OPPO Pad Air, Tablet Android Rp2 Jutaan Stylish dengan Layar 2K

China, Gizmologi – Selain OPPO Reno8 Series yang membawa desain baru, salah satu perangkat jenis baru yang menarik perhatian adalah OPPO Pad Air. Menggunakan penamaan yang mirip seperti produk Apple, begitu pula dengan kelasnya yang ditujukan agar konsumen bisa mendapatkan tablet Android terjangkau.

Ini adalah tablet OPPO kedua yang diluncurkan, setelah sebelumnya hanya fokus rilis smartphone dan sejumlah AIoT seperti smartwatch, smartband hingga earphone TWS. Sang flagship OPPO Find X5 Pro juga sedang disiapkan di Indonesia—konsumen yang benar-benar sudah yakin ingin membeli, dipersilakan untuk melakukan blind pre-order dengan iming-iming TWS premium OPPO Enco X, gratis.

Kembali ke tablet terbaru OPPO yang baru dirilis pekan ini di negara asalnya, China. Desain OPPO Pad Air sendiri secara keseluruhan mirip OPPO Pad, namun ada sejumlah perbedaan. Bobot dan ketebalannya dibuat lebih ringan, masing-masing di 440 gram dan 6,94mm saja. Sehingga meski layarnya besar, tak membuat perangkat ini terlalu memberatkan.

Kemudian pada bagian 1/3 bodi belakangnya, diberikan aksen khusus yang terbuat dari 8 lapis pemrosesan, membuatnya terlihat berbeda dari tablet lain yang sudah ada di pasaran. Termasuk opsi aksen gradien yang banyak ditemukan pada OPPO Reno Series hingga A Series. Lantas bagaimana dengan spesifikasi di dalamnya?

OPPO Pad Air Juga Mendukung Stylus

OPPO Pad Air

Layar OPPO Pad Air sendiri berukuran 10,36 inci, gunakan panel IPS LCD dengan resolusi tinggi yakni 2K. Refresh rate-nya masih standar di 60Hz, dengan rasio layer ke bodi mencapai 83%, berkat keempat bezel yang cukup ramping serta dibuat simetris. Layar tersebut juga mendukung warna 10 bit, alias bisa tampilkan 1 milyar warna. Mencakup standar 71% NTSC.

Baca Juga :  Riset Accenture: 55% Pengusaha Indonesia Sudah Melek Metaverse

Dirancang nyaman untuk konsumsi multimedia, disematkan total empat speaker di sekeliling bodi OPPO Pad Air, lengkap dengan efek suara dari Dolby Atmos. OPPO juga memberikan dukungan aksesori yang cukup lengkap. Mulai dari keyboard cover, hingga stylus dari OPPO yang juga memiliki tingkatan kedalaman hingga 4096 level. Tentunya, semua ini dijual secara terpisah.

OPPO Pad Air

Kamera OPPO Pad Air sendiri berjumlah dua, masing-masing pada bagian depan dan belakang. Peletakan sensor kamera depannya sendiri sudah tepat, yakni berada di atas ketika dalam posisi landscape, beresolusi 5MP dengan diafragma f/2.2. Di belakang, terdapat kamera 8MP f/2.0 yang mendukung autofokus, tanpa ditemani dengan lampu kilat.

Walaupun sensornya hanya satu, kamera OPPO Pad Air tetap dilengkapi fitur portrait lengkap dengan AI Beautification. Masing-masing bisa merekam video hingga resolusi 1080p 30fps, namun tidak ada informasi apakah tersedia EIS atau tidak.

Baterai Besar, Chipset Efisien Daya

OPPO Pad Air

Seperti OPPO A Series yang paling premium, OPPO Pad Air jalankan chipset Qualcomm Snapdragon 680 yang sangat hemat daya, dipasangkan dengan kapasitas RAM hingga 6GB plus penyimpanan internal hingga 128GB—masih bisa ditambah dengan kartu microSD hingga 512GB. Dan untuk tampilan antarmukanya sendiri, jalankan Android 12 dengan ColorOS yang dirancang khusus untuk tablet.

OPPO sendiri mengklaim sudah ada ribuan aplikasi yang bakal berjalan optimal, setidaknya dari toko aplikasi milik OPPO sendiri. OPPO Pad Air juga dilengkapi sejumlah fitur khusus untuk memanfaatkan layar besarnya. Seperti menggeser dua jari dari atas ke bawah untuk akses split screen, alias jalankan dua aplikasi sekaligus. Atau pintasan untuk akses floating windows.

Kapasitas baterai OPPO Pad Air sendiri juga cukup besar di 7,100 mAh, dan sudah mendukung fast charging 18W. Tak seperti smartphone masa kini, OPPO masih menyertakan adaptor charger ke dalam paket penjualannya. Lantas berapa harga OPPO Pad Air?

Baca Juga :  Huawei Kebut Jaringan 5.5G, Hadirkan Pengalaman Internet hingga 10 Gbps

Mulai dijual 1 Juni mendatang di China, harga varian termurahnya (4/64GB) dibanderol CNY1,299 atau Rp2,8 jutaan. Sementara opsi memori lebih lega (6/128GB) di CNY1,699 atau Rp3,7 jutaan. Aksesori seperti keyboard dan stylus masing-masing dijual seharga CNY349 & CNY299 (Rp760 ribuan & Rp650 ribuan). Harga yang cukup terjangkau untuk sebuah tablet. Semoga bisa hadir resmi ke Indonesia ya.