Sony LinkBuds S, TWS Hi-Res Audio Mungil Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Gizmologi – Setelah resmi merilis earphone yang dirancang agar tidak memblokir suara dari luar, akhirnya Sony kembali rilis earphone TWS baru yang masih masuk ke dalam “keluarga” yang sama. Kali ini adalah Sony LinkBuds S, memiliki bentuk mirip seperti varian flagship WF-1000XM4, namun jauh lebih kecil.

Bila Gizmo friends belum tahu, tujuan dari Sony rilis lini earphone LinkBuds adalah untuk menghadirkan sebuah perangkat audio nirkabel yang tetap nyaman digunakan sepanjang hari. Tetapi berbeda dengan LinkBuds standar yang didesain khusus gunakan lubang besar, Sony LinkBuds S justru tampil selayaknya TWS biasa dengan karet eartip.

Meski begitu, Sony telah menyesuaikan desainnya supaya Sony LinkBuds S tetap nyaman dan bisa menjadi bagian dari aktivitas harian para penggunanya. Juga didukung oleh beberapa fitur kecerdasan buatan, termasuk fitur-fitur yang diturunkan dari sang flagship. Membuat earphone Sony terbaru satu ini patut ditunggu di harga Rp2 jutaan.

Bawa Sejumlah Fitur Canggih Termasuk Speak-to-Chat

Sony LinkBuds S

Agar nyaman digunakan, Sony sudah merancang bentuk earbud dari Sony LinkBuds S, plus membuat bobotnya hanya 4,8 gram saja. Menjadikannya sebagai earphone paling kecil dan ringan, dengan dukungan noise cancelling dan audio beresolusi tinggi. Aman digunakan saat berolahraga, perangkat ini sudah mendukung sertifikasi IPX4.

Ya, fitur ANC menjadi salah satu kunci dari perangkat ini. Sony LinkBuds S membawa Integrated Processor V1 untuk tingkatkan kemampuan blokir noise, sekaligus kualitas audio. Adaptive Sound Control bisa secara otomatis mengatur tingkatan noise cancelling. Menariknya, fitur Speak-to-Chat pun tersedia, otomatis menghentikan musik dan aktifkan mode transparan ketika pengguna sedang berbicara tanpa menyentuh earbud sama sekali.

Sony LinkBuds S

Selain itu, Sony juga memperkenalkan fitur Auto Play lewat Sony LinkBuds S. Membutuhkan aplikasi di Android, perangkat bisa otomatis memutar playlist dari Spotify atau suara latar dari aplikasi Endel ketika perangkat dipasang atau baru selesai lakukan panggilan suara, juga berdasarkan lokasi dan kegiatan saat itu.

Baca Juga :  Harga realme 9i, Tawarkan Performa Kelas Flagship dengan Snapdragon 680

Masih ada fitur lainnya seperti Precise Voice Pickup Technology yang membuat Sony LinkBuds S bakal tetap nyaman digunakan untuk bertelepon meski sedang berada di jalanan ramai atau cuaca berangin. Bisa tersambung dengan cepat lewat protokol Google Fast Pair maupun Windows Swift Pair.

Sony LinkBuds S Mendukung Codec LDAC

Sony LinkBuds S

Dengan sejumlah fitur canggih di atas, Sony juga tetap mengutamakan keluaran audionya. Lewat driver berdiameter 5mm pada masing-masing earbud, Sony LinkBuds S diklaim bisa berikan bass yang powerful dan vokal jernih. Juga mendukung codec LDAC dan fitur seperti DSEE Extreme upscaling, yang otomatis memunculkan detail lagu yang hilang saat file audio ditransmisikan ke perangkat secara nirkabel atau terkena kompresi digital.

Sony juga sedang bekerja sama dengan Niantic untuk hadirkan fitur audio spasial dengan head tracking khusus gim augmented reality Ingress, serta sedang menyiapkan mode latensi rendah untuk gim pada umumnya. Baterainya sendiri diklaim bisa digunakan sampai 6 jam dengan ANC, plus tambahan 14 jam dari charging case.

Sony tidak menyebutkan durasi pemutaran tanpa ANC, namun case-nya sudah mendukung fast charging, yakni 5 menit pengisian untuk satu jam pemutaran. Harga Sony LinkBuds S sendiri dibanderol USD200, atau Rp2,9 jutaan. Kita nantikan saja kehadiran resminya di Indonesia ya.