Spesifikasi & Harga LG Ultra Tab, Tablet Baru LG Pasca Setop Rilis HP

Korea, Gizmologi – Kalah saing dengan sejumlah vendor lainnya yang mendominasi, LG memutuskan untuk mundur dari pasar smartphone. Kemundurannya sendiri banyak disayangkan, karena inovasi dalam beberapa waktu terakhir cukup tinggi seperti kehadiran smartphone LG Wing. Tak diduga, tiba-tiba muncul LG Ultra Tab alias tablet Android dari LG.

Perangkat tersebut dirilis untuk negara asalnya, yakni Korea Selatan, dan belum ada informasi ketersediaannya di luar negara tersebut. Secara spesifikasi, bisa dibilang LG Ultra Tab setara dengan OPPO Pad Air yang kabarnya bakal hadir resmi di Tanah Air. Terutama pada bagian chipset dan spesifikasi layar yang mendekati.

Baca juga: LG Siapkan Mesin Cuci Dengan Teknologi AI dan Fitur ezDispense

Secara desain, LG Ultra Tab memang terlihat seperti tablet modern pada umumnya. Dimensinya tergolong tipis, memiliki ketebalan 7,1mm saja dengan berat kisaran 458 gram. Namun yang membuatnya spesial adalah hadirnya sertifikasi MIL-STD 810G. Di mana tablet LG terbaru satu ini dirancang tahan banting serta bisa digunakan pada suhu ekstrim sekalipun.

LG Ultra Tab Punya Layar 2K

LG Ultra Tab

LG merancang perangkat LG Ultra Tab agar cocok untuk mengakomodir banyak jenis kebutuhan. Mulai dari hiburan, produktivitas, sampai membuat konten khusus. Layarnya sendiri berukuran cukup luas di 10,35 inci, gunakan panel IPS 2K dengan aspek layar 5:3 dan refresh rate standar 60Hz.

Resolusi tinggi tersebut dipasangkan bersama keempat bezel yang sama tipis, serta kecerahan layar hingga 500 nits. LG Ultra Tab juga mendukung aksesori stylus dengan standar Wacom, untuk dukungan pencatatan yang lebih nyaman. Juga disediakan aksesori lain seperti folio case dengan slot untuk simpan stylus, serta keyboard cover guna mendukung produktivitas. Semuanya dijual terpisah dari perangkat.

Baca Juga :  One UI 4.1.1 Berbasis Android 12L Hadir Untuk Galaxy Z Fold & Z Flip Lawas

Saat diletakkan dalam posisi landscape, LG Ultra Tab memiliki masing-masing dua speaker dengan tenaga 1W di sisi kiri dan kanannya, alias ada empat speaker imersif. Kamera depannya terletak di bezel bagian atas, beresolusi 5MP. Sementara pada bodi belakang ada kamera 8MP yang dilengkapi mode dokumen khusus–mengubah teks pada kertas yang difoto agar lebih jelas tanpa bayangan.

Bawa Layanan Google, Harga Rp4 Jutaan

LG Ultra Tab

LG Ultra Tab jalankan Android 12 dengan tampilan antarmuka yang nampak polos—setidaknya dari apa yang terlihat pada sejumlah gambar di situs resmi. Tak seperti tablet Huawei, masih dilengkapi dengan Google Mobile Services, alias didukung oleh ekosistem aplikasi dari Google meski rilis untuk wilayah Korea.

Bagaimana dengan performanya? LG tunjuk cip 4G Qualcomm yakni Snapdragon 680 octa-core dengan fabrikasi 6nm. Pelengkap chipset tersebut agaknya terdengar modis, yakni RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB saja—yang untungnya masih bisa diperbesar melalui slot kartu microSD tambahan.

Sedangkan untuk kapasitas daya, baterai LG Ultra Tab berukuran 7,040 mAh. Lewat port USB-C, perangkat ini bisa diisi secara cepat lewat dukungan 25W fast charging. Tersedia dalam warna Charcoal Gray, harga LG Ultra Tab mencapai KRW426,000, atau sekitar Rp4,8 jutaan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News