Sony Xperia 1 IV Bawa Sensor Zoom Canggih, Harga Rp20 Jutaan

Jepang, Gizmologi – Sudah waktunya bagi vendor elektronik raksasa satu ini untuk luncurkan smartphone terbaiknya. Ya, Sony tidak hanya ingin terus rilis sensor kamera yang digunakan pada flagship masa kini. Namun juga hadirkan sebuah perangkat berfitur lengkap, melalui Sony Xperia 1 IV yang punya harga premium.

Walaupun sudah tidak tersedia resmi di Indonesia, Sony masih berani untuk terus rilis bermacam-macam seri smartphone. Selain Sony Xperia 1 IV, juga ada Xperia 10 generasi terbaru yang lengkap smartphone Android 5G kelas menengah. Menariknya, flagship Android Sony tak hanya hadir untuk memikat para peminat fotografi dan videografi saja.

Dalam acara peluncurannya yang diadakan secara daring, Sony menyebutkan kalau Xperia 1 IV ingin berikan pengalaman terbaik untuk lima kebutuhan utama berikut; fotografi, videografi, musik, film dan gaming. Klaim yang cukup berani, mengingat kompetitor yang ada pun tidak selalu bisa penuhi semua kebutuhan tersebut dalam skor yang sempurna.

Tampil Identik, Masih Punya Audio Jack

Sony Xperia I IV

Secara desain, Xperia 1 IV tampil mirip seperti generasi sebelumnya. Punya desain mengotak dengan warna hitam doff, bagian belakangnya tetap didominasi modul kamera khas. Sementara di depan, bezel bagian atas dan bawah tetap dibuat sedikit lebih tebal—setidaknya di atas rata-rata. Spesifikasi layar Xperia 1 IV pun masih relatif sama.

Sejak generasi sebelumnya, sudah digunakan panel 6,5 inci AMOLED beresolusi 4K dengan refresh rate 120Hz. Pada seri terbaru kali ini, Xperia 1 IV bisa tampilkan layar lebih cerah hingga 50%. Terlapis Gorilla Glass Victus, serta mendukung hingga 240Hz touch sampling rate sekaligus motion blur reduction yang dibawa dari seri TV premiumnya.

Sony Xperia I IV

Hadir untuk pemusik, setup speaker stereonya diklaim bisa keluarkan suara lebih lantang, dan tetap membawa jack audio 3,5mm. Sementara untuk para vlogger, kamu bisa menggunakan Xperia 1 IV untuk streaming secara live di YouTube. Bersama dengan YouTube, pemilik smartphone ini bisa lakukan hal tersebut tanpa harus menanti 1,000 pengikut.

Baca Juga :  Qualcomm Rilis Snapdragon W5 & W5+ Gen 1, Chipset Smartwatch Canggih &Hemat Daya

Selain jack audio, yang juga masih hadir adalah slot kartu microSD. Chipset-nya sendiri sudah jalankan Snapdragon 8 Gen 1, dan hadir dengan kapasitas RAM minimum 12GB. Pada sektor kamera, ada yang spesial di salah satu sensor kamera Xperia 1 IV.

Kamera Depan Xperia 1 IV Juga Ditingkatkan

Sony Xperia I IV

Setelah selalu berikan kamera depan yang kurang bersaing, kali ini resolusinya meningkat jadi 12MP dan bisa merekam video 4K HDR. Lalu pada sensor belakang, masih terdapat tiga sensor utama yang ditemani sensor RGB dan 3D ToF. Namun kali ini sensor telefotonya berbeda, termasuk yang pertama di industri.

Dengan jenis sensor baru, kamera Xperia 1 IV bisa lalukan pembesaran optik mulai 85mm hingga 125mm, alias 3,5 – 5x optical zoom lewat satu sensor tersebut. Ini bukanlah sensor statis, sehingga bisa berikan pembesaran yang presisi (seperti 4x zoom, misalnya). Selain telefoto, sensor utama juga didukung OIS. Semua sensor beresolusi 12MP dan bisa rekam video 4K 120fps.

Baterai Xperia 1 IV meningkat secara kapasitas, kini menjadi 5,000 mAh. Teknologi fast charging-nya sebatas 30W saja, dan Sony akhirnya ikut-ikutan untuk tak hanya hapuskan adaptor, namun juga kabel data. Harganya? Naik dari generasi sebelumnya, menjadi USD1,599 alias Rp23 jutaan. Baru mulai tersedia di pasaran September mendatang.