MacBook Air 2022 Bawa Desain Baru, Pertama dengan Cip Apple M2

California, Gizmologi – WWDC 2022 yang diadakan oleh Apple tengah malam tadi (7/6) hadir membawa sejumlah pengumuman yang cukup padat. Selain perkembangan software terbaru seperti iOS 16, ternyata juga dihadirkan laptop baru yakni MacBook Air 2022. Sesuai dengan rumor yang bermunculan beberapa pekan terakhir.

Setelah perbarui lini MacBook Pro dengan chipset yang jauh lebih bertenaga, akhirnya Apple ikut berikan pembaruan kepada sebuah laptop yang diklaim paling laris di dunia. Lewat MacBook Air 2022, Apple membawa chipset Apple M2 pertama kali. Punya peningkatan merata mulai dari performa CPU, GPU, dan Neural Engine.

Selain MacBook Air 2022, Apple juga tentunya perkenalkan software terbaru untuk Mac. Dinamakan macOS Ventura, ada beberapa peningkatan fitur yang memudahkan penggunanya untuk jalankan beberapa aplikasi. Termasuk fitur khusus untuk integrasikan kamera iPhone secara wireless, demi kualitas kamera lebih baik.

Baca juga: Inilah Harga Resmi MacBook Pro 14 & 16 Inci, Mulai dari Rp30 Jutaan

Layar Lebih Superior, Bobot Lebih Ringan

MacBook Air M2

Membawa desain yang baru, Apple MacBook Air M2 tak lagi gunakan permukaan sudut wedge alias menipis di ujung sudutnya. Dibuat lebih rata dan mengotak, ketebalannya hanya 11,3mm, sementara bobotnya pun sedikit berkurang di kisaran 1,2 kilogram saja. Membuat laptop ini semakin portable, walaupun konektivitasnya lebih mantap dengan layar lebih besar.

Ada total empat opsi warna yang bisa dipilih, termasuk warna baru Starlight dan Midnight. Ketika dibuka, kamu bakal menemukan desain yang familiar seperti MacBook Pro baru. Ya, layar MacBook Air 2022 juga dilengkapi oleh notch untuk akomodir sensor kamera beresolusi full HD. Keempat bezel-nya jadi jauh lebih tipis, berukuran 13,6 inci.

Baca Juga :  Qualcomm Pamerkan Perkembangan Modem Snapdragon X70 5G, Siap Kembangkan Robot Otonom

MacBook Air M2

Tak hanya itu, layar laptop Apple terbaru satu ini juga dibuat lebih berkualitas. Dengan Liquid Retina Display, MacBook Air 2022 bisa tampilkan hingga 1 milyar warna, plus nyaman digunakan di luar ruangan berkat kecerahan maksimum 500 nits. Tanpa touch bar, ada Touch ID untuk amankan layar dan autentikasi data pribadi.

Apple berikan total tiga mikrofon serta empat speaker untuk tingkatkan performa MacBook Air M2 dalam kebutuhan seperti rapat virtual maupun menikmati konten hiburan. Laptop ini bisa memutar video hingga resolusi 8K, salah satunya berkat chipset yang lebih bertenaga.

Harga MacBook Air 2022 & MacBook Pro M2

MacBook Air 2022

Dengan Apple M2, MacBook Air 2022 tersedia dalam opsi CPU hingga 8-core, GPU hingga 10-core, penyimpanan SSD hingga 2TB maupun kapasitas RAM hingga 24GB. Dibandingkan dengan prosesor M1 sebelumnya, ada peningkatan performa CPU hingga 18% dan GPU hingga 35%. Sama-sama didesain fanless alias tanpa kipas. Untuk durasi penggunaan, baterai MacBook Air 2022 diklaim bisa bertahan sampai 18 jam.

Sektor konektivitas juga ditingkatkan, di mana MacBook Air 2022 kini dilengkapi konektor MagSafe Charger, dua port USB-C Thunderbolt serta jack audio 3,5mm. Dengan adaptor charger yang didukung, pengguna bisa isi daya laptop ini hingga 50% dalam waktu 30 menit saja. Harganya? Sedikit lebih mahal dari generasi sebelumnya.

Harga MacBook Air 2022 dibanderol mulai USD1,199, atau sekitar Rp17 jutaan. Bakal bisa dipesan mulai bulan depan, MacBook Air M1 tetap akan dijual dengan harga lebih murah di USD999 (Rp14 jutaan). Selain itu, Apple juga perbarui MacBook Pro dengan cip M2, dibanderol mulai dari USD1,299 (Rp18 jutaan).