Moto Razr 2022 Hadir Membawa Chipset Flagship & Layar P-OLED 144Hz

China, Gizmologi – Sebelum Samsung meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya, seharusnya Moto lebih dulu meluncurkan penawaran terbaru di negara asalnya. Namun kemudian tanpa alasan jelas, mundur ke 11 Agustus alias satu hari setelah Samsung. Dan kini spesifikasi lengkap Moto Razr 2022 tampil dengan desain hampir sepenuhnya baru.

Motorola memang tergolong hebat ketika pertama kali merilis seri Razr modern yang mengusung mekanisme layar lipat. Namun saat itu ada cukup banyak komplain yang muncul; selain keterbatasan pasar, juga spesifikasinya yang bisa dibilang kentang dengan cip kelas menengah. Ditambah harga jual lebih mahal dari penawaran Samsung setelahnya.

Kali ini, Motorola sempurnakan hampir semua aspek lewat Moto Razr 2022. Masih mengusung layar besar, kini mekanisme lipatannya dirancang agar tertutup sempurna saat tertutup. Plus, bisa dibuka dalam sudut tertentu, tak seperti sebelumnya yang otomatis menuju posisi layar lurus alias datar—keunggulan yang dimiliki Galaxy Z Flip series sejak awal.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 4 Hadir Bawa Peningkatan Kamera & Baterai, Harga Tetap Sama

Punya Dua Kamera dengan Sensor 50MP OIS

Moto Razr 2022

Ketika dibuka, layar Moto Razr 2022 terlihat jauh lebih superior dari sebelumnya. Tak lagi memiliki bagian dagu yang sangat besar, bezel bawah sudah sangat tipis. Ditambah dengan notch bagian atas yang kini sudah digantikan menjadi kamera punch-hole modern. Kalau secara desain layar sudah modern, bagaimana dengan spesifikasi panelnya?

Tetap berukuran 6,7 inci, panel P-OLED pada Moto Razr 2022 mendukung refresh rate sampai 144Hz. Juga sudah mendukung standar konten HDR10+, warna 10-bit dan DC Dimming. Layar luar tetap dibuat seluas 2,7 inci, dan Motorola berikan fungsi lebih banyak. Bahkan bisa menjalankan gim saat tertutup, meski tak disebutkan jumlah gim yang sudah kompatibel.

Baca Juga :  MyRepublic dan Smartfren Gandeng Vidio, Bentuk Kolaborasi Strategis
Moto Razr 2022

Karena dagu yang jadi jauh mengecil, akhirnya sensor sidik jari terpaksa dipindahkan ke bodi bagian samping kanan atas Moto Razr 2022. Kamera punch-hole di dalam beresolusi 32MP. Sementara di luar, kini tak lagi satu, melainkan ada dua sensor 50MP (dengan OIS dan dimensi sensor besar) serta 13MP ultra wide-angle.

Harga Moto Razr 2022 Setara Galaxy Z Flip

Moto Razr 2022

Tak lagi hadir membawa chipset kentang, dapur pacu Moto Razr 2022 diperkuat dengan cip Snapdragon 8+ Gen 1, bahkan dipasangkan dengan opsi RAM sampai 12GB dan penyimpanan internal 512GB. Jalankan MyUI baru berbasis Android 12, ada sebuah fitur serupa Samsung DeX, yakni memungkinkan perangkat disambung ke monitor untuk pengalaman menggunakan desktop otomatis.

Sayangnya, kapasitas baterai masih tergolong sangat kecil. Baterai Moto Razr 2022 hanya 3,500 mAh. Ditambah dengan layar luar yang besar, plus opsi refresh rate sampai 144Hz di layar dalam, wajar saja bila nantinya terasa sangat boros. Setidaknya sudah mendukung fast charging 33W.

Smartphone layar lipat Motorola satu ini sudah bisa dipesan di negara asalnya. Harga Moto Razr 2022 sendiri mulai CNY5,999 untuk opsi 8+128GB. Kurang lega? Ada versi 12+512GB seharga CNY7,299. Bila Gizmo friends menginginkan smartphone ini, nampaknya harus secara resmi, karena Moto sudah lama tak produksi smartphone di Indonesia.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News