebih dulu hadir di Eropa. Selain smart band terbaru Xiaomi Smart Band 7, ada sebuah perangkat menarik yang bakal sangat pas untuk mendukung produktivitas. Yakni Xiaomi Book S 12.4, sebuah tablet 2-in-1 pertama dari Xiaomi yang menjalankan sistem operasi Windows 11.

Ya, ini memang bukanlah tablet pertama yang Xiaomi pernah rilis—di Indonesia, sudah hadir Xiaomi Pad 5 yang bawa spesifikasi menarik di kelas harganya, meski tanpa dukungan kartu SIM maupun GPS. Xiaomi Book S 12.4 tentu tak hadir sebagai generasi penerus. Melainkan opsi baru bagi mereka yang ingin mencari sebuah komputer desktop portabel.

Tablet Xiaomi terbaru satu ini tampil cukup ringkas berkat penggunaan chipset mobile dari Qualcomm. Dengan ketebalan kurang dari 9mm dan bobot kisaran 720 gram, tentu akan lebih berat ketika dipasangkan dengan aksesori Xiaomi Book S 12.4 tambahan. Seperti keyboard cover atau stylus yang sama-sama dijual terpisah.

Baca juga: Xiaomi TV Q1E 55” Rilis di Indonesia, Mendukung DVB T-2 Untuk Siaran TV Digital

Didukung Layar Besar & Keyboard Nyaman

Xiaomi Book S 12.4

Beralih ke bagian depan, layar Xiaomi Book S 12.4 berukuran 12,3 inci dengan resolusi WQHD+ dan rasio 16:10. Refresh rate-nya memang masih standar di 60Hz, namun sudah mendukung input stylus dengan 4,096 tingkat tekanan. Terlindungi Gorilla Glass 3, mendukung 100% warna DCI-P3, serta bisa menyala cukup cerah sampai 500 nits. Pada bagian atas, disematkan kamera 1080p yang sepertinya sudah mendukung otentikasi Windows Hello.

Xiaomi Book S 12.4

Dibalut dalam bodi berbahan aluminum-magnesium, Xiaomi Book S 12.4 memiliki sejumlah port seperti jack audio 3,5mm, USB-C yang mendukung aksesori seperti monitor 4K, serta slot kartu microSD. Juga terdapat setup speaker stereo, serta dua mikrofon yang didukung oleh teknologi noise-cancelling dari Qualcomm demi tingkatkan pengalaman panggilan suara/video.

Baca Juga :  Extra Time 5 Hari Buat Google Cs Daftar PSE di Kominfo

Keyboard tambahan untuk Xiaomi Book S 12.4 sendiri dirancang nyaman untuk mengetik, dengan ukuran full-size dan key travel 1,3mm. Touchpad-nya juga dibuat cukup lebar serta mendukung multi-gesture dari Windows 11. Bisa menempel langsung lewat mekanisme magnet pada bodi bawahnya.

Xiaomi Book S 12.4 Pakai Chipset Snapdragon

Xiaomi Book S 12.4

Urusan dapur pacu, chipset yang digunakan Xiaomi Book S 12.4 tergolong cukup baru, yakni Snapdragon 8cx Gen 2 octa-core 7nm. Klaim dari Qualcomm, cip ini punya performa setara dengan Intel Core i5 generasi ke-10. Sementara dengan Windows 11, pengguna bakal bisa jalankan aplikasi desktop non-ARM lewat emulator X86-64 yang sudah terintegrasi.

Kapasitas RAM-nya 8GB LPDDR4x dengan penyimpanan internal 256GB. Sementara daya baterai Xiaomi Book S 12.4 sendiri diklaim bisa digunakan sampai 13,4 jam dalam sekali penggunaan. Sudah mendukung 65W GaN charger untuk proses pengisian daya cepat alias fast charging—meski tidak termasuk dalam paket penjualannya.

Untuk harganya sendiri, di Eropa harga Xiaomi Book S 12.4 dibanderol EUR699 atau sekitar Rp jutaan. Sementara untuk paket dengan keyboard cover menjadi EUR799 (Rp jutaan), dan stylus Xiaomi SmartPen dijual seharga EUR99,99 (Rp jutaan). Semoga bakal ikut hadir resmi di Indonesia ya.