Huawei MateBook 16s Jadi Laptop Layar Besar dengan Prosesor Intel Core i9 Generasi ke-12

Bangkok, Gizmologi – Masih dalam gelaran Huawei Summer 2022 Smart Office Launch yang berlangsung Rabu (27/7), secara total ada tiga laptop baru yang diperkenalkan secara publik. Ada laptop flagship MateBook X Pro 2022, seri lebih terjangkau yakni MateBook D 16, serta Huawei MateBook 16s yang jadi unggulan laptop besar.

Rangkaian produk yang diluncurkan pada acara pekan ini memang ditujukan untuk mengubah gaya produktivitas masyarakat, memanfaatkan sejumlah teknologi baru dari masing-masing perangkat. Untuk mendukung sistem kerja modern, Huawei juga benamkan sejumlah fitur yang memanfaatkan kecerdasan buatan. Baik secara software maupun hardware untuk mendukung sistem kerja WFA.

Baca juga: Huawei MatePad Pro 11 Jadi Tablet Unggulan Terbaru dengan HarmonyOS 3.0

Huawei MateBook 16s sendiri bisa dianggap sebagai penawaran lebih premium dari Matebook D 16. Sama-sama membawa ukuran layar besar, kualitas panel serta performanya ditingkatkan untuk scenario penggunaan yang lebih demanding.

Tampil dengan desain stylish, laptop Huawei MateBook 16s memiliki bobot kurang dari 2 kilogram, dengan ketebalan kisaran 17mm saja. Ini sudah tergolong hebat, mengingat jenis prosesor yang dibawanya sangat bertenaga.

Bawa Sertifikasi Intel Evo

Huawei MateBook 16s

Salah satu nilai jual utama dari Huawei MateBook 16s adalah hadir sebagai laptop pertama di dunia yang membawa opsi Intel Core i9 generasi ke-12 sekaligus sertifikasi Intel Evo. Dengan mode turbo, CPU-nya bisa berjalan hingga kecepatan 5GHz, dengan TDP maksimum sampai 60W, melalui CPU 14 inti dan 20 thread.

Dengan sistem pendingin yang terdiri dari dua kipas dan dua pipa penyalur panas, Huawei MateBook 16s diklaim cocok untuk data processing, programming, kebutuhan desain grafis sampai edit video. Layar laptop ini berukuran 16 inci dengan rasio layar ke bodi 90%, sehingga memiliki empat bezel cukup tipis.

Baca Juga :  Matrixport: Dual Currency Solana Lebih Baik Dibanding Ethereum

Selain beresolusi 2.5K, layar Huawei MateBook 16s juga mendukung input sentuh hingga 10 titik sekaligus, plus punya sertifikasi warna akurat dari TUV Rheinland. Mendukung standar warna 100% sRGB, serta nilai △E<1. Dengan rasio layar 3:2 yang lebih pas untuk jalankan sejumlah aplikasi sekaligus.

Huawei MateBook 16s juga sudah menjalankan Windows 11 dengan fungsi Super Device, bisa disambungkan ke ekosistem perangkat Huawei secara mudah. Plus, bisa jalankan aplikasi smartphone yang tersedia lewat Huawei AppGallery, untuk fleksibilitas lebih tinggi.

Harga Huawei MateBook 16s Mulai Rp20 Jutaan

Huawei MateBook 16s

Selain performa yang tinggi, fitur Smart Conference juga diusung oleh Huawei MateBook 16s, lewat sejumlah solusi yang membantu proses bekerja. Sementara webcam 1080p berbasis AI yang punya sudut pandang lebar sekaligus mengikuti wajah agar tetap tampil di tengah. Serta Eye Contact untuk membuat pandangan mata seolah menatap ke kamera.

Ukuran touchpad dibuat 46% lebih besar dengan material kaca, sementara speaker-nya diletakkan di sisi kiri dan kanan keyboard dengan efek surround. Huawei MateBook 16s juga memiliki sejumlah port lengkap, termasuk Thunderbolt 4 untuk kebutuhan berat dengan arus perpindahan data tinggi. Baterai 84WHr juga sudah mendukung fast charging 135W.

Pertama kali diperkenalkan sejak bulan Juni, harga Huawei MateBook 16s sendiri dibanderol RM6799 atau sekitar Rp22 jutaan di Malaysia, untuk varian Core i7-12700H, RAM 16GB dan SSD 1TB. Ya, karena Huawei Indonesia sendiri belum memiliki rencana untuk hadirkan laptop satu ini secara resmi.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News