Spesifikasi POCO X4 GT, Pertama dengan Layar 144Hz

Jakarta, Gizmologi – Dalam acara peluncuran global yang diadakan pekan lalu, POCO memperkenalkan dua smartphone terbarunya. Kalau POCO F4 jadi yang pertama dengan stabilisasi kamera berbasis optik (OIS), hadir pula POCO X4 GT yang membawa refresh rate layar paling tinggi di semua seri POCO.

Ya, POCO X4 GT dirilis bersamaan dengan POCO F4. Dan bila Gizmo friends merasa desainnya familiar, maka wajar saja. Mengingat sejatinya smartphone baru POCO yang satu ini merupakan versi lain dari Redmi Note 11T Pro, dirilis secara eksklusif di negara asalnya. Hal seperti ini memang kerap terjadi sebelumnya, alias bukan yang pertama.

Menjadi suksesor dari POCO X3 GT, POCO memperbarui spesifikasinya dengan chipset yang tergolong powerful. Secara desain pun tampil berbeda—gunakan permukaan bodi flat, sudah tak ada lagi aksen bergaris pada desain POCO X4 GT. Modul kameranya pun diperbarui, dengan dua sensor besar, satu sensor kecil dan dua lampu kilat.

Baca juga: POCO F4 Rilis Global, Siap Hadir Resmi 30 Juni!

Layar POCO X4 GT Lebih Superior dengan Dolby Vision

POCO X4 GT

Ada dua spesifikasi “pertama” yang dibawa lewat seri POCO X4 GT pada bagian layarnya. Pertama, ini merupakan produk pertama POCO dengan rasio layar 20.5:9, yang diklaim lebih pas saat dalam genggaman tangan. Kedua, refresh rate-nya mencapai 144Hz, bersifat adaptif dengan 7 nilai berbeda serendahnya 30Hz. Jenis panelnya sendiri masih IPS, berukuran 6,6 inci.

POCO X4 GT

Meski begitu, layar POCO X4 GT sudah menggunakan standar warna DCI-P3 dan teknologi TrueColor. Resolusi full HD+ dipadukan dengan fitur Dolby Vision, secara otomatis tingkatkan saturasi warna konten video yang mendukung. Selain layar yang superior, kualitas audionya diperkuat dengan speaker stereo pada bagian atas dan bawah, yang juga diperkuat dengan efek Dolby Atmos.

Baca Juga :  Pre-Order Samsung Galaxy Fold 4 & Z Flip 4 Bisa Dapat NFT

Kemudian pada sektor fotografi, kamera POCO X4 GT gunakan sensor 64MP Samsung GW1, yang ditemani oleh dua sensor lainnya seperti ultra wide-angle 8MP f/2.2, dan macro 2MP f/2.4. Kamera depannya sendiri beresolusi 16MP, tampil dalam bentuk punch-hole yang disematkan pada bagian atas tengah layar depannya.

Chipset Lebih Kencang & Efisien

POCO X4 GT

Kalau generasi sebelumnya pakai chipset seri Dimensity 1100, performa POCO X4 GT didukung dengan chipset lebih baru nan bertenaga. Yakni MediaTek Dimensity 8100 yang sama seperti realme GT NEO 3, sudah gunakan proses fabrikasi 5nm. Dari situs resminya, efisiensi daya diklaim meningkat sampai 42%, sementara pemrosesan AI naik jauh hingga 275%.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM jenis LPDDR5 serta penyimpanan internal UFS 3.1 Sistem pendingin LiquidCool Technology 2.0 juga dirancang lebih besar, dan mampu berikan proses pendinginan 32% lebih baik dari sebelumnya. Lalu untuk sektor baterai dan pengisian daya, masih sama seperti sebelumnya. Membawa baterai 5,080 mAh dan teknologi fast charging 67W.

Dengan begitu, proses isi daya dari nol hingga penuh diklaim membutuhkan waktu hanya 46 menit saja. Memiliki jack audio 3,5mm, harga POCO X4 GT dibanderol mulai 299 Euro (Rp4,6 jutaan) untuk varian 8+128GB. Sementara opsi memori 256GB sedikit lebih mahal di 349 Euro (Rp5,4 jutaan). Mulai tersedia di beberapa regional Eropa per 27 Juni 2022.