Nokia X30 5G & G50 5G Gunakan Bahan Ramah Lingkungan, Punya Kamera 50MP PureView

Berlin, Gizmologi – Mengingat gelaran IFA 2022 di Berlin bakal dimulai pada pekan ini, sejumlah vendor elektronik ambil satu langkah di depan dengan perkenalkan produk-produk terbarunya. Termasuk HMD Global yang umumkan Nokia X30 5G, G50 5G, serta sejumlah smartphone dan tablet lainnya.

Di Indonesia, HMD Global sendiri masih eksis dan terus rilis produk baru, meski segmen yang disasar tak terlalu luas. Setelah hadirkan smartphone mid-range, konsumen di Tanah Air kedatangan Nokia T20, dan masih belum ada varian smartphone 5G baru. Padahal di luar negeri, opsinya sudah mulai banyak.

Termasuk Nokia X30 5G yang bisa dibilang jadi opsi tertinggi saat ini, membawa teknologi kamera PureView. Namun begitu, fokus HMD saat ini berbeda—selain memastikan bila perangkatnya lebih ramah lingkungan, startup asal Finlandia satu ini juga perkenalkan layanan baru “Circular”. Di mana konsumen bisa memiliki smartphone dengan biaya langganan bulanan dan diberikan reward ketika menggunakannya dalam waktu lama.

Baca juga: Gandeng Erajaya, Feature Phone Nokia Kini Diproduksi Langsung di Semarang

Nokia X30 5G Punya Sejumlah Fitur Kamera Baru

Nokia X30 5G

Jadi opsi tertinggi dalam peluncuran jelang IFA 2022, Nokia X30 5G tampil premium meski tidak begitu memiliki ciri khas desain smartphone Nokia. Bingkai aluminiumnya 100% hasil daur ulang, termasuk 65% dari bodi belakang dan 70% dari kemasan kardusnya yang dibuat ramping tanpa adaptor charger. Diklaim jadi perangkat paling ramah lingkungan dari HMD saat ini.

Bagaimana dengan spesifikasi Nokia X30 5G? Tampilan depannya didominasi oleh layar AMOLED 6,43 inci 90Hz dengan setup kamera punch-hole, lengkap bersama in-display fingerprint sensor. Tak hanya kaca depan yang terlindungi Gorilla Glass Victus, kaca kamera belakang juga terproteksi Gorilla Glass DX+.

Baca Juga :  Akun Facebook dan Instagram Kelompok Antivaksin Diblokir Permanen
Nokia X30 5G

Untuk urusan kamera, ada dua sensor masing-masing 50MP f/1.8 dengan OIS & 13MP f/2.4 ultra wide-angle. HMD sebutkan teknologi “Capture Fusion” berbasis AI yang bisa tingkatkan hasil foto ultra-wide memanfaatkan data dari sensor utama. Termasuk sejumlah mode malam baru seperti Dark Vision dan Night Selfie dari kamera depan 16MP.

HMD janjikan “”3-3-3” yang berarti tiga tahun pembaruan OS, keamanan bulanan, serta masa garansi yang sangat panjang hingga 3 tahun. Nokia X30 5G juga punya sertifikasi IP67, baterai 4,200 mAh, dan dukungan fast charging 33W. Jalankan chipset Snapdragon 695 5G yang setidaknya jauh lebih umum dan bertenaga dari cip yang ada di Nokia XR20.

Harga Nokia X30 5G & G50 5G

Nokia G50 5G
Nokia G50 5G

Selain Nokia X30 5G, HMD juga siapkan Nokia G60 5G yang mengusung chipset sama. Karena kelasnya lebih terjangkau, tentu spesifikasinya disesuaikan. Seperti sensor 50MP + 5MP + 2MP yang tak miliki standar PureView, material bodi plastik, serta layar IPS dengan waterdrop notch. Memiliki baterai sedikit lebih besar di 4,500 mAh dan mendukung 20W fast charging.

Uniknya, smartphone ini justru memiliki sedikit kelebihan dibandingkan Nokia X30 5G. Selain layar yang lebih besar mencapai 6,58 inci, juga sudah mendukung refresh rate 120Hz untuk pergerakan konten lebih mulus. Karena belum OLED, sensor sidik jarinya dipindahkan ke sisi samping kanan bodi.

HMD sebutkan kalau semua perangkatnya diaktivasi dan mengirim data yang tersimpan secara aman di pusat data mereka di Hamina, Finland, dan sudah memiliki standar tinggi dari hukum Eropa. Harga Nokia X30 5G dibanderol 399 Euro (Rp5,9 jutaan), sementara Nokia G50 5G di 249 Euro (Rp3,7 jutaan).

Baca Juga :  Kominfo Buka Seleksi Penggunaan Pita Frekuensi 2,1 GHz