Tablet Nokia T21 Hadir Kabulkan Tiga Permintaan Para Penggemarnya

Berlin, Gizmologi – Selain hadirkan sejumlah smartphone baru termasuk yang mendukung jaringan 5G, HMD Global juga meluncurkan tablet baru yang hadir sebagai suksesor dari Nokia T20. Dinamakan Nokia T21, ada sejumlah perubahan menarik di mana beberapa di antaranya merupakan permintaan dari para fans.

Perangkat seperti tablet sendiri hadir untuk penuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Baik untuk penggunaan keluarga, sekolah daring, perangkat penunjang kerja dan lainnya, Nokia T21 dipasarkan sebagai tablet Android baru yang serbabisa. Dilengkapi sejumlah sensor tambahan yang membuatnya hadir semakin komplit. Meski pada beberapa bagian, masih sama seperti generasi sebelumnya. Sebut saja urusan chipset dan baterai.

Menurut CEO HMD Global, Florian Seiche, Nokia T21 hadir sebagai tablet serbabisa yang bisa secara cepat beradaptasi sesuai skenario penggunaan. Ia juga mengedepankan durabilitas dari perangkat ini, supaya dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama. Gunakan material bodi aluminium dengan plastik yang terbuat dari 60% material daur ulang.

Selain perangkatnya yang dibuat tahan lama, Nokia T21 juga didukung dengan masa garansi mencapai dua tahun. Sementara untuk dukungan pembaruan, setidaknya bakal mendapat dua kali pembaruan OS (dari Android 12), serta pembaruan keamanan bulanan selama tiga tahun—terhitung dari peluncuran global.

Baca juga: Nokia X30 5G & G50 5G Gunakan Bahan Ramah Lingkungan, Punya Kamera 50MP PureView

Spesifikasi Nokia T21

Nokia T21

Mengusung layar 10 inci, Nokia T21 memiliki ketebalan 7,5mm dengan bobot kisaran 460 gram. Layarnya sendiri gunakan panel IPS 2K dengan refresh rate standar, namun setidaknya ada dua poin baru yang membuat layar Nokia T21 jadi jauh lebih spesial. Salah satunya adalah sertifikasi Widevine L1 yang tak dimiliki generasi sebelumnya.

Baca Juga :  Jelang Ethereum Merge, Transaksi ETH/BUSD di Binance Kini Tanpa Biaya

Dengan begitu, pengguna bisa streaming dari platform seperti Netflix dan Amazon Prime Video hingga resolusi HD. Yang kedua, juga mendukung input dari stylus dengan standar WGP atau Wacom AES 2.0, lengkap dengan palm detection dan pressure sensing untuk pengalaman menulis atau menggambar yang lebih natural.

Untuk mengakomodir layar besarnya, Nokia T21 juga dilengkapi dengan speaker ganda yang diperkuat oleh efek suara OZO Playback. HMD juga masih menyediakan jack audio 3,5mm. Di sektor software, ada Google Kids Space untuk penggunaan aman anak-anak. Sementara standar Android Enterprise Recommended membuat perangkat ini bisa jadi pilihan untuk organisasi atau perusahaan

Harga Nokia T21 Dibanderol Mulai Rp3 Jutaan

Nokia T21

Meski sama-sama jalankan chipset Unisoc Tiger T612, layar Nokia T21 kini juga bisa dimanfaatkan sebagai layar sekunder ketika disambungkan ke perangkat Windows PC. Baterai berkapasitas 8,200 mAh juga sudah mendukung fast charging 18W. Diklaim bakal tetap memiliki kapasitas 80% meski sudah diisi daya sebanyak 800 kali.

Fitur baru lainnya yang juga merupakan permintaan dari fans, adalah dukungan panggilan suara langsung dari tablet, alias tak perlu gunakan smartphone. Baik dari sisi depan maupun belakang sama-sama memiliki kamera dengan sensor 8MP—meski hanya bagian belakang saja yang mendukung autofokus.

Hadir dalam versi Wi-Fi maupun 4G lengkap dengan sensor NFC, harga Nokia T21 dibanderol mulai dari 219 Euro, atau sekitar Rp3,2 jutaan. Alias tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, dan bisa jadi lebih terjangkau ketika kelak tersedia di pasar Asia.