Xiaomi 12 Lite Hadir dengan Sensor Kamera Depan Superior, Harga Lebih Terjangkau

Jakarta, Gizmologi – Selain hadirkan flagship yang membawa spesifikasi terbaik, Xiaomi juga membawa varian yang lebih sederhana namun punya spesifikasi lebih superior, khususnya bagi pecinta swafoto atau selfie. Xiaomi 12 Lite akhirnya diresmikan, membawa sejumlah peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Di Indonesia sendiri, varian Lite memang hadir dalam opsi termurah, membawa chipset 4G dengan alasan jaringan 5G masih belum matang. Namun pada peluncuran daringnya kemarin (9/7), hanya ada satu varian Xiaomi 12 Lite saja yang dikenalkan untuk pasar global. Sehingga besar kemungkinan spesifikasinya bakal sama ketika hadir resmi di Tanah Air.

Kalau dibandingkan dengan Mi 11 Lite, desain Xiaomi 12 Lite memang terlihat berbeda. Modul kamera belakangnya dibuat mirip Xiaomi 12 Series lainnya, hanya saja warna dibuat senada dengan bagian lain seperti sisi samping dan bodi belakang plastik matte. Kedua sisi tersebut pun dibuat flat, dan tergolong sangat tipis di 7,29mm.

Baca juga: Xiaomi 12S & 12S Pro Bawa Pembaruan Minor, Ikutan Pakai Lensa Leica

Bobotnya pun ringan, hanya 173 gram saja, meski secara dimensi tak lebih kecil dari Xiaomi 12 karena punya layar lebih besar. Xiaomi 12 Lite bakal hadir dalam tiga opsi warna, yakni Black, Lite Green, dan Lite Pink. Bagaimana dengan spesifikasinya?

Kamera Selfie Xiaomi 12 Lite Mendukung Eye Autofocus

Xiaomi 12 Lite

Bisa dibilang, kombinasi hardware pada bagian depan Xiaomi 12 Lite tergolong superior. Layar 6,55 inci flat AMOLED yang diusungnya mendukung warna 10-bit, punya refresh rate 120Hz yang bersifat adaptif (60 & 120), mendukung Dolby Vision plus terlapis Gorilla Glass 5. Keempat bezel-nya terlihat tipis dan simetris di keempat sisinya, serta panelnya dirancang aman untuk pandangan mata.

Baca Juga :  Intensitas Pengguna Aplikasi WhatsApp Naik 41% di Q1 2022, Didominasi Power User
Xiaomi 12 Lite

Yang menjadi bintang kali ini ada pada sensor kamera depan Xiaomi 12 Lite. Tak hanya besar secara resolusi, kamera 32MP tersebut gunakan sensor Samsung GD2 dan mendukung eye autofocus. Xiaomi bahkan pede untuk hadirkan fitur digital zoom ketika ingin mengambil detail wajah lebih dekat—bisa dengan bantuan dua lampu LED yang ada di bezel atas layarnya.

Sementara di sisi belakang, disematkan tiga sensor kamera dengan sensor utama 108MP Samsung HM2, mendukung teknologi pixel binning 9-in-1 untuk hasilkan foto 12MP berkualitas tinggi. Sensor kedua berjenis ultra-wide 8MP, sementara yang ketiga adalah sensor makro 2MP. Ya, bagi penggemar kamera makro di Mi 11 Lite, harus sedikit gigit jari karena turun secara resolusi dari 5MP.

Sudah Mendukung 67W Fast Charging

Xiaomi 12 Lite

Chipset yang dibawa oleh Xiaomi 12 Lite masih sama seperti Mi 11 Lite 5G NE, yakni Qualcomm Snapdragon 778G, dipasangkan dengan opsi RAM sampai 8GB dan penyimpanan internal sampai 256GB. Aspek lain yang ditingkatkan adalah teknologi pengisian daya baterainya. Dengan kapasitas 4,300 mAh, bisa terisi penuh dalam kisaran waktu 40 menit lewat 67W fast charging—adaptor masih tersedia dalam paket penjualan.

Untuk kelengkapan sensor, Xiaomi 12 Lite tetap mengusung sensor inframerah, dan sektor audio pun tetap diperkuat dengan speaker stereo, plus efek Dolby Atmos. Mulai dipasarkan di beberapa negara tertentu awal Juli ini, harga Xiaomi 12 Lite dibanderol mulai USD399 atau sekitar Rp5,9 jutaan.