realme C30 Diresmikan di India, Android Kelas Entri Harga Rp1,4 Jutaan

India, Gizmologi – Kalau nggak rilis di Indonesia lebih dulu, biasanya produk terutama smartphone realme diluncurkan lebih dulu di negara lain seperti India. Kali ini, giliran smartphone entry-level realme terbaru, yakni realme C30 yang menyapa dengan desain yang sepenuhnya baru, plus spesifikasi menarik.

Ya, realme C30 hadir justru lebih terlambat dibandingkan realme C31 yang sudah resmi di Indonesia. Dengan nilai angka yang lebih kecil, spesifikasinya pun lebih sederhana. Dan sah-sah saja kalau realme terus perbarui opsi kelas entrinya, mengingat peminatnya akan terus tinggi. Yakni mereka yang beralih dari feature phone, atau pembeli smartphone pertama.

Di atas kertas, spesifikasi realme C30 cocok dianggap sebagai generasi penerus dari realme C20—diluncurkan di Indonesia dengan harga mulai dari Rp1,3 jutaan. Selain desain, aspek lain yang meningkat ada pada jenis chipset-nya. Sementara aspek lain kurang lebih masih sama, seperti kapasitas baterai dan jumlah kamera yang diusungnya.

Baca juga: realme GT NEO 3 & 3T Terjual 2000 Unit, Varian 80W Sudah Tersedia Offline

Tampil Lebih Segar, Terinspirasi dari Koper

realme C30

Mengadopsi tampilan yang sepenuhnya baru, desain realme C30 dibuat flat baik pada bodi belakang maupun bodi sampingnya. realme gunakan desain garis vertikal yang terinspirasi dari permukaan koper, dibuat timbul dengan efek 3D. Cukup tipis di 8,5mm, serta memiliki bobot 182 gram. Tampil dalam dua opsi warna yakni Lake Blue serta Bamboo Green.

Tak lagi gunakan modul kamera kotak dengan isi yang seolah punya sejumlah sensor kamera, tampilan kamera realme C30 lebih simpel dengan satu sensor utama beresolusi 8MP. realme sematkan dukungan AI dan efek HDR, namun tak ada informasi terkait kehadiran mode malamnya. Sementara di sisi depan, ada sebuah kamera 5MP.

Baca Juga :  Terima 213 Aduan Soal Pemblokiran PSE, Menkominfo: Itu Hak Masyarakat

Kamera selfie tersebut disematkan dalam poni berjenis waterdrop. Ukuran layar realme C30 masih sama seperti realme C Series lainnya, berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+, panel IPS 16 juta warna, plus rasio layar ke bodi mencapai 88,7%. Tentunya, belum didukung oleh refresh rate tinggi. Aspek lain yang masih sama adalah sektor baterainya.

Baterai realme C30 berkapasitas 5,000 mAh. Selain belum mendukung fast charging, port yang digunakan juga masih berjenis micro-USB. Wajar, mengingat masih ada smartphone Android lebih mahal yang juga pakai jenis port serupa.

realme C30 Pakai Chipset Lebih Bertenaga

realme C30

Kalau seri C20 pakai chipset Helio G35, realme C30 lebih bertenaga dengan chipset Unisoc Tiger T612. Sama-sama gunakan fabrikasi 12nm, jenis CPU-nya signifikan lebih baik, gunakan kombinasi dua inti Cortex-A75 dan enam inti Cortex-A55. Penyimpanan internalnya pun lebih kencang, naik dari eMMC 5.1 menjadi UFS 2.2.

Dengan opsi RAM hingga 3GB, skor Antutu realme C30 diklaim dapat mencapai 176 ribu poin. Bila memori dirasa kurang lega, tersedia slot kartu microSD dedicated yang mendukung kapasitas sampai 1TB. Sementara agar performa tidak berat, digunakan tampilan UI versi ringan yakni realme UI Go edition. Sayangnya masih berbasis Android 11.

Penjualan perdana di India dimulai 27 Juni mendatang. Harga realme C30 dibanderol INR7,499 (Rp1,4 jutaan) untuk varian 2GB/32GB. Sementara untuk opsi RAM 3GB, sedikit lebih mahal di INR8,299 (Rp1,5 jutaan). Apakah bakal segera hadir di Indonesia? Kita tunggu saja ya.