Nokia 8210 4G Rilis Kembali, Teruskan Desain Stylish dari Tahun 1999

Eropa, Gizmologi – Setidaknya ada tiga produk “jadul” yang baru saja diluncurkan oleh HMD Global beberapa hari lalu, di mana masing-masing membawa nilai nostalgia yang berbeda. Selain seri musik dan ponsel layar lipat, hadir Nokia 8210 4G yang juga tidak kalah menarik. Jadi versi anyar dari sebuah ponsel stylish rilisan tahun 1999 lampau.

Ya, Gizmo friends yang mungkin sudah cukup umur untuk memiliki sebuah ponsel sejak tahun 2000, bakal familiar dengan penamaan Nokia 8210 4G. Versi orisinilnya diluncurkan pada ajang Paris Fashion Week, menjadi ponsel Nokia paling stylish dan ringan saat itu. Dan sama seperti smartphone masa kini, banyak digunakan di beragam film maupun serial televisi.

Sama seperti versi orisinilnya, HMD Global menghadirkan Nokia 8210 4G dengan tampilan desain yang sangat familiar. Mulai bagian depan, desain tombol hingga opsi warnanya. Yakni Sand, Blue, dan Red yang mirip seperti versi lawas—meski memang tak sebanyak dahulu yang tersedia dalam enam opsi plus lebih banyak lagi dari penyedia aksesori pihak ketiga.

Baca juga: Nokia 5710 XpressAudio, Feature Phone dengan TWS di Bodi Belakangnya

Nokia 8210 4G Tak Jalankan Kai OS

Meski salah satu tujuannya membawa nilai nostalgia, HMD tetap sempurnakan Nokia 8210 4G dalam berbagai aspek agar lebih nyaman digunakan. Bodinya dibuat sedikit lebih besar, karena membawa layar yang juga jauh lebih besar mencapai 2,8 inci. Bodinya terbuat dari plastik polikarbonat, dan kabarnya telah diuji berulang kali sampai punya daya tahan prima.

Kalau versi jadul hanya bisa menyimpan 250 kontak saja, di Nokia 8210 4G pengguna bebas simpan banyak kontak berkat penggunaan chipset Unisoc T107 yang punya CPU 1GHz Cortex-A7. Cip tersebut pula yang memungkinkan perangkat ini mendukung jaringan 4G, sehingga bakal aman ketika kelak jaringan 2G telah dimatikan.

Baca Juga :  Noice Hadirkan Kelas Podcast Buat Kreator Lokal

Tampilan antarmukanya dibuat mudah dan mirip feature phone Nokia lainnya. Namun yang perlu dicatat, Nokia 8210 4G tak lagi jalankan KaiOS yang mendukung aplikasi Google, melainkan OS S30+ biasa. Masih dilengkapi dengan peramban (browser) dan gim klasik yaitu Snake yang bisa diakses langsung dari menu utamanya.

Punya Baterai Besar, Harga Terjangkau

Fitur baru lainnya yang juga ditambahkan adalah sebuah kamera di bodi belakang Nokia 8210 4G. Resolusinya sendiri hanya 0,3MP, dan pengguna bisa ambil foto maupun rekam video. Selain kapasitas RAM 48MB dan penyimpanan internal 128MB, juga disiapkan slot kartu microSD yang mendukung kapasitas hingga 32GB. Untuk memutar musik MP3 lebih banyak lagi.

Tak punya file musik? Nokia 8210 4G juga sudah mendukung wireless FM radio, alias tak perlu menggunakan earphone kabel sebagai penerima sinyal. Ada jack audio 3,5mm pada sisi samping bodinya, namun pengguna juga bisa memanfaatkan sambungan nirkabel lewat standar Bluetooth 5.0. Sayangnya, port pengisian dayanya masih berjenis micro-USB.

Baterai Nokia 8210 4G berukuran 1450 mAh, diklaim punya daya tahan yang cukup lama. Dari situs resminya, disebutkan waktu telepon hingga 6,2 jam dalam jaringan 4G, atau waktu standby sampai 27,3 hari dalam jaringan yang sama. Selain gim Snake, juga dilengkapi dengan sejumlah judul gim lainnya dari Gameloft, plus aplikasi kamus Bahasa Inggris.

Feature phone baru dari HMD satu ini bakal rilis bersamaan dengan dua seri lainnya di Inggris mulai bulan Juli ini. Harga Nokia 8210 4G sendiri dibanderol sekitar 59 Euro, atau Rp900 ribuan. Apakah bakal hadir resmi ke Indonesia? Belum ada informasi resmi. Namun sejak kehadiran 3310 4G, memang selalu absen hadir.

Baca Juga :  OPPO Perpanjang Masa Promo Pembelian OPPO A96 Gratis Tiket Nonton Film Thor!