Tecno Spark 9 Pro Tampil Lebih Stylish, Bawa Kamera AI 50MP

Afrika, Gizmologi – Di Indonesia, Infinix tergolong rutin hadirkan penawaran terbaru dalam kelas berbeda sepanjang pertengahan awal tahun 2022 ini. Namun lain Infinix, lain pula Tecno Mobile yang sejatinya masih satu induk. Di Afrika, mereka baru saja perkenalkan seri Tecno Spark 9 Pro sebagai perangkat terjangkau paling baru.

Di Indonesia sendiri, generasi sebelumnya memang tidak hadir secara resmi. Namun dua seri sebelumnya, Tecno Spark 7 Pro sudah pernah tim Gizmologi ulas—menawarkan value yang cukup tinggi pada kelas harganya. DNA yang seolah dibawa oleh setiap smartphone Tecno Mobile adalah desain yang tak biasa—setidaknya lebih berani bereksperimen.

Lewat seri Tecno Spark 9 Pro, desainnya kini berubah total dari yang ditawarkan tahun lalu. Lebih kekinian, bezel samping dan permukaan bodi belakangnya dibuat flat. Sementara modul kameranya dibuat melebar dengan finishing berbeda. Memiliki dua lingkaran besar yang menyimpan total tiga sensor kamera belakang.

Sementara di bagian bawah modul kameranya, terlihat bila Tecno Spark 9 Pro berikan pola menarik yang membuatnya seolah menyasar segmen anak muda. Setidaknya ada empat warna yang bisa dipilih; Quantum Black, Burano Blue, Holy White dan Hacker Storm.

Kamera Selfie Tecno Spark 9 Pro Beresolusi Tinggi

Tecno Spark 9 Pro

Pada tampak depannya, Tecno Spark 9 Pro didukung oleh layar yang lebih halus dengan dukungan refresh rate mencapai 90Hz. Dimensinya sedikit lebih kecil menjadi 6,6 inci, sementara panel yang digunakan masih sama. Yakni panel IPS beresolusi full HD+, hanya saja kamera depannya disematkan dalam bentuk notch lawas. Mungkin karena sebuah alasan menarik, di mana resolusinya kini tiga kali lebih besar.

Ya, bukan 8MP maupun 16MP, tapi kamera depan Tecno Spark 9 Pro beresolusi 32MP. Membawa fitur ultra night selfie, seperti biasa Tecno Mobile menyematkan dua lampu kilat fisik di bagian bezel atas layar. Sehingga pencahayaan tak sekadar berasal dari layar yang menyala terang, namun benar-benar dari lampu bertenaga.

Baca Juga :  Raih Sertifikat Postel dan TKDN, OPPO Reno8 Segera Masuk Indonesia

Di belakang, terlihat seolah hanya ada dua sensor kamera besar saja. Namun lingkaran paling atas menyimpan sebuah sensor 50MP, sementara di bawahnya ada lingkaran dengan dua sensor kecil. Masing-masing bertugas untuk hasilkan efek portrait, serta efek AI yang bisa deteksi skenario dan berikan peningkatan kamera secara real-time.

Chipset Masih Sama dengan yang Lama

Tecno Spark 9 Pro

Urusan chipset, Tecno Spark 9 Pro masih ditenagai oleh Helio G85 octa-core 12nm dari MediaTek. Cip tersebut dipasangkan dengan RAM hingga 6GB, serta penyimpanan internal 128GB—masih bisa ditambah dengan kartu microSD yang slotnya terpisah. Sementara versi software-nya sendiri sudah ditingkatkan, jalankan Android 12 dengan tampilan antarmuka HiOS 8.6.

Fitur pelengkap lain hadir seperti side-mounted fingerprint sensor, system optimization yang tingkatkan performa lewat software, serta baterai 5,000 mAh yang didukung fast charging 18 watt. Juga ada mode hemat daya yang siap menambah durasi penggunaan lebih lama lagi bila memang diperlukan.

Harga Tecno Spark 9 Pro sendiri masih belum diumumkan, namun yang pasti bakal segera diresmikan di Afrika lebih dulu. Ke depannya, dikabarkan bakal ada varian lain seperti Tecno Spark 9T yang bawa spesifikasi berbeda, serupa dengan jumlah varian yang ada di seri sebelumnya.